Blog Page
📢 Members Free Delivery with min. spend 75KStore locator
WatsonsLoreal ParisMaybellineCetaphilWardah0
Member Promo Makeup Perawatan Kulit Kesehatan Perawatan Tubuh Makanan Watsons Eksklusif All Brands Blog Login / Register
Share

Saat ini, salon-salon dan klinik perawatan kecantikan menyediakan keratin treatment atau perawatan keratin yang cukup populer karena bisa meluruskan rambut. Bahkan pada kemasan sampo, kamu juga pernah membaca kandungan keratin sebagai komposisinya, bukan? Sebenarnya, apa itu keratin rambut dan apa manfaatnya? Yuk, cari tahu di bawah ini!


Apa itu keratin rambut?

Keratin adalah komponen protein alami tubuh yang berfungsi membentuk jaringan rambut, kuku, dan gigi. Selain itu, protein ini juga tersebar ke berbagai organ dan kelenjar tubuh lainnya. Keratin berfungsi untuk menjaga rambutmu, terutama kutikulanya, agar tetap kuat serta melindungi lapisan intinya.

Keratin juga bisa memengaruhi jenis rambutmu, entah itu lurus, bergelombang, atau keriting. Protein ini tidak mudah tergores atau robek, tidak seperti sel tubuh lain. Keratin juga dapat ditemukan pada bulu, tanduk, dan wol dari berbagai hewan. Bagian-bagian tubuh hewan tersebut kemudian diolah dan dijadikan produk perawatan rambut. Keratin diyakini sebagai kandungan alami yang bisa memperkuat, menyehatkan, dan menjaga perlindungan rambut.

Ada 54 jenis keratin yang terdapat pada folikel rambut dan seluruh tubuh. Namun, sederhananya, ada dua tipe keratin, yaitu alpha dan beta. Keratin alpha hanya ada pada rambut manusia dan bulu hewan. Keratin ini pun terbagi lagi jadi tipe 1 dan tipe 2.

Tipe 1 adalah keratin yang lebih kecil dan cenderung asam, berfungsi untuk menjaga sel epitel (penghalang antara bagian luar dan dalam tubuh). Sedangkan, keratin tipe 2 berukuran lebih besar dan cenderung netral. Fungsinya adalah mengatur perpaduan keratin tipe 1 dan tipe 2 saat pembentukan protein.

Sementara itu, keratin jenis beta adalah keratin yang bertekstur lebih keras. Jenis keratin seperti ini tidak ditemukan pada manusia, melainkan pada burung dan reptil.


5 Manfaat

Nah, berikut ini adalah manfaat dari keratin untuk kesehatan dan kecantikan penampilan rambutmu.

1. Rambut jadi lebih halus dan lembut

Keratin adalah bahan yang populer dengan khasiatnya untuk membuat rambutmu terasa lebih halus dan lembut. Itu karena keratin rambut bekerja dengan menghaluskan sel-sel pada folikel rambut yang tumpang tindih. Jika folikel rambut tumpang tindih satu sama lain, maka rambut akan terasa kusut, kering, dan susah diatur.

Beberapa riset menunjukkan bahwa penggunaan produk perawatan seperti sampo, kondisioner, serum, atau hair tonic yang mengandung keratin, bisa membuat rambutmu lebih halus dan lembut. Bagi kamu yang memiliki rambut keriting, menggunakan produk keratin juga bisa membuat rambutmu lebih halus sehingga mudah diatur. Keratin juga bisa membuat rambutmu cepat kering seusai keramas, sehingga kamu tak perlu menggunakan hair dryer terlalu lama.

Jika kamu merasa rambut kamu mengembang setelah keramas, bisa jadi itu tanda bahwa kamu butuh keratin rambut. Selain menghaluskan dan melembutkan, keratin juga bisa menciptakan efek rambut yang lebih lurus dan jatuh! Styling jadi lebih mudah, penampilan rambut pun terasa seperti dari salon.

2. Rambut tak mudah rusak

Tak hanya kulit yang punya skin barrier, tetapi juga rambut kamu. Nah, konsep keratin sama dengan skin barrier itu. Protein alami dari keratin bisa melindungi inti rambutmu. Semakin kuat keratinnya, maka semakin terlindungi pula kondisi rambut. Rambut yang keratinnya terjaga, idealnya tidak akan mudah rusak. Ujung-ujung rambut yang bercabang pun akan berkurang.

Keratin juga bisa mencegah rambutmu rontok berlebihan. Batang rambut yang rapuh dan sering patah adalah tanda bahwa rambutmu kekurangan protein keratin. Dengan menggunakan produk-produk keratin rambut, kerontokan akan berkurang drastis karena protein keratin membantu menguatkan batang rambut sehingga tidak mudah patah.

3. Cegah rambut kusam

Keratin juga bisa mencegah kekusaman pada rambutmu, lho! Selain bantu menguatkan dan melindungi rambutmu, keratin mampu menghaluskan kutikula dan memperbaiki area yang rusak. Rambut yang rusak akan tampak kering, kusut, dan kusam. inilah yang kemudian menyulap rambut kamu tampak lebih berkilau. Bye-bye, rambut kusam!

4. Bantu pertumbuhan rambut yang sehat

Rambut yang rusak bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Misalnya, perawatan rambut yang tidak tepat, sering menggunakan catok, paparan sinar UV, polusi, dan sebagainya. Kamu bisa membuat rambutmu jadi lebih sehat dengan menggunakan produk-produk yang mengandung keratin. Perawatan yang tepat dan kandungan yang cukup bisa membantu pertumbuhan rambut kamu lebih cepat dan sehat tentunya.

5. Warna rambut lebih tahan lama 

Nah, bagi kamu yang suka mengeksplorasi rambut dengan mewarnainya, ada kalanya warna rambut cepat luntur padahal masih beberapa hari. Hal ini disebabkan karena kandungan keratin kamu tidak cukup banyak sehingga pigmen warna jadi kurang masuk. Catnya pun akan segera menguning dan memudar. Biasanya, rambut juga akan bercabang.

Keratin bisa menjaga kelembapan rambutmu sehingga membuat warna cat rambut bisa bertahan lebih lama. Selain itu, protein alami dari keratin juga bisa merawat dan menjaga rambutmu dari kekeringan. Jadi, meskipun berkali-kali diwarnai, rambut kamu bisa tetap sehat dan berkilau!


Keratin bisa kamu temukan dalam produk-produk perawatan, seperti sampo, kondisioner, serum, dan sebagainya. Produk-produk ini jauh lebih terjangkau daripada perawatan di salon. Apalagi, kamu bisa melakukannya sendiri di rumah. Dapatkan produk pilihan di Watsons Indonesia! Watsons menyediakan banyak produk perawatan rambut yang mengandung keratin. Kunjungi website atau download aplikasinya di iOS atau Android OS sekarang juga!

Rekomendasi produk-produk terbaik untukmu

Previous

Simpel dan Cantik, Tutorial Make Up Kondangan Tahan Lama

Next

Banjir Voucher Belanja Produk Kecantikan di Watsons 9.9 Super Sale

Related Topics
Share
IKUTI KAMI

DAPATKAN UPDATE TERBARU

Footer Payment Logo 20220614
Unduh Aplikasi Watsons ID
Unduh versi iPhone atau Android
A Member of A.S. Watson Group - CK Hutchison Holdings
© Watsons. Hak Cipta Terpelihara
HomeProductPromotionMy AccountMore