Blog Page
📢 Members Free Delivery with min. spend 75KStore locator
WatsonsLoreal ParisMaybellineCetaphilWardah0
Member Promo Makeup Perawatan Kulit Kesehatan Perawatan Tubuh Makanan Watsons Eksklusif All Brands Blog Login / Register
Share

Eksim kering adalah penyakit kulit yang muncul dengan tanda-tanda seperti ruam merah, gatal, kulit kering, hingga pecah-pecah. Bila hal itu terjadi, pasti akan sangat mengganggu penderitanya. Ada banyak cara untuk mengobatinya, mulai dari menggunakan bahan alami hingga obat-obatan medis. 

Sebenarnya, penyakit kulit ini tidak bisa sembuh secara total. Meski tak diketahui pasti penyebabnya, eksim kering biasanya terjadi atas kombinasi gangguan kekebalan tubuh, faktor genetika, lingkungan, dan stres. Dengan kata lain, berbeda dari eksim basah yang pada dasarnya bukanlah penyakit. Eksim basah hanyalah sebuah istilah untuk menggambarkan luka atau koreng yang basah, berair, hingga mengeluarkan nanah.


Pemicu atau penyebab

Beberapa penelitian menyatakan, eksim kering lebih sering muncul pada orang yang memiliki riwayat menderita asma atau keturunan penyakit ini. Kondisi tersebut juga bisa dipicu oleh hal-hal seperti:

  • Alergi
  • Kebiasaan mandi terlalu lama
  • Perubahan cuaca ekstrem, sangat panas atau sangat dingin
  • Sabun yang mengandung deterjen atau zat kimia keras
  • Perubahan hormon seperti saat hamil atau menstruasi
  • Stres 

Gejala

Penderita eksim kering akan merasakan gejala tertentu saat penyakitnya kambuh. Gejala seperti ruam akan mudah muncul di bagian tangan, kaki, pergelangan kaki atau tangan, leher, dada wajah, hingga kulit kepala. Selain itu, rasa gatal juga akan dirasakan penderita eksim kering. Beberapa hal di bawah ini juga menjadi tanda gejala:

  • Kulit pecah-pecah
  • Kulit kering dan bersisik
  • Muncul benjolan kecil berisi cairan saat digaruk

Bahkan dalam beberapa kasus, eksim kering dapat menyebabkan luka terbuka, berkerak, atau berair. Bila terjadi pada bayi dan anak-anak, maka gejala-gejala tersebut akan membuat mereka mudah rewel dan gelisah karena rasa gatal yang tak tertahankan.


Cara mengobati

Meski tidak bisa disembuhkan secara tuntas, kamu bisa melakukan beberapa hal di bawah ini untuk mengurangi rasa tidak nyaman yang disebabkan oleh eksim kering. Berikut adalah beberapa caranya:

1. Konsumsi obat-obatan

Obat-obatan menjadi salah satu cara mengobati eksim kering. Penderita diharapkan memeriksakan diri ke dokter terlebih dahulu untuk bisa mendapatkan obat yang tepat sesuai penyebabnya.

Mereka yang mengalaminya bisa menggunakan salep kortikosteroid untuk meringankan peradangan, obat antihistamin untuk eksim kering yang disebabkan oleh alergi, antibiotik jika eksim disebabkan oleh infeksi bakteri, atau obat antiinflamasi nonsteroid yang bisa meredakan gejala.

Penderita juga bisa menggunakan bahan-bahan alami untuk mengobatinya, misalnya dengan menggunakan minyak bunga matahari dan minyak kelapa. Jenis minyak tersebut dapat digunakan untuk menjaga kelembapan kulit. Kamu bisa mendapatkan minyak kelapa yang bagus untuk kulit tubuh di Watsons Indonesia!

Selain minyak bunga matahari dan minyak kelapa, madu juga bisa kamu gunakan untuk mengobati eksim. Pasalnya, madu mengandung formula antibakteri dan antiperadangan alami yang bila dioleskan ke area luka.

2. Lakukan perawatan mandiri di rumah

Meski obat sangat membantu menangani gejala, perawatan mandiri di rumah juga perlu dilakukan untuk mempercepat penyembuhan. Salah satunya dengan membiasakan mandi air hangat selama gejala eksim kering muncul. Hindari menggosok tubuh menggunakan handuk usai mandi karena hal tersebut bisa memperparah gejala. 

Setelah itu, berikan pelembap setelah tiga menit kamu selesai mandi untuk menjaga kelembapan tubuh. Gunakan pakaian dengan kain yang lembut dan tidak berserat kasar atau yang membuat gerah. Bila cuaca sedang dingin atau sangat kering, usahakan menggunakan humidifier untuk menjaga kelembapan udara di ruangan.

3. Melakukan pengobatan fototerapi

Fototerapi jadi salah satu cara pengobatan. Bagi mereka yang menderita eksim kering akut, fototerapi menggunakan sinar ultra violet (UV) akan sangat membantu proses penyembuhan.

Fototerapi dengan sinar UV akan mengurangi reaksi berlebihan tubuh saat sedang alergi atau terkena zat asing. Mereka yang menderita eksim kering bisa menggunakan terapi sinar UVA atau sinar UVB, bahkan kombinasi keduanya.

Terapi ini dapat dilakukan sebanyak dua hingga lima kali dalam seminggu, tergantung diagnosis dokter terhadap tingkat keparahan eksim tersebut. Sebelum melakukan terapi ini, konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu agar mengetahui penyebab kambuhnya di area kulit.


Konsultasi dokter akan sangat berguna untuk memilih cara mengobati eksim kering yang tepat sesuai dengan penyebab dan tingkat keparahannya. Perawatan yang tepat akan mencegah timbulnya gejala untuk kambuh lagi sewaktu-waktu.


Bagi kamu yang memiliki bakat eksim, ada baiknya untuk memilih produk skincare dengan formulasi untuk kulit sensitif. Coba yang berikut ini untuk merawat kulit wajah:

Previous

Tips Cepat Rambut Panjang dan Cara Merawatnya

Next

7 Tips Awet Muda yang Mudah Dilakukan Sehari-hari

Related Topics
Share
IKUTI KAMI

DAPATKAN UPDATE TERBARU

Footer Payment Logo 20220614
Unduh Aplikasi Watsons ID
Unduh versi iPhone atau Android
A Member of A.S. Watson Group - CK Hutchison Holdings
© Watsons. Hak Cipta Terpelihara
HomeProductPromotionMy AccountMore