Blog Page
📢 Members Free Delivery with min. spend 75KStore locator
WatsonsLoreal ParisMaybellineCetaphilWardah0
Member Promo Makeup Perawatan Kulit Kesehatan Perawatan Tubuh Makanan Watsons Eksklusif All Brands Blog Login / Register
Share

Saat mengaplikasikan makeup terutama foundation, kadang hasil yang keluar tidak sesuai dengan keinginan kita akibat foundation yang berubah warna. Kondisi inilah yang biasa disebut dengan oksidasi. Nah, buat kamu yang ingin tahu apa itu oksidasi dan bagaimana tips mencegahnya, simak ulasan berikut agar makeup menjadi lebih menyatu dan flawless!


Apa itu oksidasi makeup?

Bagi yang belum tahu apa itu oksidasi, oksidasi adalah kondisi ketika foundation yang kamu aplikasikan ke wajah menjadi lebih gelap atau menjadi abu-abu. Kondisi ini tentu mengganggu penampilan. Lantas, kenapa oksidasi bisa terjadi?

Oksidasi terjadi ketika foundation bercampur dengan minyak di wajah. Banyaknya minyak di wajah membuat foundation yang semula terang menjadi gelap, akhirnya warna kulit bisa menjadi berbeda antara wajah dengan leher.

Tentu kamu tidak ingin hal ini terjadi, bukan? Karenanya, penting untuk melakukan beberapa langkah mencegah oksidasi makeup. Apa saja caranya? Simak di sini!


Cara mencegah oksidasi makeup

Ada setidaknya enam langkah untuk mencegah terjadinya oksidasi makeup agar wajah tidak menjadi gelap. Simak langkah-langkahnya, ya!

1. Aplikasikan skincare sebelum menggunakan makeup

Langkah pertama mencegah oksidasi adalah pemakaian skincare sebelum memakai makeup atau foundation. Skincare yang tepat akan membuat kulit menjadi lebih sehat sehingga produksi minyak dalam wajah bisa dikontrol. Kunci dari penggunaan skincare ialah menghidrasi kulit agar lebih lembap, sehingga ketika makeup diaplikasikan, kulit dalam keadaan baik. 

Pemakaian skincare yang dimaksud adalah pemakaian cleanser atau pembersih, kemudian toner, seperti exfoliating toner agar minyak dan sel kulit mati terangkat. Lalu, lanjutkan dengan memakai pelembap agar kulit lebih halus. Terakhir, gunakan tabir surya. Pemakaian empat produk skincare ini akan menunjang kesehatan kulit sebelum memakai makeup.

(harga tertera adalah sebelum diskon)
(harga tertera adalah sebelum diskon)
(harga tertera adalah sebelum diskon)

2. Gunakan primer terlebih dahulu

Setelah tahu apa itu oksidasi makeup dan langkah pertama mengatasinya, step kedua yang wajib dilakukan ialah memakai primer. Primer sangat berpengaruh terhadap terjadinya oksidasi. Karenanya, pakailah primer dengan silicon base untuk memberi lapisan kulit sehingga foundation tidak langsung menyentuh kulit wajah. Bisa dikatakan, primer menjadi penghalang pertemuan foundation dengan minyak wajah. 

(harga tertera adalah sebelum diskon)

3. Kocok foundation sebelum digunakan

Cara ketiga untuk mencegah oksidasi adalah mengocok foundation terlebih dahulu sebelum memakainya. Apalagi jika kamu yang memakai foundation cair. Fungsi dari langkah ini adalah agar foundation tercampur dengan baik dan partikel atau bahan di dalamnya tidak terpisah. Dengan cara ini, tentu oksidasi bisa diminimalisir karena foundation bisa menyatu di wajah.

4. Pilih shade 1 tingkat lebih terang

Tips selanjutnya untuk mencegah oksidasi makeup ialah memilih shade foundation satu tingkat lebih terang. Dengan begitu, saat foundation mengalami oksidasi, warna wajah tidak akan terlalu berubah karena akan menyatu dengan warna asli. Tips ini bisa dilakukan jika memang sulit menemukan foundation yang tidak akan mengalami oksidasi, ya.

(harga tertera adalah sebelum diskon)

5. Tap tap dengan tissue

Tips kelima adalah melakukan tap tap dengan tissue. Hal ini dilakukan agar minyak di wajah bisa sedikit terangkat sehingga oksidasi yang terjadi tidak akan terlalu berlebihan. Namun perlu kamu ingat, cara ini tidak dilakukan dengan mengelap wajah menggunakan tissue, ya. Yang perlu kamu lakukan adalah menepuk-nepuk wajah atau dalam bahasa lain disebut teknik blotting. Selain tissue, kamu juga bisa menggunakan kertas minyak untuk mengangkat minyak di wajah. Caranya masih sama yakni dengan menepuk-nepuk wajah.

(harga tertera adalah sebelum diskon)

6. Set dengan bedak tabur

Terakhir ialah menggunakan bedak tabur untuk mengunci makeup yang sudah diaplikasikan. Bedak tabur bisa membuat wajahmu yang semula gelap karena oksidasi menjadi lebih cerah dan tidak kusam. Bedak tabur dengan warna putih tidak akan mengubah warna wajahmu dan hanya mengunci makeup saja. 

(harga tertera adalah sebelum diskon)

Itu tadi beberapa penjelasan tentang apa itu oksidasi, mengapa oksidasi bisa terjadi, hingga beberapa cara mencegah oksidasi terjadi. Di antaranya dengan menggunakan skincare terlebih dahulu, memakai primer, mengocok foundation, dan masih banyak lagi. Dengan begitu, kamu tidak perlu takut terjadi oksidasi. Nah, untuk mendapatkan hasil makeup yang maksimal, pastikan membeli produk-produk tersebut di Watsons Indonesia maupun aplikasi Watsons ID (iOS dan Android OS). Selain lengkap, Watsons juga menyediakan produk yang berkualitas dan original.

Previous

4 Cara Mengetahui Undertone Kulit dengan Mudah

Next

5 Rekomendasi Facewash untuk Kulit Kombinasi

Related Topics
Share
IKUTI KAMI

DAPATKAN UPDATE TERBARU

Footer Payment Logo 20220614
Unduh Aplikasi Watsons ID
Unduh versi iPhone atau Android
A Member of A.S. Watson Group - CK Hutchison Holdings
© Watsons. Hak Cipta Terpelihara
HomeProductPromotionMy AccountMore