Blog Page
📢 Members Free Delivery with min. spend 75KStore locator
WatsonsLoreal ParisMaybellineCetaphilWardah0
Member Promo Makeup Perawatan Kulit Kesehatan Perawatan Tubuh Makanan Watsons Eksklusif All Brands Blog Login / Register
Share

Di tengah cuaca yang tidak menentu, sangat rentan bagi tubuh terkena berbagai macam penyakit, salah satunya batuk. Kamu tidak perlu panik karena batuk bisa dengan mudah diobati dengan bahan-bahan alami. Meskipun obat batuk dengan berbagai merek dapat dengan mudah kita temukan di apotek atau warung-warung terdekat, tidak sedikit orang yang lebih memilih mengobati batuk menggunakan obat batuk alami. Obat alami dinilai lebih aman dan minim efek samping. Buat kamu yang ingin mengobati batuk dengan obat batuk alami di rumah, berikut adalah daftarnya:

1. Air putih

Air putih kaya akan manfaat, salah satunya untuk sebagai obat batuk alami. Tubuh manusia memerlukan cairan, sehingga penting untuk selalu mengonsumsi air putih dengan cukup setiap hari. Kamu disarankan untuk minum kurang lebih 2 liter air putih setiap harinya.

Menurut penelitian, minum air putih dapat membantu meredakan gejala batuk, pilek, dan bersin. Air putih hangat sangat ampuh meredakan jenis batuk yang disertai dengan flu atau pilek. Namun, sebaiknya jangan minum air putih hangat jika batuk disertai dengan radang tenggorokan.

2. Jahe

Jahe memiliki kandungan antiperadangan dan antibakteri yang sangat ampuh untuk mengatasi batuk kering. Kandungan tersebut mampu melegakan saluran pernapasan yang diakibatkan oleh peradangan.

Untuk cara mengolah jahe menjadi obat batuk alami, pertama-tama siapkan air hangat dan jahe. Iris jahe menjadi bentuk tipis, kemudian masukkan irisan jahe ke dalam air hangat dan tunggu sekitar 20-30 menit. 

Selain diiris, kamu juga bisa memarut atau menghaluskan jahe dengan cara diblender. Kemudian, rebus jahe yang sudah halus tersebut dengan air. Saring air tersebut dan air jahe siap kamu minum. Untuk hasil yang lebih maksimal, kamu bisa menambahkan campuran madu dan perasan lemon.

3. Daun mint

Daun mint dikenal akan rasanya yang segar. Perlu kamu ketahui bahwa daun mint merupakan obat alami yang sudah lama digunakan untuk meredakan gejala batuk. Kandungan menthol yang menyegarkan dalam daun mint dapat melegakan tenggorokan dan membersihkan lendir.

Cara mengolah daun mint sebagai obat batuk bisa kamu lakukan dengan menambahkannya ke dalam teh hangat. Selain itu, kamu juga bisa menghirup uap dari minyak aromaterapi daun mint atau mengoleskan minyak tersebut di antara hidung dan mulut.

4. Thyme

Bagi kamu yang sering makan pasta, pasti tidak asing dengan penyedap rasa satu ini. Rasanya kurang puas makan pasta tanpa taburan thyme. Namun, tahukah kamu bahwa thyme sudah lama digunakan sebagai herbal yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit, termasuk batuk?

Menurut studi, campuran daun thyme dan daun ivy dapat meredakan batuk hingga gejala bronkitis akut. Cara penggunaannya yaitu cukup dengan menghirup campuran daun thyme dan ivy. Untuk penggunaan yang lebih praktis, kini daun thyme juga tersedia dalam bentuk minyak aromaterapi.

5. Larutan garam

Garam sudah dikenal sejak zaman dulu sebagai obat alami yang sangat efektif meredakan gejala batuk. Barangnya yang mudah didapatkan membuat garam menjadi pilihan banyak orang sebagai obat batuk alami.

Kamu hanya perlu berkumur dengan larutan air garam, yakni campuran satu sendok teh garam dalam segelas air hangat. Namun, cara ini tidak disarankan untuk anak-anak karena banyak dari mereka yang belum bisa berkumur. Ditakutkan air garam tersebut akan tertelan dan dapat menyebabkan naiknya tekanan darah.

6. Bawang putih dan Bombay

Bawang putih dan bawang bombay memang sedap jika digunakan sebagai bumbu masakan, tetapi perlu kamu ketahui bahwa aroma bawang putih dan bombay juga bermanfaat sebagai obat batuk alami. Mungkin sebagian dari kamu tidak menyukai aroma yang menyengat dari bawang putih dan bombay. Namun, aroma tersebut memiliki manfaat meredakan gejala batuk.

Cara memanfaatkan bawang putih sebagai obat batuk alami adalah dengan mengecap irisan bawang putih sambil kamu gigit-gigit kecil. Lakukan selama 30 menit hingga tenggorokanmu terasa lebih lega. Untuk bawang bombay, kamu cukup mengirisnya menjadi beberapa bagian. Kemudian, letakkan di sekitar kamar sebelum kamu tidur agar aromanya keluar.

7. Madu

Selain digunakan sebagai salah satu kandungan dalam produk kecantikan, ternyata madu juga memiliki khasiat sebagai obat batuk alami yang tidak perlu diragukan lagi. Untuk cara penggunaannya, kamu bisa mengonsumsi madu secara langsung atau dijadikan campuran minuman dan makanan. Misalnya, campurkan madu pada teh hangat atau sebagai selai pada roti. 

Pastikan saja madu yang kamu beli adalah madu asli yang diolah oleh peternak madu. Untuk mendapatkan madu yang terjamin asli dan berkualitas baik, kamu bisa membelinya di gerai Watsons Indonesia tedekat atau melalui aplikasi Watsons ID. 

Itulah ketujuh obat batuk alami yang bisa kamu buat sendiri di rumah. Semoga obat-obat alami tersebut bisa segera meredakan batukmu. Namun, jika tak kunjung sembuh, sebaiknya segeralah berobat ke dokter untuk mendapat penanganan yang tepat.

Previous

Penyebab Jerawat Punggung dan Cara Ampuh Menghilangkannya

Next

Penyebab Kulit Kering Bersisik, Bahayakah?

Related Topics
Share
IKUTI KAMI

DAPATKAN UPDATE TERBARU

Footer Payment Logo 20220614
Unduh Aplikasi Watsons ID
Unduh versi iPhone atau Android
A Member of A.S. Watson Group - CK Hutchison Holdings
© Watsons. Hak Cipta Terpelihara
HomeProductPromotionMy AccountMore