Blog Page
📢 Members Free Delivery with min. spend 75KStore locator
WatsonsLoreal ParisMaybellineCetaphilWardah0
Member Promo Makeup Perawatan Kulit Kesehatan Perawatan Tubuh Makanan Watsons Eksklusif All Brands Blog Login / Register
Share

Ada banyak masalah kulit yang sering kita hadapi, mulai dari kusam, jerawat, bruntusan, hingga komedo. Berbagai jenis masalah kulit ini membutuhkan skincare yang tepat sesuai dengan masing-masing permasalahan. Salah satu skincare yang ampuh untuk membantu mengatasi masalah kulit adalah serum. Dalam pemakaiannya sendiri, ada yang dinamakan dengan layering serum, yaitu menggunakan beberapa serum dalam satu waktu. Bagaimana cara layering serum yang tepat?


Sekilas tentang Layering Serum

Tentu ada banyak dari kamu yang masih bingung dengan teknik ini. Jadi, di pasaran ada banyak serum dengan kandungan dan fungsinya masing-masing. Misalnya serum dengan kandungan retinol, kandungan vitamin C, dan masih banyak lagi. 

Nah, kandungan-kandungan ini memiliki fungsi yang berbeda sehingga tidak bisa menyembuhkan semua masalah kulit hanya dengan satu serum saja. Karena itu, kamu bisa menggunakan layering serum sebagai solusi. Namun, layering serum sendiri tidak bisa asal-asalan karena jika salah justru bisa memperparah kondisi. Untuk itu, ini tipsnya yang bisa kamu coba terapkan!


1. Sebaiknya Gunakan Maksimal 3 Serum Saja 

Anggapan “semakin banyak serum, maka semakin maksimal fungsinya” sebetulnya kurang tepat. Memang, kamu bisa memakai lebih dari satu serum dalam satu waktu, tapi sebaiknya batasi  maksimal tiga serum saja untuk kulitmu. Terlalu banyak serum justru bisa mengurangi efektivitas dari serum itu sendiri. Sebaiknya, pilih serum multifungsi yang mampu mengatasi banyak masalah, kemudian lengkapi dengan serum lain.

2. Perhatikan Kandungan dalam Masing-Masing Serum

Cara layering serum yang kedua adalah melihat kandungan dalam masing-masing serum. Pasalnya, tidak semua serum bisa digabungkan dengan serum-serum lainnya. Misanya, serum dengan kandungan retinol, vitamin C, niacinamide, hingga AHA/BHA tidak dianjurkan untuk dipakai bersamaan. Jika dipakai bersamaan, kulit kamu justru berisiko iritasi atau bisa juga fungsi dan kerja serum menjadi tidak optimal.

Rekomendasi produk untuk layering serum terbaik

(harga tertera adalah sebelum diskon)

3. Mulai Pakai Serum dari yang Teksturnya Paling Ringan 

Sudah menentukan tiga serum yang mau kamu gunakan? Sekarang saatnya memperhatikan tekstur dari serum-serum tersebut. Coba teteskan sedikit masing-masing serum di tangan, kemudian rasakan mana tekstur serum yang paling ringan, sedang, hingga paling kental. Jika sudah, aplikasikan serum mulai dari yang paling ringan hingga yang berat. Ini dilakukan agar serum lebih mudah terserap oleh kulitmu.

4. Kasih Jeda Waktu agar Serum Terserap Maksimal

Tips yang tak kalah penting adalah beri jeda waktu antara satu serum ke serum berikutnya. Ini dilakukan agar serum terserap oleh kulit secara maksimal. Kamu bisa meberikan jeda sekitar 30 hingga 60 detik. Jika tidak diberi jeda, serum justru menumpuk di permukaan kulit dan tidak bisa terserap optimal. Tentu kamu tidak mau hal ini terjadi, bukan?

5. Sebaiknya Lakukan saat Malam Hari

Cara layering serum yang selanjutnya adalah usahakan untuk menggunakan teknik ini pada malam hari. Saat malam hari, kulit dalam kondisi pemulihan diri. Dengan begitu, setiap serum yang kamu aplikasikan akan bekerja secara lebih maksimal. Kamu bisa mengaplikasikannya sebelum tidur, ya.

6. Kunci Serum dengan Moisturizer

Terakhir tapi tak kalah penting dalam cara layering serum adalah mengikatnya memakai moisturizer agar fungsi serum terkunci dan bekerja secara maksimal. Selain mengunci serum, pelembap juga sangat penting untuk skin barrier dan menjaga kelembapan kulit kamu

Tentunya penggunaan moisturizer juga wajib disesuaikan dengan kondisi kulit, ya. Misalnya, bagi yang punya kulit wajah berminyak, kamu bisa pakai moisturizer bertekstur watery agar tidak terasa “berat” pada wajah. Sebaliknya, kamu yang punya kulit wajah kering bisa menggunakan moisturizer bertekstur krim.


Nah, itu tadi penjelasan singkat seputar cara layering serum buat kamu yang belum pernah coba. Selalu ingat kalau layering serum tidak bisa dilakukan sembarangan, ya. Ada berbagai tips yang harus diperhatikan agar serum bisa bekerja optimal.

Jika sudah memahami konsep layering serum ini, kamu bisa mulai mencari serum yang cocok dan paling kamu butuhkan untuk kulit wajah. Misalnya serum khusus untuk penuaan dini, serum untuk jerawat aktif, hingga serum untuk mencerahkan kulit. Apa pun jenis serum yang kamu butuhkan tersebut, kamu bisa mendapatkan semuanya di Watsons Indonesia maupun aplikasi Watsons ID (iOS dan Android OS)!

Previous

Wajib Tahu, Cara Cepat Menyembuhkan Hidung Tersumbat

Next

Bisakah Menghilangkan Karang Gigi Sendiri di Rumah?

Related Topics
Share
IKUTI KAMI

DAPATKAN UPDATE TERBARU

Footer Payment Logo 20220614
Unduh Aplikasi Watsons ID
Unduh versi iPhone atau Android
A Member of A.S. Watson Group - CK Hutchison Holdings
© Watsons. Hak Cipta Terpelihara
HomeProductPromotionMy AccountMore