Blog Page
📢 Members Free Delivery with min. spend 75KStore locator
WatsonsLoreal ParisMaybellineCetaphilWardah0
Member Promo Makeup Perawatan Kulit Kesehatan Perawatan Tubuh Makanan Watsons Eksklusif All Brands Blog Login / Register
Share

Hidung tersumbat merupakan masalah yang mengganggu. Kamu jadi tidak nyaman menjalani rutinitas harian sehingga produktivitas pun bakal menurun. Lantas, bagaimana cara menyembuhkan hidung tersumbat? Tak perlu khawatir, yuk, simak solusinya di bawah ini!

1. Mandi dengan air hangat

Pernahkah kamu menyadari bahwa hawa air hangat mampu mengatasi masalah hidung tersumbat? Alasannya terletak pada uap air yang mengencerkan lendir di hidung dan mengurangi peradangan. Cara ini dinilai ampuh sebagai cara menyembuhkan hidung tersumbat, setidaknya untuk sementara waktu.

2. Banyak minum air putih

Minum air putih yang cukup sangat penting untuk menjaga kesehatan. Apabila tubuh tidak terhidrasi dengan baik, seseorang bisa mengalami penyakit seperti kelelahan, demam, juga hidung tersumbat. Itu karena asupan cairan berkontribusi dalam proses pengenceran lendir di hidung. 

Selain air putih, terdapat minuman lain yang juga bisa membantu kamu terhidrasi. Ada cairan isotonik, jus, juga susu. Sedangkan apabila kondisi hidung tersumbat disertai radang tenggorokan, konsumsi teh hangat dapat meredakan rasa tidak nyaman yang kamu alami. 

3. Menguapi area hidung

Jika mandi dengan air hangat mampu meringankan rasa tersumbat pada pernafasan, kamu juga bisa merasakan hal yang sama dengan sekadar mendekatkan wajah pada uap panas. Caranya mudah, rebus saja air sampai mendidih, lalu dekatkan area hidung ke air tersebut secara hati-hati. Jangan sampai kulit kamu bersentuhan langsung dengan air panas tersebut, ya! Apabila tidak sengaja kena air panas, berikan pertolongan pertama menggunakan basuhan air dingin.

(harga tertera adalah sebelum diskon)

4. Bersihkan hidung dengan larutan garam

Membersihkan hidung dengan larutan garam membawa manfaat bagi kelancaran pernapasan kamu. Manfaat mencuci hidung dengan larutan garam antara lain mengangkat lapisan lendir atau mucus blanket yang berpotensi menimbulkan radang hingga infeksi. 

Bagaimana cara membersihkan hidung? Tidak sulit, kok. Pertama, kamu dapat mengunjungi apotek terdekat untuk mendapatkan larutan garam atau saline isotonis. Ketika sudah memperoleh produk yang pas, gunakan untuk membilas rongga hidung dan sinus paranasal.

Untuk proses lebih mudah, kamu juga dapat menggunakan produk rekomendasi Watsons Indonesia, yaitu BETADINE Nasal Spray Betadine Cold Defense. Kamu hanya perlu menyemprotkan nasal spray tersebut untuk membersihkan rongga hidung.

(harga tertera adalah sebelum diskon)

5. Gunakan minyak kayu putih

Minyak kayu putih adalah cairan yang terbentuk dari uap ranting dan daun segar pohon kayu putih (Melaleuca leucadendra). Kandungan minyak kayu putih juga dilengkapi dengan bahan kimia berupa cineole, linalool, serta terpineol. Ada berbagai khasiat minyak kayu putih, mulai dari penghangat badan, mengobati luka, tidak terkecuali melawan hidung tersumbat.

Cara menyembuhkan hidung tersumbat menggunakan minyak kayu putih pun cukup praktis. Terdapat dua teknik untuk menghirupnya dengan konsep aromaterapi, yakni menuangkan beberapa tetes ke diffuser atau dihirup secara langsung.

(harga tertera adalah sebelum diskon)

6. Memakai balsam

Selain hal-hal di atas, kamu juga bisa meringankan masalah hidung tersumbat dengan mengoleskan balsam ke tubuh. Pastikan kandungan balsam yang digunakan memang mampu melegakan pernapasan, seperti eukaliptus, champor, dan mentol. Salah satu produk seperti itu adalah CAP LANG Balsem Lang. Selain membuat pernapasan jadi lega, balsam gosok satu ini memiliki khasiat meredakan sakit kepala, nyeri sendi, hingga mabuk kendaraan.

(harga tertera adalah sebelum diskon)

Apabila hidung tersumbat dialami oleh bayi di bawah usia dua tahun, kamu dapat memilih TRANSFARMA Transpulmin BB Balsam. Soalnya, TRANSFARMA telah diformulasi agar mampu membantu meredakan hidung tersumbat pada bayi, sekaligus mengatasi nyeri punggung, sakit kepala, sakit perut, serta memberikan kehangatan.

(harga tertera adalah sebelum diskon)

Jika tidak ingin mengoleskannya ke tubuh, hirup saja balsam secara perlahan. Kamu bisa melakukannya dengan cara menghirup langsung atau mencampurnya dengan air panas. Dengan begitu, kamu akan memperoleh manfaat dari kandungan balsam sambil menguapi area hidung menggunakan air panas tersebut.

7. Minum obat dekongestan

Istilah yang satu ini mungkin tidak begitu familier di telinga orang awam. Pada dasarnya, dekongestan adalah obat untuk mengatasi masalah hidung tersumbat yang disebabkan oleh flu, alergi, sinusitis, juga bronkitis. Dekongestan bekerja dengan meredakan pembengkakan pembuluh darah supaya saluran pernapasan menjadi terbuka. 

Obat ini tersedia dalam sejumlah bentuk, mulai dari tablet, kapsul, semprot hidung, tetes hidung, sampai tetes mata. Soalnya, dekongestan juga bisa meredakan mata merah yang diakibatkan iritasi ringan. Bahkan dekongestan pun digunakan untuk melebarkan pupil mata dalam menjalankan prosedur medis tertentu.

(harga tertera adalah sebelum diskon)

Terdapat beberapa cara menyembuhkan hidung tersumbat yang dapat kamu terapkan. Apabila bingung mencari produk untuk membantu mengatasi hidung tersumbat, tidak usah khawatir! Produk-produk yang kamu butuhkan bisa dengan mudah didapatkan di website Watsons Indonesia maupun aplikasi Watsons ID (iOS dan Android OS). Semoga kondisi yang kamu alami bisa segera membaik, ya!

Previous

7 Rekomendasi Eye Cream Terbaik

Next

6 Cara Layering Serum biar Kulit Glowing Maksimal

Related Topics
Share
IKUTI KAMI

DAPATKAN UPDATE TERBARU

Footer Payment Logo 20220614
Unduh Aplikasi Watsons ID
Unduh versi iPhone atau Android
A Member of A.S. Watson Group - CK Hutchison Holdings
© Watsons. Hak Cipta Terpelihara
HomeProductPromotionMy AccountMore