Blog Page
📢 Members Free Delivery with min. spend 75KStore locator
WatsonsLoreal ParisMaybellineCetaphilWardah0
Member Promo Makeup Perawatan Kulit Kesehatan Perawatan Tubuh Makanan Watsons Eksklusif All Brands Blog Login / Register
Share

Karang gigi adalah satu masalah mulut yang umum terjadi dan dialami oleh 68 persen orang dewasa. Meskipun cukup umum terjadi, bukan berarti hal itu bisa disepelekan. Jika tidak dibersihkan, karang gigi dapat menyebabkan masalah gigi dan mulut lainnya. Hal yang seringkali jadi pertanyaan, bisakah menghilangkan karang gigi sendiri di rumah? 


Apa itu karang gigi?

Karang gigi merupakan deposit plak yang mengeras karena menempel pada gigi dalam waktu lama. Meskipun umumnya tidak memicu keluhan atau gejala yang mengganggu kesehatan dan fungsi gigi, karang gigi harus dihilangkan karena dapat menyebabkan peradangan pada gusi (gingivitis).


Faktor risiko

Siapa pun bisa memiliki karang gigi, tapi kondisi ini dipengaruhi oleh beberapa faktor risiko, yaitu:

  • Tidak rutin menggosok gigi minimal dua kali sehari.
  • Tidak menggunakan obat kumur antibakteri untuk membersihkan mulut setelah gosok gigi.
  • Banyak mengonsumsi makanan dan minuman dengan kadar gula tinggi (misal: permen).
  • Mengonsumsi jenis obat-obatan yang memengaruhi kesehatan gigi (misal: antihistamin).
  • Menjalani perawatan radiasi di area leher dan kepala untuk penyembuhan kanker.
  • Menderita kondisi mulut kering akibat efek samping obat atau kondisi kesehatan tertentu.
  • Memiliki kebiasan merokok.

Bisakah menghilangkan karang gigi di rumah?

Sulit untuk menghilangkan karang gigi dengan sekadar menggosok gigi karena lapisan kotoran ini sudah mengeras di gigi. Penanganannya hanya bisa dilakukan oleh dokter gigi. Dokter gigi akan menggunakan alat pengikis elektronik (ultrasonic scaler) untuk melakukan pembersihan. Meskipun hanya bisa dihilangkan dengan alat dokter gigi, kamu dapat melakukan langkah pencegahan. 


Cara mencegah

Mulai sekarang coba lakukan beberapa kebiasaan berikut ini:

1. Rajin menggosok gigi

Rajin menggosok gigi minimal dua kali sehari dapat mencegah karang gigi terbentuk dengan cara membantu mengangkat sisa makanan dan minuman yang menempel. Pastikan kamu menggosok gigi menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride, seperti COLGATE Total Protect 12H Charcoal. Pasta gigi ini dapat menjaga kebersihan mulut dan gigi dengan kandungan arang bambu dan minyak mint alami.

(harga tertera adalah sebelum diskon)

2. Menggunakan obat kumur

Teratur menggunakan obat kumur dapat mengurangi plak gigi karena produk ini dapat menjangkau area yang sulit dijangkau sikat gigi. Gunakanlah obat kumur yang mengandung fluoride untuk mencegah kerusakan gigi dan gigi berlubang, seperti LISTERINE Tartar Control. Cairan antiseptik kumur dengan kandungan eucalyptol, menthol, zinc chloride, methyl salicylate, dan thymol ini berfungsi mengurangi kuman penyebab bau mulut dan plak.

(harga tertera adalah sebelum diskon)

3. Bersihkan sela-sela gigi dengan dental floss

Jika belum memasukkan penggunaan dental floss ke dalam rutinitas perawatan gigi harian, ini adalah waktu yang tepat untuk memulai. Dental floss (benang gigi) dapat membantu membersihkan sisa makanan yang menempel pada sela-sela gigi sehingga mampu mencegah pembentukan karang gigi. Kamu bisa menggunakan ORAL-B Essential Dental Floss dengan rasa mint yang segar untuk memberikan nafas harum dan sensasi mint yang menyegarkan.

(harga tertera adalah sebelum diskon)

4. Periksa dokter gigi tiap 6 bulan sekali

Melakukan pemeriksaan ke dokter gigi setiap enam bulan sekali sangat penting untuk mengecek kesehatan gigi. Dengan melakukan pengecekan gigi secara rutin, kamu dapat mendeteksi masalah gigi atau gusi sedini mungkin. Dengan begitu, langkah perawatan yang tepat dapat dilakukan lebih awal. Namun, kamu sebaiknya segera kunjungi dokter gigi jika mengalami beberapa gejala, seperti gusi bengkak, rahang nyeri, atau kesulitan saat mengunyah dan menelan makanan.

5. Hindari rokok

Perokok cenderung memiliki jumlah karang gigi yang lebih banyak dibandingkan bukan perokok. Sebab, kandungan nikotin dan tar pada rokok membuat lapisan jaringan gigi rusak dan membuat bakteri pada mulut lebih mudah berkembang biak. Di samping kebiasaan merokok, pastikan juga kamu menghindari konsumsi makanan dan minuman yang bisa membuat penumpukan plak, seperti susu, krim utuh, keju tinggi lemak, mentega, daging merah berlemak tinggi, es krim, dan lain-lain.


Walaupun kamu dapat melakukan pencegahan di rumah, kamu hanya dapat menghilangkan karang gigi di dokter gigi. Jadi, rawatlah kesehatan gigimu dengan menggunakan beberapa produk perawatan gigi yang bisa kamu dapatkan di Watsons Indonesia dan juga aplikasi Watsons ID (iOS dan Android OS).

Previous

6 Cara Layering Serum biar Kulit Glowing Maksimal

Next

6 Masker Rambut untuk Tiap Jenis Permasalahan

Related Topics
Share
IKUTI KAMI

DAPATKAN UPDATE TERBARU

Footer Payment Logo 20220614
Unduh Aplikasi Watsons ID
Unduh versi iPhone atau Android
A Member of A.S. Watson Group - CK Hutchison Holdings
© Watsons. Hak Cipta Terpelihara
HomeProductPromotionMy AccountMore