Blog Page
📢 Members Free Delivery with min. spend 75KStore locator
WatsonsLoreal ParisMaybellineCetaphilWardah0
Member Promo Makeup Perawatan Kulit Kesehatan Perawatan Tubuh Makanan Watsons Eksklusif All Brands Blog Login / Register
Share

Nyeri haid memang bisa membatasi ruang gerak dan aktivitas. Rencana seharian penuh bisa batal saat kamu mengalami nyeri pada hari pertama menstruasi. Nyeri menstruasi ini juga kerap datang dibarengi dengan sakit kepala dan badan lemas. Kalau sudah begitu, hal yang bisa kamu lakukan adalah istirahat sejenak sambil mencoba meredakan rasa sakitnya. Agar tak lama-lama tersiksa, ketahui cara meredakan nyeri haid berikut ini!

1. Pijat di area yang nyeri

Nyeri haid rasanya memang sangat tidak mengenakkan. Namun, kamu bisa coba redakan nyerinya dengan memijat pinggang, punggung bagian bawah, dan area lain yang terasa nyeri. Tak perlu menekan kuat seperti memijat punggung, cukup pijat lembut bagian yang terasa kram akibat menstruasi. Lakukan pijatan melingkar di perut selama lima menit. Kamu bisa pakai minyak kelapa ataupun jojoba oil dengan minyak esensial seperti lavender, kayu manis, dan cengkeh.

2. Kompres dengan pad hangat 

Kalau kamu tak sanggup melakukan pijatan untuk area yang terasa nyeri, kompres dengan pad hangat untuk meredakan kram menstruasi. Mengompres perut dengan pad hangat adalah cara meredakan nyeri haid paling mudah. Rasa hangat dari pad bisa membuat tubuhmu terasa nyaman dan nyeri sedikit berkurang. Kamu bisa beli pad hangat yang tinggal tempel di perut di Watsons. Super praktis buat meredakan nyeri haid!

3. Biasakan untuk berolahraga

Selain mencari tahu cara meredakan nyeri haid saat hal tersebut sudah terjadi, kamu pun perlu memahami tips mencegahnya. Nyeri haid yang amat menyakitkan itu bisa dicegah atau setidaknya diminimalisir dengan rajin berolahraga. Cobalah berolahraga rutin 30 menit selama tiga hari dalam seminggu. Cara tersebut efektif mengurangi kram yang kamu rasakan saat menstruasi. Lalu, saat menstruasi pun kamu bisa tetap aktif olahraga ringan untuk menghilangkan rasa nyeri perut.

4. Hindari mengonsumsi makanan dan minuman tertentu

Cara meredakan nyeri haid berikutnya adalah dengan memperhatikan asupan makananmu. Beberapa makanan dan minuman justru bisa memicu kram perut saat kamu sedang menstruasi. Contohnya adalah makanan asin, berlemak, minuman bersoda, kafein, dan alkohol. Jenis makanan dan minuman tersebut menyebabkan perut kembung dan kelebihan cairan tubuh. Kalau tak ingin rasa nyeri menstruasi semakin parah, coba hindari dulu makanan pemicu perut kembung.

Sebaliknya, konsumsilah makanan dan minuman yang ramah untuk perut saat sedang menstruasi. Asupan yang direkomendasikan adalah teh dengan campuran daun mint atau jahe, buah, ikan, telur, susu, cokelat hitam, sayur, dan kacang-kacangan. Tak hanya saat menstruasi, kamu pun boleh menyantap makanan dan minuman tadi untuk sehari-hari.

Ssttt… Jangan sampai kehabisan pembalut :)

5. Cukupi kebutuhan air mineral

Cara meredakan nyeri haid yang juga layak kamu coba adalah dengan memastikan kebutuhan air dalam tubuh tercukupi. Bukan tidak mungkin penyebab kram perut luar biasa yang kamu rasakan saat haid berasal dari kurangnya cairan dalam tubuh. Pasalnya, dehidrasi adalah salah satu penyebab terjadinya kram otot. Oleh karena itu, cobalah penuhi kebutuhan air dalam tubuh supaya kamu tidak dehidrasi. Selain dari air mineral, kebutuhan cairan tubuh juga bisa kamu dapat dari kuah kaldu sup.

6. Konsumsi kunyit 

Kunyit adalah bahan herbal alami yang sudah lama dikenal ampuh meredakan nyeri haid. Orang zaman dulu minum kunyit dalam bentuk jamu yang mereka ramu sendiri. Kunyit diparut kemudian ditambahkan air untuk diperas airnya. Air perasan kunyit direbus dan ditambahkan bahan-bahan lain sehingga menjadi jamu. Sekarang, jamu kunyit sudah bisa kamu temukan dengan mudah dalam produk Kiranti yang tersedia di Watsons.

Bagi sebagian perempuan, kram menstruasi memang tidak selalu datang setiap bulan. Ada pula perempuan yang menstruasi, namun tidak merasakan nyeri berlebih. Tapi bagi kamu yang selalu merasakan kram, boleh coba lakukan cara meredakan nyeri haid seperti yang sudah dijelaskan tadi, ya. Heat pad dan Kiranti untuk membantu meringankan nyeri bisa kamu dapatkan secara online di Watsons Indonesia dan Watsons ID.

Butuh cepat? Kamu bisa pilih layanan kirim kilat Home Delivery Express saat checkout belanja online di Watsons. Bahkan, kamu bisa pesan via WhatsApp dengan fitur Watsons Send.

Selamat mencoba, ya! Stay healthy!

Previous

Kutek Kuku, Memangnya Berbahaya?

Next

Watsons 8.8 Shopathon: Promo Skincare & Make Up Lengkap, Bayar Nanti

Related Topics
Share
IKUTI KAMI

DAPATKAN UPDATE TERBARU

Footer Payment Logo 20220614
Unduh Aplikasi Watsons ID
Unduh versi iPhone atau Android
A Member of A.S. Watson Group - CK Hutchison Holdings
© Watsons. Hak Cipta Terpelihara
HomeProductPromotionMy AccountMore