Blog Page
📢 Members Free Delivery with min. spend 75KStore locator
WatsonsLoreal ParisMaybellineCetaphilWardah0
Member Promo Makeup Perawatan Kulit Kesehatan Perawatan Tubuh Makanan Watsons Eksklusif All Brands Blog Login / Register
Share

Selain outfit, make up juga harus on-point saat datang ke kondangan. Selain akan tampak bagus di foto, make up yang cantik juga bisa meningkatkan kepercayaan diri pada hari spesial keluarga atau teman tersebut. Biasanya, make up kondangan akan lebih full coverage dan berbeda daripada make up saat hari-hari biasa. Akan tetapi, bagaimana agar make up tersebut bisa tahan lama? Yuk, simak tutorial make up kondangan yang simpel, cantik, dan anti-luntur berikut ini!

1. Gunakan primer 

Agar make up kondangan bertahan lama, bahkan sampai acara selesai sekalipun, kulit kamu harus berada dalam kondisi yang bersih dan lembap terlebih dahulu. Untuk mencegah hasil riasan yang terlalu padat, kamu bisa pakai primer yang sekaligus mengandung moisturizer. Biarkan sejenak dan pastikan primer tersebut menyerap sempurna. Primer ini juga berfungsi untuk memadukan produk make up lainnya dengan sempurna.

Jangan lupa untuk memakai eye primer juga. Eye primer berfungsi sebagai dasar sebelum kamu mengaplikasikan eyeshadow pada mata. Sebagai alternatif, kamu juga bisa pakai eye base gel sebagai pengganti eye primer.

2. Pilih alas bedak yang tepat 

Berikutnya, gunakan foundation atau covering cream sebagai alas bedak. Pastikan kamu memilih foundation yang tahan lama, coverage-nya bagus, dan shade-nya sesuai atau setingkat di atas warna kulit kamu. Kalau tipe kulit kamu berminyak, hindari foundation yang terlalu lengket. Sebaliknya, kalau tipe kulit kamu kering, hindari foundation yang matte.

Untuk make up kondangan, kamu tidak perlu mengaplikasikan foundation banyak-banyak. Sesuaikan dengan coverage yang kamu inginkan. Selain itu, akan lebih baik jika kamu menggunakan foundation tanpa kandungan SPF agar make up look kamu tidak tampak pucat di foto. Jika outfit kondangan kamu berleher pendek, jangan lupa aplikasikan foundation ke leher kamu juga, ya.

Agar make up base kamu lebih paripurna, aplikasikan concealer pada area bawah mata, pipi, dan dahi. Tujuannya adalah untuk menyamarkan noda di kulit sekaligus membuat warna kulit merata.

3. Kunci dengan bedak 

Berikutnya, kunci make up kondangan kamu dengan bedak. Bedak bisa menahan foundation yang telah kamu aplikasikan sebelumnya agar bisa tahan lama. Pilihlah bedak yang sesuai dengan kondisi kulit kamu. Misalnya, jika tipe kulit kamu cenderung oily, maka sebaiknya kamu memakai bedak tabur (loose powder) karena teksturnya lebih ringan dan halus. Jika kulit kamu kering cenderung normal, maka kamu bisa memakai bedak padat (compact powder). Pastikan bedak yang kamu aplikasikan full coverage, namun tidak cakey.

4. Pakai make up mata yang cantik 

Make up mata adalah kunci dari make up kondangan. Mata adalah hal pertama yang dilihat; oleh sebab itu, make up mata kamu harus cantik dan tegas. Aplikasikan eyeshadow ke kelopak mata menggunakan tip atau ujung jari secara perlahan. Pilihlah warna eyeshadow yang tepat. Kamu bisa sesuaikan juga dengan warna baju yang kamu pakai agar senada. Bila kamu cukup mahir untuk mengombinasikan warna, pakailah beberapa warna eyeshadow untuk gradasi; semakin ke tepi semakin gelap warnanya. Kamu juga bisa tambahkan glitter di akhir.

Setelah eyeshadow selesai, rapikan alis mata menggunakan pensil alis warna hitam atau dark brown. Tidak perlu menggambar alis terlalu besar, sesuaikan dengan bentuk alis asli kamu agar tampak lebih tegas. Jika sudah, tambahkan concealer di sekeliling alis agar lebih on point

Berikutnya, buatlah garis mata menggunakan eyeliner. Sesuaikan dengan bentuk mata kamu, ada winged eyeliner, cat-eyes eyeliner, hooded, dan sebagainya. Eksekusi make up mata kamu dengan memakai maskara yang waterproof. Kamu bisa menaikkan bulu mata dengan penjepit terlebih dahulu agar mata semakin cantik.

5. Lakukan contouring 

Jika semuanya sudah selesai, lihatlah lagi hasil make up kondangan kamu di cermin dan perhatikan struktur wajah kamu. Biasanya, setelah make up mata selesai, maka struktur wajah akan terlihat kekurangannya. Gunakan contour untuk memperkuat dan mempertegas struktur wajah kamu. 

Aplikasikan contour berwarna cokelat gelap mengikuti tulang pipi, tulang hidung, dan dagu kamu. Tujuannya adalah agar wajah kamu tampak rata warna kulitnya. Contour juga bisa membuat ilusi agar wajah kamu tampak lebih tirus. 

6. Percantik dengan blush dan lip make up yang tepat

Lastly, buat wajah kamu jadi lebih cerah dan berwarna dengan menggunakan blush on dan lip product. Pilihlah blush on dengan shade yang cerah dan soft agar make up kondangan kamu tampak flawless. Aplikasikan di area pipi mengikuti tulang pipi kamu menggunakan brush. Jika sudah, kamu juga bisa tambahkan highlighter berwarna silver.

Untuk bibir, kamu bisa menggunakan lip product jenis apa pun, baik lip cream, lip stick, lip tint, atau lip velvet. Kamu bahkan bisa mengombinasikannya. Misalnya, kamu menggunakan lip stick atau lip cream warna nude, lalu timpa dengan warna yang lebih cerah di atasnya. Kemudian, di bagian dalam bibir, tambahkan lip tint warna gelap.

Setelah semuanya selesai, kunci make up kamu dengan setting spray agar tahan lama dan tetap lembap.

Semua produk yang disebutkan di atas bisa kamu dapatkan dengan mudah di Watsons Indonesia. Watsons menyediakan banyak pilihan produk make up kondangan, terlengkap dan terbaik. Bahkan, kini kamu bisa belanja lewat aplikasinya yang tersedia iOS dan Android OS!

Previous

Ini Cara Tepat Memilih Bedak untuk Kulit Berminyak

Next

Mengenal Keratin Rambut dan Beragam Manfaatnya

Related Topics
Share
IKUTI KAMI

DAPATKAN UPDATE TERBARU

Footer Payment Logo 20220614
Unduh Aplikasi Watsons ID
Unduh versi iPhone atau Android
A Member of A.S. Watson Group - CK Hutchison Holdings
© Watsons. Hak Cipta Terpelihara
HomeProductPromotionMy AccountMore