Blog Page
📢 Members Free Delivery with min. spend 75KStore locator
WatsonsLoreal ParisMaybellineCetaphilWardah0
Member Promo Makeup Perawatan Kulit Kesehatan Perawatan Tubuh Ibu & Bayi Watsons Eksklusif All Brands Blog Login / Register
Share

Inilah 4 Jenis Makanan dan Minuman Terburuk untuk Sistem Kekebalan Tubuh

Alkohol

 

 

Mengonsumsi alkohol secara berlebihan tidak hanya buruk bagi hati. Kebiasaan ini juga dapat merusak sistem kekebalan tubuh secara keseluruhan. Pasalnya, alkohol dapat mengurangi jumlah dan fungsi sel darah putih dalam tubuh. Akibatnya, sel darah putih ini tidak mampu bekerja maksimal dalam melawan bakteri penyebab penyakit.

Di samping itu, terbiasa minum alkohol juga dapat mengganggu pola istirahatmu. Faktanya, siklus tidur yang teratur juga merupakan salah satu faktor pendukung sistem kekebalan tubuh agar berfungsi dengan baik.

Minuman berkafein

Secangkir kopi mungkin dapat meningkatkan energi di pagi hari. Namun, minum minuman berkafein secara terus-menerus ternyata mengakibatkan penurunan fungsi kekebalan tubuh. Kafein di dalam kopi dan teh juga akan membuatmu terjaga di malam hari, sehingga kualitas dan kuantitas tidur pun berkurang. Jika dibiarkan terus menerus, bukan tidak mungkin kamu jatuh sakit dan mengalami peradangan lambung, karena kafein juga memicu kenaikan asam lambung.

Soda

Sudah bukan rahasia bahwa soda dapat menghancurkan sistem kekebalan tubuh. Tingginya kadar gula di dalam minuman bersoda dapat mempercepat pelepasan insulin dan kortisol, yang menurunkan produksi sel darah putih sehingga melemahkan sistem kekebalan tubuh. Gula berlebih juga akan diubah menjadi lemak yang menghambat penyerapan nutrisi dan meningkatkan beban sistem pencernaan. Akibatnya kamu justru akan mengalami kenaikan berat badan dan berisiko terhadap obesitas serta diabetes.

Makanan olahan

Makanan olahan seperti mie instan dan makanan kaleng mengandung zat natrium dan bahan-bahan pengawet lainnya dalam jumlah cukup tinggi. Terlebih lagi, kemasan kaleng terbuat dari aluminium yang mengandung “Bisphenol A (BPA)” dengan sifat larut ke dalam makanan. BPA sendiri merupakan pengganggu hormon untuk merusak sistem kekebalan tubuh. Jadi, sebaiknya mulai sekarang hindari makanan olahan dan utamakan sayur, buah, ikan, dan daging segar yang dimasak dengan baik dan benar tanpa bahan pengawet dan bahan kimia berbahaya lainnya.

 

Itulah tadi beberapa makanan dan minuman yang buruk dan wajib dihindari guna menjaga sistem imun tubuh. Sebaliknya, mulai sekarang perbanyak konsumsi makanan dan minuman sehat yang kaya akan vitamin C untuk mencegah tubuh terinfeksi kuman dan bakteri penyebab penyakit. Bila diperlukan, tambahkan vitamin C supplement sebagai pelengkap asupan nutrisi baik untuk kesehatan tubuhmu.

 

 

Keywords:

Vitamin C, Vitamin C Supplement

Previous

Lipstick: Produk Kosmetik yang Wajib Kamu Punya

Next

5 Produk Skincare Buat Para Cowok yang Ingin Tampil Memukau

Related Topics
Share
IKUTI KAMI

DAPATKAN UPDATE TERBARU

Footer Payment Logo 20220614
Unduh Aplikasi Watsons ID
Unduh versi iPhone atau Android
A Member of A.S. Watson Group - CK Hutchison Holdings
© Watsons. Hak Cipta Terpelihara
HomeProductPromotionMy AccountMore