Blog Page
📢 Members Free Delivery with min. spend 75KStore locator
WatsonsLoreal ParisMaybellineCetaphilWardah0
Member Promo Makeup Perawatan Kulit Kesehatan Perawatan Tubuh Makanan Watsons Eksklusif All Brands Blog Login / Register
Share

Spirulina menjadi salah satu kandungan yang banyak dibicarakan akhir-akhir ini. Kandungan yang satu ini disebut-sebut bagus untuk menjaga kesehatan kulit wajah, bahkan mampu mencegah penuaan dini. Benarkah demikian? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, yuk cari tahu apa saja khasiat masker spirulina pada kulit wajah dalam ulasan berikut ini!

Mengenal apa itu spirulina

Spirulina sebenarnya merupakan tumbuhan ganggang berwarna hijau kebiru-biruan yang hidup di air tawar dan asin. Tumbuhan ini masuk dalam kelompok cyanobacteria.

Manfaat spirulina sendiri sudah diketahui sejak lama. Dahulu, bangsa Aztec yang hidup di wilayah Amerika Tengah rutin mengonsumsi spirulina dari Danau Texcoco karena dianggap menyehatkan. Faktanya, spirulina memang memiliki nutrisi yang baik untuk tubuh karena mengandung asam amino, lemak omega 3, protein, vitamin B, hingga zat besi.

Selain baik untuk kesehatan tubuh, spirulina yang diolah menjadi bubuk masker pun ternyata punya banyak manfaat kecantikan. Kamu bisa cari tahu apa saja khasiat masker spirulina pada poin pembahasan selanjutnya. So, stay tune, ya!

Khasiat masker spirulina untuk wajah

Spirulina yang diolah menjadi masker ternyata punya banyak manfaat untuk kesehatan kulit wajah. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dari masker spirulina:

1. Mengencangkan kulit wajah

Seperti yang sudah disebutkan, spirulina kaya akan asam amino. Asam amino adalah salah satu jenis protein yang dapat merangsang produksi kolagen pada kulit. Saat produksi kolagen pada kulit meningkat, maka tingkat elastisitas kulit pun ikut meningkat. Hasilnya, kulit pun akan terasa kenyal dan kencang.

Lebih lanjut, spirulina ternyata juga mengandung glycine serta proline. Glycine baik untuk regenerasi sel-sel kulit yang rusak agar cepat digantikan dengan sel-sel baru. Sedangkan, proline mendukung metabolisme protein dalam tubuh sehingga proses penyembuhan kulit pun menjadi lebih cepat.

2. Bantu mencegah penuaan dini

Kamu mulai menemukan gejala-gejala penuaan dini seperti flek hitam dan kerutan? Masker spirulina bisa jadi solusi ampuh. Ini karena spirulina punya efek anti-aging sekaligus anti-inflammatory yang berasal dari senyawa antioksidan di dalamnya.

Khasiat masker spirulina ini datang dari zat yang membuat spirulina berwarna hijau kebiru-biruan, yaitu phycocyanin. Selain memberikan warna, ternyata phycocyanin juga merupakan bahan aktif yang dapat melawan radikal bebas. Jadi, saat dijadikan masker wajah, spirulina dapat mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini.

3. Mencegah dan mengobati jerawat

Efek anti-inflammatory yang dimiliki spirulina ternyata juga efektif untuk mengobati jerawat. Dengan adanya efek tersebut, jerawat yang ada pada kulit tidak akan meradang atau bertambah parah. Penggunaan masker spirulina secara rutin pada wajah berjerawat akan meredakan kemerahan dan rasa perih yang disebabkan peradangan.

Bukan hanya itu, spirulina juga punya kandungan anti-bakteri. Seperti yang sudah kamu ketahui, bakteri adalah salah satu penyebab utama munculnya jerawat. Dengan sifat anti-bakterinya, khasiat masker spirulina pun mampu mencegah jerawat datang kembali.

4. Mencerahkan kulit wajah

Polusi udara dan paparan sinar matahari yang tinggi radikal bebas bisa membuat kulit wajah mudah kusam. Untuk mengatasinya, kamu perlu produk yang memiliki kandungan senyawa antioksidan. Senyawa antioksidan akan membasmi radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh sehingga kulit pun tetap sehat.

Nah, senyawa antioksidan tersebut bisa kamu dapatkan dari spirulina. Gunakan masker spirulina secara teratur sebelum pergi tidur. Dengan pemakaian teratur, masker spirulina akan membuat kulit wajah tampak lebih cerah dan sehat.

5. Mendukung regenerasi kulit

Salah satu penyebab timbulnya masalah pada kulit wajah adalah proses regenerasi sel-sel kulit yang terhambat. Saat regenerasi sel terhambat, sel-sel kulit yang sudah mati akan menumpuk pada permukaan kulit. Sementara itu, sel-sel baru pun tidak akan muncul karena terhalangi sel-sel lama yang masih tertinggal pada kulit.

Untuk mendukung proses regenerasi kulit, kamu bisa menggunakan produk skincare yang memiliki exfoliator agent. Spirulina adalah salah satunya. Dengan adanya exfoliator agent, maka sel-sel kulit mati akan terangkat dan sel-sel baru bisa segera muncul. Kulit wajah pun kembali terlihat segar.

6. Mencegah infeksi jamur candida

Jamur candida adalah jenis jamur yang menimbulkan ruam-ruam gatal dan kulit kering. Sebenarnya, jamur candida memang hidup pada beberapa bagian tubuh manusia. Namun, jika pertumbuhannya tidak terkontrol, bisa menyebabkan infeksi yang mengganggu.

Untuk mencegah infeksi kulit yang disebabkan jamur candida, kamu bisa menggunakan masker spirulina. Ini karena khasiat masker spirulina tak terlepas dari kandungan anti-fungal. Penggunaan masker spirulina secara rutin akan mencegah munculnya infeksi pada kulit yang disebabkan candida.

Ternyata khasiat masker spirulina untuk kecantikan ada banyak sekali, ya! Untuk mendapatkan manfaat optimal dari spirulina, sebaiknya gunakan masker secara rutin 1-2 kali dalam seminggu. Kamu juga bisa mengonsumsi suplemen spirulina seperti Wellness Organic Spirulina untuk menjaga kesehatan tubuh. 

Wellness Organic Spirulina - khasiat masker spirulina
Welness Organic Spirulina
Previous

6 Rekomendasi Masker untuk Hilangkan Komedo

Next

5 Pelembap Wajah Kulit Kering di Bawah Rp300 Ribu

Related Topics
Share
IKUTI KAMI

DAPATKAN UPDATE TERBARU

Footer Payment Logo 20220614
Unduh Aplikasi Watsons ID
Unduh versi iPhone atau Android
A Member of A.S. Watson Group - CK Hutchison Holdings
© Watsons. Hak Cipta Terpelihara
HomeProductPromotionMy AccountMore