Blog Page
📢 Members Free Delivery with min. spend 75KStore locator
WatsonsLoreal ParisMaybellineCetaphilWardah0
Member Promo Makeup Perawatan Kulit Kesehatan Perawatan Tubuh Makanan Watsons Eksklusif All Brands Blog Login / Register
Share

Rambut rontok bisa dialami oleh siapa saja, baik wanita maupun pria. Menurut penelitian, manusia mengalami rambut rontok hingga seratus helai per harinya. Hal ini membuktikan bahwa kerontokan rambut adalah hal yang biasa. Namun, apabila kamu mengalami kerontokan yang parah, sebaiknya segera atasi dengan menggunakan vitamin untuk rambut rontok.

Sama halnya dengan bagian tubuh lain yang memerlukan nutrisi tersendiri untuk merawatnya, rambut juga memerlukan vitamin untuk membuatnya tetap kuat dan sehat agar dapat mengurangi kerusakan seperti kerontokan. Lalu, apa saja nutrisi yang harus ada dalam vitamin untuk rambut rontok? Berikut daftarnya!

1. Zat besi

Salah satu kandungan nutrisi yang harus ada dalam vitamin untuk rambut rontok adalah zat besi. Dilansir dari Halodoc, sel darah merah dalam tubuh membutuhkan zat besi untuk membawa oksigen. Apabila sel darah merah memiliki kadar zat besi rendah, maka dapat menyebabkan anemia defisiensi besi. Gejala yang ditimbulkan seperti kelelahan, kulit pucat, dan rambut rontok. 

Pengidap penyakit kronis, seorang vegetarian atau vegan, dan wanita yang mengalami menstruasi berat memiliki risiko tinggi mengalami zat besi rendah. Dalam kasus vegetarian yang tidak ingin mengonsumsi daging merah, bisa diganti dengan konsumsi sayuran hijau dan kacang polong.

2. Vitamin D

Vitamin D dikenal memiliki peran dalam pertumbuhan rambut. Untuk mendapatkan vitamin D, pastikan kamu terpapar sinar matahari dalam waktu yang cukup. Apabila kamu tidak punya waktu untuk berjemur pagi hari di bawah sinar matahari, maka ada baiknya untuk menyeimbangkan nutrisi melalui makanan seperti ikan berlemak, minyak ikan cod, dan beberapa jenis jamur.

3. Vitamin A, C, Seng, dan Selenium

Sebum atau minyak alami yang dihasilkan oleh vitamin A dan C memiliki peran dalam menjaga rambut tetap sehat, bergizi, dan kinclong. Berdasarkan perannya masing-masing, vitamin A bertugas untuk mencegah rambut mengalami kerusakan, sedangkan vitamin C berperan dalam meningkatkan penyerapan zat besi dan produksi kolagen.

Seng merupakan mineral yang memiliki manfaat untuk meningkatkan produksi minyak baik sesuai dengan jumlah yang diperlukan. Minyak yang melumuri batang rambut inilah yang mencegah kerusakan pada rambut.

Selanjutnya, selenium bertugas untuk mencegah dan membasmi ketombe serta kulit kepala kering dan gatal. Penting kamu ketahui bahwa ketombe pada kulit kepala dapat menghambat pertumbuhan rambut.

4. Zinc

Zinc adalah mineral yang selalu terdapat dalam setiap produk sampo. Kehadiran zinc sangat penting untuk kesehatan dan kekuatan rambut. Sebab, zinc bertugas untuk mengatur sintesis protein dan pembelahan sel. Kamu bisa memenuhi nutrisi zinc dengan mengonsumsi daging, kacang-kacangan, telur, dan susu.

5. Vitamin B kompleks

Vitamin B (B6 & B7) memiliki nutrisi penting untuk merawat rambut rontok. Sebab, kedua vitamin tersebut memiliki tugas untuk melancarkan sirkulasi darah di kulit kepala dan meremajakan folikel rambut.

Kemudian, kandungan B5 juga berfungsi untuk mengurangi kerontokan pada rambut dan penipisan pada rambut. Vitamin untuk rambut rontok ini bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi alpukat, pisang, apel, daging, kacang-kacangan, telur, susu, brokoli, atau bayam.

6. Vitamin E

Nutrisi tubuh yang satu ini juga merupakan nutrisi yang digemari kulit. Sebab, vitamin E memiliki fungsi untuk mengurangi kerusakan akibat radikal bebas dan melindungi sel-sel tubuh. Vitamin E juga membantu meremajakan kulit, peradangan, kerusakan akibat sinar matahari, hingga obat untuk rambut rontok.

7. Asam lemak

Asam lemak yang bisa kamu konsumsi demi memenuhi nutrisi vitamin untuk rambut rontok adalah asam lemak linoleat dan asam lemak arakidonat. Asam linoleat memiliki fungsi untuk menghambat hormon yang dapat merusak folikel rambut seperti mudah patah dan rontok. Sedangkan, asam arakidonat berfungsi untuk meningkatkan pertumbuhan rambut.

Cegah rambut rontok dengan bahan alami

Setelah mengetahui kandungan nutrisi apa saja yang bisa menjadi vitamin untuk rambut rontok, berikut ini adalah bahan-bahan alami yang memiliki kandungan untuk menjaga rambut tetap sehat seperti dilansir dari Kompas:

  • Gel lidah buaya
  • Teh hijau dan daun seledri
  • Minyak zaitun
  • Minyak kelapa
  • Jus bawang merah dan bawang putih
  • Yogurt
  • Minyak rosemary
  • Minyak geranium
  • Sari lemon

Tak perlu meracik bahan-bahan alami tersebut secara manual sebagai vitamin untuk rambut rontok. Kini, sudah tersedia banyak produk vitamin rambut rontok yang mengandung bahan-bahan tersebut. Kamu bisa mendapatkannya dengan mudah di Watsons Indonesia, ya!

Previous

5 Conditioner untuk Meluruskan Rambut Secara Alami Tanpa Catok

Next

6 Rekomendasi Skincare Lokal yang Bagus untuk Hilangkan Bekas Jerawat

Related Topics
Share
IKUTI KAMI

DAPATKAN UPDATE TERBARU

Footer Payment Logo 20220614
Unduh Aplikasi Watsons ID
Unduh versi iPhone atau Android
A Member of A.S. Watson Group - CK Hutchison Holdings
© Watsons. Hak Cipta Terpelihara
HomeProductPromotionMy AccountMore