Blog Page
📢 Members Free Delivery with min. spend 75KStore locator
WatsonsLoreal ParisMaybellineCetaphilWardah0
Member Promo Makeup Perawatan Kulit Kesehatan Perawatan Tubuh Makanan Watsons Eksklusif All Brands Blog Login / Register
Share

Kardio adalah jenis olahraga yang berguna untuk meningkatkan kebugaran, kesehatan jantung, otot, dan daya tahan tubuh. Tak hanya itu, kardio juga bisa membakar kalori berlebihan di tubuh sehingga cocok dijadikan olahraga rutin harian. Kamu tidak perlu kesusahan mencari gym karena bisa melakukan kardio di rumah, tanpa ruangan luas dan bahkan tanpa alat. Olahraga kardio di rumah menawarkan kenyamanan sehingga kamu akan bisa tetap aktif saat berada di rumah saja. Karena tidak membutuhkan keahlian atau alat tertentu, berikut ini ada tujuh olahraga kardio di rumah yang bisa kamu coba dengan mudah. Simak, yuk!

1. Naik-turun tangga

Kamu mungkin sering mendengar tips ini saat ingin lebih banyak melakukan aktivitas fisik. Ternyata, tangga bisa juga digunakan untuk melakukan olahraga kardio di rumah. Bahkan dengan 1-2 anak tangga saja, kamu sudah bisa melakukan latihan ini. 

Lalu, jika kamu mempunyai tangga yang terdiri lebih dari enam anak tangga, gabungkanlah latihan tangga dalam sirkuit kardio dengan gerakan lain. Misalnya, berlatihlah sebanyak 1-2 putaran naik turun yang digabung dengan jogging di tempat, jumping jacks, dan lainnya.

2. Jogging di tempat

Jogging adalah olahraga sederhana yang sangat mudah diakses dan dilakukan di mana pun, termasuk di ruang terbatas. Dengan jogging, kamu melatih meningkatkan detak jantung sekaligus melakukan pemanasan untuk olahraga yang lebih intens.

Sebelum memulai sesi olahraga kardio di rumah, lakukanlah pemanasan dengan berjalan di tempat, lalu perlahan-lahan naikkan tempo menjadi jogging. Dalam sirkuit kardio, jika memungkinkan, lakukan bergantian dengan gerakan lainnya, misalnya squat atau push-up. Lakukan masing-masing kurang-lebih 30-60 detik, kemudian ulangi sirkuit selama 10-30 menit.

3. Jumping jacks

Gerakan jumping jacks dilakukan dengan melompat pada posisi kaki lebar, pastikan lengan melingkar di atas kepala, lantas dilakukan berkali-kali. Jika dilakukan dengan kecepatan tinggi, jumping jacks bisa membakar sekitar 135 kalori dalam 10 menit. Lakukan gerakan ini dalam satu sirkuit jumping jacks selama 30-60 detik, bergantian dengan gerakan olahraga kardio di rumah lainnya seperti jogging atau lompat jongkok, lalu ulangi sirkuit selama 10-30 menit.

4. Gerakan burpees

Saat melakukan gerakan ini, berdirilah dengan kaki selebar bahu, kemudian rentangkan kedua tangan ke atas. Kemudian, kamu perlu melompat dan ketika mendarat, ubahlah posisi jadi setengah jongkok. Lalu, luruskan kaki ke belakang seperti membentuk plank dan lakukan push-up sekali. Setelah itu, kamu bisa kembali ke posisi setengah jongkok dan ulangi gerakan dari awal.

Untuk pemula, disarankan melakukan burpees 3-5 repetisi dan fokus terlebih dahulu pada posisi tubuh yang tepat. Ini karena meskipun terkesan mudah, burpees adalah gerakan olahraga kardio di rumah yang cukup sulit dan pemula butuh beradaptasi.

5. Plank-to-knee tap

Untuk melakukan gerakan ini, buatlah posisi plank tinggi, lalu turunkan punggungmu dan angkat pinggul ke atas. Bersamaan dengan melakukan gerakan tersebut, angkat tangan kananmu dan pastikan menyentuh tulang kering kaki kiri. Ulangi gerakan ini dengan tangan kiri menyentuh tulang kering kaki kanan. Lakukan selama kurang lebih 30-60 detik atau selama yang kamu sanggup.

6. Kickboxing

Kickboxing adalah salah satu olahraga kardio di rumah yang dilakukan dengan meninju, menendang, dan melakukan kombinasi keduanya ke udara. Jika kamu melakukannya selama 10 menit, kamu bisa membakar lebih dari 110 kalori.

Menariknya, kamu tidak memerlukan peralatan apa pun untuk kickboxing. Selain itu, kamu juga bisa mengurangi tingkat stres dengan melakukan gerakan ini. Gabungkan 30-60 detik kickboxing dengan jogging, lompat tali, jumping jacks, dan gerakan lainnya dalam sirkuit kardio.

7. Squat jump 

Squat jump, atau yang biasa disebut dengan lompat jongkok, adalah salah satu olahraga kardio di rumah yang dapat dengan mudah dilakukan. Mulailah dengan posisi jongkok, lompat tinggi, kembali ke posisi jongkok, lalu ulang berkali-kali. Squat juml termasuk latihan pliometrik yang dapat membakar kalori sekaligus meningkatkan detak jantung dan kekuatan pada kaki. Gabungkan 30-60 detik squat jump dengan jogging, lompat tali, jumping jacks, dan lainnya dalam sirkuit kardio.


Dengan rutin melakukan latihan kardio, pembuluh darah jadi lebih lebar sehingga oksigen yang masuk ke tubuh menjadi lebih banyak. Buat kamu yang sedang diet, olahraga kardio sangat direkomendasikan. Banyak gerakan kardio yang ampuh membakar lemak dan menjaga berat badan.

Karena fokus olahraga kardio adalah untuk meningkatkan detak jantung, pastikan kamu tidak memaksa tubuh untuk melakukan gerakan-gerakan yang terlalu sulit. Untuk membantumu mendapatkan hasil yang maksimal dari olahraga kardio di rumah, imbangi dengan minum suplemen kesehatan yang bisa dibeli di Watsons Indonesia. Kunjungi cabang Watsons terdekat atau unduh aplikasi Watsons ID (iOS dan Android OS) dan temukan item-item terbaik yang kamu butuhkan.

(harga tertera adalah sebelum diskon)
Previous

Korean Eyeshadow Look dengan Produk Lokal, Bisa Pakai Ini

Next

Bibir Hitam? Tampil Cantik dengan Warna Lipstik Berikut

Related Topics
Share
IKUTI KAMI

DAPATKAN UPDATE TERBARU

Footer Payment Logo 20220614
Unduh Aplikasi Watsons ID
Unduh versi iPhone atau Android
A Member of A.S. Watson Group - CK Hutchison Holdings
© Watsons. Hak Cipta Terpelihara
HomeProductPromotionMy AccountMore