Blog Page
📢 Members Free Delivery with min. spend 75KStore locator
WatsonsLoreal ParisMaybellineCetaphilWardah0
Member Promo Makeup Perawatan Kulit Kesehatan Perawatan Tubuh Makanan Watsons Eksklusif All Brands Blog Login / Register
Share

Kulit yang sehat menjadi salah satu indikator tubuh yang sehat. Mencukupi kebutuhan vitamin kulit dapat menghindarkan kamu dari berbagai masalah, seperti kemerahan, peradangan, kusam, kering, dan lain sebagainya. Nah, berikut ini ada rekomendasi tujuh vitamin kulit yang memiliki peranan penting untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit agar tampak cerah dan kinclong.


Vitamin B

Vitamin B merupakan salah satu yang dibutuhkan untuk kecantikan, terlebih lagi bagi kamu yang sudah memasuki usia dewasa. Pasalnya, Vitamin B ini berperan aktif dalam meregenerasi sel dan ampuh untuk memperlambat penuaan dini. 

Jika asupan vitamin B kurang, ini bisa menyebabkan berbagai permasalahan, seperti kulit kering, berminyak, keriput, dermatitis, ketombe, dan bibir pecah-pecah. Untuk memenuhi kebutuhan vitamin B harian, kamu bisa mengonsumsi makanan bergizi, misalnya telur, daging ayam, ikan, dan kacang-kacangan.

Suplemen vitamin B yang bisa kamu coba:

Vitamin A

Selama ini kebanyakan orang menganggap vitamin A hanya untuk menjaga kesehatan mata. Faktanya, vitamin A tidak kalah penting dari jenis vitamin lainnya. Vitamin A berfungsi untuk mencegah kulit kering hingga membantu memperbaiki lapisan sel kulit yang rusak.

Untuk mendapatkan vitamin A ini, kamu bisa mengonsumsi makanan seperti wortel, ubi, labu, brokoli, tomat, dan produk hati. Jumlah asupan vitamin A yang harus dipenuhi orang dewasa adalah sekitar 600 hingga 650 mikrogram per harinya.

Vitamin K

Mempunyai fungsi utama dalam proses pembekuan darah yang membantu penyembuhan luka atau lebam di kulit. Selain itu, vitamin K memiliki manfaat dalam menjaga elastisitas kulit dan juga menyamarkan lingkar hitam di bawah mata berkat kemampuannya dalam melancarkan  peredaran darah.

Vitamin K bisa kamu peroleh dari konsumsi sayuran hijau dan produk fermentasi seperti keju dan yoghurt. Jumlah asupan vitamin K harian yang direkomendasikan untuk orang dewasa adalah sekitar 55 sampai 65 mikrogram, sedangkan untuk remaja sekitar 35 sampai 55 mikrogram per harinya.

Vitamin C

Berfungsi untuk membuat kulit cerah, kenyal, dan sehat. Vitamin ini merupakan salah satu jenis antioksidan terbaik untuk melawan paparan radikal bebas dari sinar UV. Vitamin C ini juga berguna untuk menurunkan risiko terjadinya kanker kulit dan penuaan dini.

Konsumsi buah-buahan yang kaya akan vitamin C, seperti jeruk, apel, dan melon, akan membantu mencukupi kebutuhan asupan vitamin C harian kamu. Namun, jika dirasa masih perlu, kamu juga bisa menambah asupan vitamin C ini dengan mengonsumsi suplemen vitamin C.

Vitamin D

Selain menjaga kelembapan kulit, manfaat vitamin D yang utama adalah membantu mengurangi peradangan atau iritasit. Jumlah asupan vitamin D harian yang dibutuhkan orang dewasa adalah sekitar 15 mikrogram dan 20 mikrogram untuk lansia.

Cara yang paling mudah untuk memenuhi asupan vitamin D ini adalah dengan berjemur di bawah sinar matahari pagi. Vitamin D ini juga bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi makanan seperti ikan salmon maupun tuna. 

Vitamin E

Hampir semua orang tahu bahwa vitamin E merupakan vitamin kulit yang berperan besar dalam mencegah penuaan dini karena dapat merangsang regenerasi sel kulit baru. Vitamin E ini juga merupakan antioksidan yang sangat baik untuk merawat kesehatan kulit, mengurangi keriput, mengatasi kulit kering, serta mencegah dan menghilangkan bintik hitam di kulit.

Vitamin kulit ini bisa ditemukan dengan mudah pada produk perawatan atau skincare kulit, baik dalam bentuk lotion, krim, maupun serum. Kamu juga bisa memperoleh vitamin E dari berbagai makanan, seperti kacang-kacangan, biji-bijian, serta minyak nabati yang sehat.

Zinc

Khasiat zinc bagi kulit adalah untuk mengontrol produksi minyak berlebih dan mengatasi kulit berjerawat. Selain itu, zinc juga diperlukan sebagai inflamasi dan anti perlindungan kulit dari sinar UV. Zinc bisa kamu dapatkan dengan cara mengonsumsi berbagai makanan produk laut, seperti kepiting, udang, serta tiram.


Itulah berbagai macam vitamin kulit yang penting untuk kamu penuhi asupannya setiap hari. Di samping memenuhi asupan nutrisi, jangan lupa untuk rutin membersihkan kulit dan merawat kesehatannya dengan penggunaan skincare yang tepat tentunya. Dapatkan produk-produk vitamin yang bisa buat kulit tampak cerah dan kinclong hanya di Watsons Indonesia!

Previous

Jakarta x Beauty: Serbu Makeup dan Skincare Terbaik dengan Voucher Watsons

Next

Kilas Balik Citayam Fashion Week, Ekspresi Busana Kaum Remaja

Related Topics
Share
IKUTI KAMI

DAPATKAN UPDATE TERBARU

Footer Payment Logo 20220614
Unduh Aplikasi Watsons ID
Unduh versi iPhone atau Android
A Member of A.S. Watson Group - CK Hutchison Holdings
© Watsons. Hak Cipta Terpelihara
HomeProductPromotionMy AccountMore