Blog Page
📢 Members Free Delivery with min. spend 75KStore locator
WatsonsLoreal ParisMaybellineCetaphilWardah0
Member Promo Makeup Perawatan Kulit Kesehatan Perawatan Tubuh Makanan Watsons Eksklusif All Brands Blog Login / Register
Share

Insomnia adalah gangguan tidur umum yang dapat membuat penderitanya sulit tertidur, sulit tetap tertidur, atau menyebabkan bangun terlalu awal dan tidak dapat kembali tidur. Jika kamu menderita insomnia, kamu mungkin masih merasa lelah saat bangun tidur. Tidak hanya melemahkan tingkat energi dan suasana hati, insomnia juga bisa merusak kesehatan, kinerja, dan kualitas hidup, lho. Jadi, penting, buat mengetahui cara mengatasi insomnia. Simak, yuk, informasinya di artikel berikut!

1. Olahraga secara teratur

Cara mengatasi insomnia yang pertama adalah berolahraga secara teratur. Olahraga dapat meningkatkan kualitas dan durasi tidur bagi penderita insomnia. Kamu dapat memprioritaskan kesehatan dan waktu tidur dengan melakukan olahraga berintensitas sedang selama 30 menit setiap hari. 

Olahraga juga dapat meningkatkan kualitas tidur dengan mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk tertidur. Namun, kamu sebaiknya tidak berolahraga sebelum tidur karena hal ini memiliki efek stimulan pada tubuh. Pastikan kamu selesai olahraga setidaknya tiga jam sebelum berencana untuk tidur, ya.

2. Ciptakan suasana tidur yang nyaman dan rileks

Menciptakan suasana tidur yang nyaman dan rileks dapat membantu lebih mudah tidur pada malam hari. Kontrol suhu kamar, pencahayaan, dan kebisingan untuk membuat kamar tidur kondusif sehingga membuatmu lebih mudah tertidur. 

Kamu juga bisa semprotkan pengharum ruangan dengan aroma menenangkan. Selain itu, jika kamu memiliki hewan peliharaan yang tidur di kamar denganmu, pertimbangkan untuk menidurkannya di tempat lain apabila ia cenderung membuat kebisingan di malam hari.

Untuk tidur nyaman tanpa gangguan:

3. Batasi aktivitas di tempat tidur

Cara mengatasi insomnia selanjutnya adalah membatasi aktivitas di tempat tidur seperti main handphone, membaca buku, dan sebagainya. Tempat tidur adalah tempat untuk tidur, jadi sebaiknya tidak kamu gunakan untuk melakukan aktivitas-aktivitas lainnya. Hindari juga menonton televisi atau mendengarkan radio. Semua aktivitas tersebut bisa meningkatkan kewaspadaan dan membuat kamu sulit untuk tertidur.

4. Hindari makan sebelum tidur

Makan malam atau ngemil sebelum tidur membuat sistem pencernaan kembali aktif sehingga membuat kamu tetap terjaga, lho. Bagi kamu yang menderita gastroesophageal reflux (GERD) atau mulas, semakin penting untuk tidak makan dan minum sebelum tidur karena ini dapat memperburuk gejala yang kamu rasakan dan membuatmu semakin sulit tidur. Selain itu, minum banyak cairan sebelum tidur juga dapat membanjiri kandung kemih, membuatmu lebih sering ke kamar mandi sehingga mengganggu usaha untuk tidur.

5. Atur jadwal tidur dan komitmen mematuhinya

Siklus tidur-bangun dikendalikan oleh jam internal tubuh. Sebagai respons terhadap ritme sirkadian 24 jam, sejumlah fungsi tubuh lainnya juga meningkat dan menurun secara siklis. Kamu dapat mengatasi insomnia dengan mengatur jadwal tidur dan komitmen mematuhinya. Coba tetapkan waktu tidur dan waktu bangun yang teratur, dapatkan banyak sinar matahari (hindari cahaya terang sebelum tidur), dan sebaiknya tidak tidur pada siang hari kecuali benar-benar diperlukan.

6. Tuliskan kekhawatiran yang kamu rasakan

Jika kamu berbaring di tempat tidur sambil memikirkan hari esok, coba tuliskan kekhawatiran yang kamu rasakan di buku sebelum tidur. Dengan menuliskan kekhawatiran yang kamu punya dan menyusun rencana untuk hari berikutnya, kamu jadi tidak sibuk memikirkan kekhawatiran ataupun rencana yang kamu miliki nanti.

Misalnya, kamu bisa menuliskan daftar pekerjaan untuk hari esok sebelum berangkat kerja. Ini setidaknya dapat menghilangkan satu kekhawatiran yang menyulitkanmu untuk tidur di malam hari.

7. Melakukan relaksasi

Salah satu cara yang bisa kamu coba untuk relaksasi adalah meditasi. Pertama-tama, berbaringlah di tempat tidur. Kemudian, tutup mata dan tarik napas perlahan, lalu hembuskan dalam-dalam. Fokuslah pada pernapasan dan kalah muncul pikiran dalam benak kamu, lepaskan dan fokuskan kembali pada pernapasan. Dengan relaksasi, sistem saraf menjadi lebih tenang sehingga membantu kamu untuk tertidur nyenyak.

Tidur cantik rileks ala Sleeping Beauty:


Insomnia adalah kebiasaan buruk yang harus kamu atasi. Cobalah tujuh cara mengatasi insomnia di atas untuk mengembalikan jadwal tidur yang sehat dan teratur. Jangan lupa, kamu bisa membeli produk-produk yang menunjang kenyamanan waktu tidur di Watsons Indonesia dan aplikasi Watsons ID. Semoga bermanfaat!

Previous

5 Alasan Korean Natural Look Masih Booming Sampai Sekarang

Next

7 Rekomendasi Vitamin Daya Tahan Tubuh Terbaik

Related Topics
Share
IKUTI KAMI

DAPATKAN UPDATE TERBARU

Footer Payment Logo 20220614
Unduh Aplikasi Watsons ID
Unduh versi iPhone atau Android
A Member of A.S. Watson Group - CK Hutchison Holdings
© Watsons. Hak Cipta Terpelihara
HomeProductPromotionMy AccountMore