Blog Page
📢 Members Free Delivery with min. spend 75KStore locator
WatsonsLoreal ParisMaybellineCetaphilWardah0
Member Promo Makeup Perawatan Kulit Kesehatan Perawatan Tubuh Makanan Watsons Eksklusif All Brands Blog Login / Register
Share

Bibir adalah bagian kulit yang memiliki lebih banyak pembuluh darah dibandingkan area kulit lainnya. Inilah yang membuat bibir memiliki warna merah merona. Rupanya, bibir sehat dan merah merona memang menjadi dambaan banyak orang. Itulah sebabnya banyak munculproduk pemerah bibir di pasaran. Namun, bagaimana bila warna asli bibirmu cenderung gelap? Kali ini, kita akan membahas beberapa cara mencerahkan bibir secara alami yang bisa dilakukan dengan mudah di rumah. Intip, yuk!

1. Penuhi Kebutuhan Air Per Hari

Hal pertama yang bisa kamu lakukan untuk mencerahkan bibir secara alami adalah dengan mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Kamu bisa minum setidaknya 2 liter atau setara 8 gelas air tiap harinya. Ini dilakukan untuk memastikan tubuhmu tetap terhidrasi serta mencegah bibirmu jadi kering sehingga terlihat warna merah alaminya.

2. Lakukan Eksfoliasi Bibir 

Kadang, bibir kita terlihat pucat karena tumpukan kulit bibir yang mengelupas. Mengeksfoliasi kulit bibir bisa dilakukan dengan menggunakan lip scrub untuk memerahkan bibir secara alami. Mengeksfoliasi bibir bisa kamu lakukan ketika atau setelah mandi dengan sikat gigi maupun handuk lembut yang sudah dibasahi terlebih dulu. Tapi ingat, pakai sikat gigi yang bulunya halus dan gosok pelan-pelan saja, ya.

Kamu bisa pakai lip scrub dari Emina Sugar Rush lip scrub, dengan kandungan gula dan biji aprikot yang bisa menghasilkan bibir lembut dan lebih sehat. Lip scrub ini dilengkapi dengan ekstrak shea butter, olive oil, dan jojoba oil yang menjaga bibir agar tetap lembap. Kandungan vitamin C dan E dalam lip scrub Emina ini juga akan membantu menjaga bibirmu dari kekeringan.

Scrub bibir dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan memicu pertumbuhan kolagen baru. Nah, pembentukan kolagen mampu memperlambat proses penuaan kulit sehingga bibir kamu bisa tampak lebih cerah.

3. Gunakan Lip Balm ber-SPF

Seperti kulit wajah yang perlu diberi tabir surya ber-SPF, bibir kamu juga ternyata perlu diberi SPF, lho! Khususnya bagi kamu yang banyak beraktivitas di luar ruangan dan berpanas-panasan karena terlalu sering terpapar sinar matahari, hal tersebut dapat mengubah warna bibir kamu.

Menggunakan lip balm ber-SPF dapat mencerahkan bibir secara alami dengan cukup ampuh. Cara ini dilakukan untuk mencegah terjadinya hiperpigmentasi, kerusakan akibat sinar matahari, juga tanda-tanda penuaan di kulit sekitar bibir.

4. Perbanyak Asupan Vitamin E

Vitamin E sudah dikenal memiliki beragam manfaat bagi kulit, termasuk bibir. Vitamin satu ini terbukti mampu membantu proses regenerasi sel kulit, meningkatkan sirkulasi, serta mencegah munculnya garis-garis halus.

Kamu bisa memanfaatkan minyak vitamin E untuk mencerahkan bibir secara alami karena vitamin E membuat bibir menjadi lebih lembut dan tampak merah merona. Selain itu, produk-produk perawatan bibir yang mengandung vitamin E biasanya juga dilengkapi dengan emolien yang membuat bibir tetap lembap.

5. Hindari Kebiasaan Merokok

Salah satu penyebab bibir menjadi gelap adalah merokok. Sejumlah penelitian membuktikan bahwa kebiasaan merokok dapat berdampak buruk bagi kesehatan kulit, termasuk bibir kita. Kebiasaan ini mengakibatkan bibir menjadi hitam karena meningkatnya produksi zat melanin atau pewarna kulit pada bibir.

Kulit tubuh pada perokok juga umumnya lebih rentan keriput karena kolagen dapat lebih mudah hilang dan sel kulit jadi rentan rusak. Maka dari itu, bagi kamu yang ingin punya bibir merah merona dan tubuh yang sehat, hentikan kebiasaan merokok mulai dari sekarang, ya.

6. Jangan Menggigit Bibir

Sepertinya, hampir semua orang pernah melakukan hal yang satu ini. Masalahnya, sebagian orang sering menggigit bibir untuk membuat bibir tampak merah. Padahal, jika terlalu sering atau terlalu keras, hal itu justru bisa membuat bibir pecah-pecah, terluka, bahkan berdarah. Kalau sudah begitu, menggigit bibir akan memperlambat proses penyembuhannya. 

Karenanya, hindri menggigit ataupun menjilai bibir sebagai cara mencerahkan bibir secara alami yang cukup efektif. Menjilat bibir justru akan membuat bibirmu makin kering. Kalau bibir dirasa kering dan tidak nyaman, langsung saja oleskan lip balm atau lip moisturizer.

Itu dia beberapa cara mencerahkan bibir secara alami. Dengan melakukan hal-hal di atas, kamu juga bisa sekaligus menjaga bibir supaya tetap lembap sepanjang hari. Banyaklah minum air putih, hindari rokok, dan eksfoliasi bibirmu dengan produk lip scrub yang bisa kamu dapatkan di Watsons Indonesia!

Previous

Skin Conditioner untuk Apa? Berikut Manfaat Hatomugi Bagi Kulit

Next

Jangan Gusar, Begini Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Merah

Related Topics
Share
IKUTI KAMI

DAPATKAN UPDATE TERBARU

Footer Payment Logo 20220614
Unduh Aplikasi Watsons ID
Unduh versi iPhone atau Android
A Member of A.S. Watson Group - CK Hutchison Holdings
© Watsons. Hak Cipta Terpelihara
HomeProductPromotionMy AccountMore