Blog Page
📢 Members Free Delivery with min. spend 75KStore locator
WatsonsLoreal ParisMaybellineCetaphilWardah0
Member Promo Makeup Perawatan Kulit Kesehatan Perawatan Tubuh Makanan Watsons Eksklusif All Brands Blog Login / Register
Share

Watsons Friends yang sudah atau akan segera menjadi seorang ibu, apakah kamu mengalami masalah rambut rontok saat hamil? Sebenarnya, hal ini lumrah terjadi. Apalagi sekitar 40-50% ibu hamil pasti mengalami kerontokan rambut. Meskipun terdengar wajar, permasalahan ini bisa saja mengganggu bagi beberapa orang. Apalagi jika kerontokan rambut terasa sangat parah dan membuat tingkat kepercayaan diri kamu terganggu. Ada beberapa penyebab rambut rontok saat hamil yang perlu kamu ketahui supaya kamu bisa mengatasi penyebabnya dengan cara yang tepat. Cari tahu, yuk, apa saja penyebab rambut rontok saat hamil di bawah ini!


Penyebab rambut rontok saat hamil

Ada beberapa penyebab mengapa kamu mengalami rambut rontok saat sedang hamil. Meskipun sering terjadi, bisa jadi ada penyebab yang harus kamu beri perhatian lebih. Apa saja penyebabnya? Simak uraian berikut!

1. Hormon

Penyebab pertama terjadinya rontok saat hamil adalah perubahan hormon. Ketika mengandung, hormon mengalami perubahan yang signifikan dan menyebabkan rambut lebih mudah rontok. umumnya, kamu akan mengalami kerontokan rambut saat memasuki masa kehamilan pada satu hingga lima bulan.

2. Kurang nutrisi

Penyebab rambut rontok yang kedua adalah kurangnya asupan nutrisi ibu hamil. Ketika hamil, kamu perlu meningkatkan jumlah nutrisi dan vitamin. Asupan yang cukup bisa membuat badan kita bekerja secara normal dan tidak mengalami gangguan apa pun. Nah, ketika hamil, bayi yang ada di dalam perut juga akan membutuhkan nutrisi tepat agar bisa tumbuh dengan sehat. Maka dari itu, kamu perlu meningkatkan asupan nutrisi dan vitamin yang berguna bagi produksi sel-sel dalam tubuh.

3. Masalah kesehatan

Terakhir adalah adanya masalah kesehatan. Penyebab yang satu ini perlu kamu perhatikan baik-baik. Seandainya kamu memiliki masalah diabetes, depresi, cemas, atau terinfeksi jamur, hal-hal tersebut bisa memengaruhi pertumbuhan rambut ketika hamil, apalagi jika hormon estrogen dan tiroid dalam tubuh juga tidak seimbang. Kalau kerontokan rambut yang kamu alami disertai gejala lainnya, segera konsultasikan dengan dokter, ya! 


Cara atasi rambut rontok saat hamil

Nah, setelah memahami apa saja penyebab terjadinya kerontokan rambut saat hamil, berikut ini beberapa cara untuk mengatasinya. Tidak sulit untuk diterapkan, kok!

1. Hindari menguncir rambut terlalu sering

Cara pertama untuk mengatasi rambut rontok saat hamil adalah dengan tidak menguncir rambut terlalu sering. Bagi kamu yang memiliki rambut panjang, mungkin akan sangat terganggu bila rambut dibiarkan terurai terlalu lama, apalagi cuaca di Indonesia cenderung panas sehingga mudah membuat kita merasa gerah. Meskipun demikian, hindari mengikat rambut terlalu lama maupun terlalu sering. Pasalnya, mengikat rambut bisa meningkatkan risiko rambut mudah patah.

2. Perbanyak konsumsi sayur dan buah

Bagi yang mengalami kerontokan rambut akibat kurang asupan nutrisi, kamu bisa mengatasinya dengan memperbanyak konsumsi buah dan sayur. Buah dan sayur memiliki kandungan yang kaya akan antioksidan serta flavonoid. Tak hanya itu, buah serta sayur mayur juga dilengkapi nutrisi yang bisa memperkuat pertumbuhan rambut serta melindungi folikel rambutmu. Bila perlu, konsumsi juga suplemen khusus nutrisi ibu hamil.

(harga tertera adalah sebelum diskon)

3. Kurangi perawatan rambut yang berpotensi merusak rambut

Selanjutnya adalah mengurangi perawatan rambut. Misalnya, kamu sering menggunakan hairdryer untuk mengeringkan rambut yang basah. Nah, kebiasaan ini bisa kamu ubah dengan cara membiarkan rambut kering secara natural atau dengan menepuk-nepuknya perlahan menggunakan handuk secara lembut. 

Jangan biarkan rambut terkena paparan panas terlalu lama dari alat perawatan rambut. Masalahnya, panas yang dihasilkan bisa membuat rambut kering dan mudah patah. Selain itu, hindari juga mewarnai rambut saat sedang hamil. Bahan kimia yang terdapat dalam cat rambut bisa mengganggu pertumbuhan rambut serta berisiko bagi janin.

4. Pilih sampo yang tepat 

Cara terakhir mengatasi rambut rontok saat hamil adalah dengan memilih sampo yang tepat. Pakailah sampo yang dirancang untuk mengatasi rambut rontok. Perhatikan pula kandungannya agar tidak mengiritasi kulit kepalamu. Pilihlan produk yang mengandung silika dan biotin karena kedua bahan tersebut dianggap baik untuk atasi rambut rontok. (Konsultasikan dulu dengan doktermu, ya!)

(harga tertera adalah sebelum diskon)
(harga tertera adalah sebelum diskon)

Bagi kamu yang membutuhkan sampo anti rambut rontok, bisa membelinya di Watsons Indonesia dan aplikasi Watsons ID, ya! Di Watsons, kamu bisa memilih sampo terbaik dari berbagai pilihan yang ada. Sesuaikan kebutuhan kamu untuk mengatasi rambut rontok saat hamil. Yuk, beli sekarang!

Previous

Tips Memilih Make Up untuk Kulit Kuning Langsat

Next

Benarkah Tea Tree Oil adalah Bahan Skincare Sarat Manfaat?

Related Topics
Share
IKUTI KAMI

DAPATKAN UPDATE TERBARU

Footer Payment Logo 20220614
Unduh Aplikasi Watsons ID
Unduh versi iPhone atau Android
A Member of A.S. Watson Group - CK Hutchison Holdings
© Watsons. Hak Cipta Terpelihara
HomeProductPromotionMy AccountMore