Blog Page
📢 Members Free Delivery with min. spend 75KStore locator
WatsonsLoreal ParisMaybellineCetaphilWardah0
Member Promo Makeup Perawatan Kulit Kesehatan Perawatan Tubuh Makanan Watsons Eksklusif All Brands Blog Login / Register
Share

Memilih bedak yang cocok untuk kulit normal memang cukup mudah. Namun, bagi pemilik kulit wajah yang cenderung berminyak, butuh perhatian yang ekstra. Produksi minyak berlebih pada kulit wajah bisa membuat bedak dan riasan lainnya jadi cepat luntur. Alhasil, kamu perlu touch up lebih sering. Apalagi jika bedaknya tidak cocok, malah bisa menyebabkan jerawat! Namun, kamu tak perlu khawatir. Ada beberapa cara serta tips memilih bedak untuk kulit berminyak yang bisa kamu coba! Cari tahu selengkapnya di bawah ini, yuk!

1. Pilih berdasarkan jenis bedak 

Sebum atau minyak yang diproduksi secara normal memiliki fungsi untuk melindungi dan melembapkan kulit. Namun, produksi minyak yang berlebih bisa mengakibatkan wajah tampak kusam dan rentan berjerawat. Agar tidak mengalami hal seperti itu, kamu harus tahu produk bedak untuk kulit berminyak dari segi jenisnya terlebih dahulu.

Ada dua jenis bedak, yaitu padat (compact powder) dan tabur (loose powder). Bedak padat umumnya dipakai untuk ‘mengunci’ foundation yang telah diaplikasikan sebelumnya supaya lebih tahan lama. Terkadang, bedak padat juga dicampur dengan foundation cair untuk bisa menghasilkan look warna kulit yang lebih merata.

Sedangkan, bedak tabur digunakan saat ingin menentukan garis kontur wajah karena bisa menyatu dengan keriput dan garis-garis di kulit. Dengan begitu, hasil riasan pun akan tampak lebih natural. Bedak tabur juga bisa menahan foundation agar lebih tahan lama, seperti bedak padat.

Meskipun begitu, kalau kamu punya kulit yang cenderung berminyak, maka bedak tabur akan lebih cocok buat kamu. Pasalnya, tekstur bedak tabur jauh lebih halus daripada bedak padat. Bedak tabur juga bekerja lebih baik dalam mengontrol dan menyerap minyak, mengandung mineral baik, mudah menyatu pada garis wajah, serta tidak menyumbat pori-pori. 

Namun, kamu masih bisa menggunakan bedak padat asalkan yang berformula oil control atau oil free. Bedak yang berlabel seperti ini pada kemasannya, biasanya punya formula yang lebih aman dan dirancang khusus sebagai bedak untuk kulit berminyak. Jadi, kamu tetap bisa memakai bedak padat karena tingkat coverage-nya lebih tinggi daripada bedak tabur.

2. Perhatikan kandungannya 

Kulit yang berminyak rawan menyebabkan jerawat dan komedo. Oleh sebab itu, pilihlah bedak yang mengandung formula atau bahan khusus yang mampu menahan minyak. Beberapa bahan yang bagus sebagai kandungan bedak untuk kulit berminyak adalah salicylic acid, sulfur, tea tree, dan witch hazel.

Salicylic acid bisa bantu mengeksfoliasi sel kulit mati yang menyumbat pori-pori. Sementara itu, sulfur diklaim mampu mengurangi penumpukan minyak, mengatasi jerawat, tidak menimbulkan reaksi alergi atau iritasi, dan bisa mengurrangi hiperpigmentasi sehingga wajah jadi lebih cerah. Sedangkan, tea tree dan witch hazel bisa mengontrol minyak berlebih. Pastikan juga tidak ada bahan alkohol dan turunan silikon, ya!

3. Pilih yang bertekstur ringan

Selanjutnya, produk yang bertekstur ringan dapat menjadi pilihan terbaik sebagai bedak untuk kulit berminyak kamu. Tekstur yang ringan dan halus bisa membuat bedak menyatu secara baik dengan kulit wajah, hasilnya pun akan tampak natural dan flawless. Namun, yang terpenting adalah bedak bertekstur ringan tidak menyumbat pori-pori dan non-comedogenic sehingga aman untuk kulit kamu yang berminyak.

4. Mampu menyamarkan pori-pori dan noda

Berikutnya, pilihlah bedak untuk kulit berminyak yang juga bisa menyamarkan pori-pori dan noda. Kulit wajah yang berminyak cenderung berpori-pori besar. Agar tampilan riasan kamu sempurna, pilihlah bedak untuk kulit berminyak yang punya coverage bagus dan sesuai dengan kondisi kulit. Kalau kamu terbiasa memakai foundation sebelum bedak, maka pilihlah foundation yang coverage-nya ringan, lalu gunakan bedak dengan coverage medium. Alternatifnya, kamu bisa coba bedak two way cake yang diformulasikan untuk kulit berminyak.

5. Bisa memberi look yang matte

Penting bagi kamu untuk memilih produk bedak yang anti-kilap. Produksi minyak yang lebih aktif di kulit bisa menyebabkan kulit wajah cepat terlihat mengkilap dan cenderung kusam. Maka dari itu, pilihlah bedak untuk kulit berminyak yang matte-finish. Hasil akhir yang matte akan membuat tampilan wajah kamu jadi lebih bersih dan cerah. Sebaiknya hindari bedak yang memberi hasil glowing karena justru bisa membuat kulit wajah kamu terlihat berminyak dan pori-pori besar di wajah semakin terlihat.

6. Sweatproof lebih baik

Hidup di negara beriklim tropis seperti Indonesia, tentu tak bisa menghindar dari yang namanya keringat. Saat cuaca panas, kulit wajah tak hanya memproduksi sebum atau minyak, tetapi juga keringat yang membuat riasan kamu cepat luntur. Maka dari itu, kamu juga sebaiknya memilih bedak yang sweatproof. Bedak yang tahan minyak sekaligus tahan keringat akan membuat riasan kamu semakin paripurna meski cuaca sedang terik.


Terkadang, memilih produk-produk yang cocok untuk kulit berminyak adalah sesuatu yang sulit. Kamu harus melakukan beberapa kali percobaan, produk mana yang paling sesuai dengan kondisi kulitmu. Namun, tak perlu khawatir, Watsons Indonesia menyediakan beragam pilihan bedak untuk kulit berminyak yang terbaik untuk kamu. Saat ini, kamu bisa membeli produk bedak terbaik dari Watsons hanya melalui aplikasi Watsons ID di iOS dan Android OS, lho!

Previous

6 Tren Makeup ala Korea yang Pernah Viral, Apa Saja?

Next

Simpel dan Cantik, Tutorial Make Up Kondangan Tahan Lama

Related Topics
Share
IKUTI KAMI

DAPATKAN UPDATE TERBARU

Footer Payment Logo 20220614
Unduh Aplikasi Watsons ID
Unduh versi iPhone atau Android
A Member of A.S. Watson Group - CK Hutchison Holdings
© Watsons. Hak Cipta Terpelihara
HomeProductPromotionMy AccountMore