Blog Page
📢 Members Free Delivery with min. spend 75KStore locator
WatsonsLoreal ParisMaybellineCetaphilWardah0
Member Promo Makeup Perawatan Kulit Kesehatan Perawatan Tubuh Makanan Watsons Eksklusif All Brands Blog Login / Register
Share

Asam folat atau vitamin B9 dikenal luas sebagai kandungan yang baik untuk dikonsumsi ibu hamil. Namun, asam folat tidak hanya bermanfaat bagi program kehamilan. Tahukah kamu kalau zat ini sebenarnya juga penting untuk kesehatan semua kalangan usia dan jenis kelamin? Simak tujuh fungsi asam folat berikut ini, yuk!


1. Membantu pembentukan sel tubuh

Asam folat turut serta dalam membentuk dan memperbaiki sel-sel tubuh sehingga mampu berfungsi dengan baik. Zat-zat bergizi lain turut bekerja dalam proses ini, yaitu protein, asam amino, vitamin B12, dan vitamin C. Setiap unsur tersebut memiliki fungsi membentuk kembali sel-sel tubuh yang rusak dan membantu pemulihan tubuh yang terluka atau sakit. 

Suplemen berikut juga bantu memperbaiki sel tubuh:

2. Menjaga daya tahan tubuh

Penelitian menemukan bahwa asam folat memiliki peran yang penting dalam menjaga kekuatan imunitas tubuh. Penemuan tersebut juga menyatakan bahwa sejumlah bahan lain memiliki khasiat bagi imunitas, yaitu asam amino, vitamin A, vitamin B12, vitamin C, vitamin D, dan selenium. 

Rekomendasi lainnya untuk jaga daya tahan tubuh:

Menjaga daya tahan tubuh menjadi prioritas masyarakat kala pemulihan dari pandemi. Kekebalan tubuh sangat penting dalam menjaga diri dari penyakit-penyakit yang ada. Hal tersebut pun membuat suplemen dengan kandungan asam folat menjadi salah satu komoditas penting saat ini.

3. Mengobati dan mencegah anemia

Asam folat bisa mengobati atau mencegah terjadinya anemia, yang diakibatkan oleh defisiensi folat. Dalam hal ini, asam folat memproduksi sel darah merah agar kamu tidak kekurangan sel tersebut. Ketika itu terjadi, anemia bisa memengaruhi keseluruhan hari kamu, mulai dari kulit yang menjadi pucat, napas pendek, hingga badan terasa lemas. Jadi, jangan sepelekan kekurangan sel darah merah, ya!

Pencegahan anemia juga bisa didapat lewat produk-produk ini:

Kamu akan membutuhkan pengobatan yang lebih kompleks jika sudah mengalami anemia. Oleh karena itu, sebaiknya kamu menjaga asupan asam folat dalam tubuh secara rutin. Konsumsi zat ini bisa dilakukan melalui makanan bergizi atau suplemen yang mudah ditemukan di berbagai gerai kesehatan.

5. Mengontrol gula darah

Manfaat yang satu ini sangat berkaitan dengan pengobatan diabetes. Penanganan diabetes erat dengan insulin, di mana asam folat mengurangi resistensi insulin, melakukan pencegahan komplikasi diabetes, juga meningkatkan fungsi pembuluh darah pada penderita diabetes.

6. Menjaga kesehatan otak

Kekurangan asam folat berpotensi membuat aliran oksigen ke otak berkurang. Ketika seseorang menerima asupan asam folat yang cukup, kinerja otak pun menjadi maksimal. Daya ingat kamu pun akan terjaga dengan mengonsumsi asam folat yang cukup. 

Ada pula penelitian lain yang membuktikan bahwa fungsi otak penderita alzheimer bisa membaik setelah mengonsumsi suplemen asam folat. Temuan ini menyatakan khasiat asam folat dalam meningkatkan kemampuan kognitif meski telah diserang penyakit. 

7. Cocok untuk ibu hamil

Seperti disampaikan sebelumnya, ibu hamil biasanya akrab dengan asam folat. Ini karena dokter kandungan menyarankan agar para ibu hamil menjaga kadar asam folat secara rutin.

Asupan asam folat yang cukup bisa mencegah masalah perkembangan pada janin, seperti spina bifida dan anensefali. Ini karena asam folat bisa membantu pertumbuhan otak, tengkorak, dan sumsum tulang belakang bayi selama berada di dalam kandungan.

Selain itu, asam folat juga mencegah terjadinya keguguran. Tak heran jika ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi asam folat dalam kadar lebih banyak dibandingkan kalangan lainnya. Angka kecukupan gizi (AKG) 2019 menyatakan bahwa ibu hamil direkomendasikan untuk memperoleh 600 mikrogram asam folat setiap harinya.

Kadar asam folat yang perlu dipenuhi oleh kalangan selain ibu hamil memang lebih sedikit, tapi bukan berarti vitamin ini tidak penting. Pria dan wanita yang berusia di atas 10 tahun dianjurkan untuk mendapatkan 400 mikrogram/hari. Sementara itu, anak berusia 7-9 tahun membutuhkan 300 mikrogram/hari, dan usia 1-6 tahun disarankan 160-200 mikrogram/hari.


Mengingat pentingnya fungsi asam folat, jangan sampai  kamu kekurangan asupan asam folat, ya! Jaga kadar asam folat kamu dengan mengonsumsi produk vitamin terpilih seperti BLACKMORES I-Folic Pregnancy. Kamu dapat segera kunjungi Watsons Indonesia dan aplikasi Watsons ID (iOS dan Android OS) untuk menemukan vitamin dengan kandungan asam folat terbaik!

Previous

6 Cara Memilih Skincare Remaja Murah dan Bagus

Next

Begini Cara Mendapatkan Makeup Bibir ala Korea

Related Topics
Share
IKUTI KAMI

DAPATKAN UPDATE TERBARU

Footer Payment Logo 20220614
Unduh Aplikasi Watsons ID
Unduh versi iPhone atau Android
A Member of A.S. Watson Group - CK Hutchison Holdings
© Watsons. Hak Cipta Terpelihara
HomeProductPromotionMy AccountMore