Blog Page
📢 Members Free Delivery with min. spend 75KStore locator
WatsonsLoreal ParisMaybellineCetaphilWardah0
Member Promo Makeup Perawatan Kulit Kesehatan Perawatan Tubuh Makanan Watsons Eksklusif All Brands Blog Login / Register
Share

Memilih skincare yang tepat sering menjadi persoalan tersendiri, apalagi bagi ibu hamil yang mungkin mengalami beberapa masalah kulit. Sebagian bahan skincare memiliki kandungan yang dapat berisiko bagi kehamilan, sehingga kamu harus lebih berhati-hati dalam memilih skincare untuk ibu hamil.

Masalah kulit yang sering dialami oleh ibu hamil biasanya berupa kulit kering, berminyak, jerawat, hingga stretch mark. Demi mengatasi permasalahan tersebut, terapkan beberapa tips berikut ini dalam memilih skincare untuk ibu hamil.

1| Jangan telan mentah-mentah review influencer

Tips pertama yang harus kamu lakukan dalam memilih skincare untuk ibu hamil adalah tidak asal menerima saran dari influencer. Kamu harus menyadari bahwa kulit setiap orang berbeda-beda. Suatu produk skincare bisa jadi cocok dengannya, tapi tidak denganmu. Apalagi kalau influencer yang me-review skincare tersebut tidak memiliki latar belakang seorang tenaga kesehatan.

Sebaiknya, konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter kulit sebelum kamu memutuskan untuk menggunakan produk skincare yang kamu pilih. Dengan begitu, kesehatan ibu hamil dam si kecil dalam kandungan pun tetap terlindungi.

2| Hindari golongan skincare derivat

Kandungan derivat sangat berbahaya untuk kulit ibu hamil, sebab bisa menyebabkan kecacatan pada janin dan keguguran. Skincare yang memiliki kandungan derivat di antaranya vitamin A, retinol, tretinoin, isotretinoin, salicylic acid (BHA), benzoil peroxyde, soy, PABA, rhodamin, benzophenone-3, merkuri, dan hydroquinone. Oleh sebab itu, hindari skincare dengan kandungan tersebut jika kamu menggunakannya selama masa hamil, ya!

3| Pilih skincare yang tanpa alkohol

Sebaiknya, ibu hamil menghindari penggunaan skincare yang memiliki kandungan alkohol. Sebab, kandungan alkohol pada skincare dapat membuat kulit ibu hamil menjadi kering, iritasi, hingga kemerahan.

Bagi ibu hamil yang mencari pembersih wajah, beberapa rekomendasinya bisa menggunakan Cetaphil Gentle Skin Cleanser dan NIVEA Micellair Pearl White. Kedua face wash ini memiliki kandungan yang gentle dan tentunya tidak mengandung alkohol, sehingga relatif aman dipakai ibu hamil maupun menyusui.

4| Pakai skincare yang mengandung vitamin E

Saat memilih skincare untuk ibu hamil, pastikan terdapat kandungan vitamin E di dalamnya. Kandungan tersebut bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit dengan memperbaiki sel kulit yang rusak sekaligus mencerahkan. Selain menjaga kesehatan kulit, vitamin E juga bisa membantu menyamarkan stretch mark pada paha, perut, dan payudara.

5| Gunakan pelembap untuk atasi stretch mark

Salah satu masalah kulit pada ibu hamil adalah stretch mark yang muncul di bagian tubuh tertentu. Hal tersebut disebabkan oleh kolagen dan elastin yang pecah. Stretch mark inilah yang dapat merusak lapisan kulit sehingga kamu perlu menggunakan krim pelembap untuk meningkatkan produksi kolagen pada kulit.

Salah satu produk yang dikenal ampuh menghilangkan stretch mark adalah Bio Oil. Produk ini terbukti ampuh dalam mengatasi stretch mark di sekitar paha, bokong, perut, dan payudara. Selain stretch mark, Bio Oil juga mampu membantu menyamarkan bekas luka dan kulit bersisik. 

6| Atasi kulit kering dengan skincare berbahan cocoa butter

Tips skincare untuk ibu hamil selanjutnya adalah dengan menggunakan produk skincare yang berbahan cocoa butter. Cocoa butter merupakan jenis lemak yang berasal dari biji kakao atau cokelat. Biasanya, produk ini tersedia dalam bentuk minyak.

Cocoa butter memiliki kandungan asam lemak tinggi yang dapat melembapkan dan memberi nutrisi pada kulit sehingga kulit kamu akan terasa lebih kenyal. Selain itu, cocoa butter juga memiliki kandungan vitamin E yang sangat baik untuk kulit, seperti disebutkan di atas.

Setelah menyimak tips skincare untuk ibu hamil tersebut, kamu tidak perlu takut lagi untuk menggunakan skincare. Tips tersebut bisa membantu ibu hamil memilih skincare yang aman untuk kulitnya dan juga kondisi bayi dalam kandungan. Penasaran dengan produk yang disarankan? Kamu bisa menemukannya di Watsons, gerai kesehatan dan kecantikan dengan berbagai macam pilihan produk!

Previous

Tidak Perlu Merasa Insecure, Kenali “Cantik” Versi Dirimu

Next

4 Rekomendasi Skincare Korea untuk Flek Hitam

Related Topics
Share
IKUTI KAMI

DAPATKAN UPDATE TERBARU

Footer Payment Logo 20220614
Unduh Aplikasi Watsons ID
Unduh versi iPhone atau Android
A Member of A.S. Watson Group - CK Hutchison Holdings
© Watsons. Hak Cipta Terpelihara
HomeProductPromotionMy AccountMore