Blog Page
📢 Members Free Delivery with min. spend 75KStore locator
WatsonsLoreal ParisMaybellineCetaphilWardah0
Member Promo Makeup Perawatan Kulit Kesehatan Perawatan Tubuh Makanan Watsons Eksklusif All Brands Blog Login / Register
Share

Kulit kering umumnya terjadi pada bagian tubuh tertentu seperti kaki dan tangan. Kondisi ini dapat disebabkan oleh banyak hal, mulai dari faktor usia, pemakaian produk tertentu, hingga berbagai jenis faktor penyebab lainnya. Kondisi kulit yang kering dan rusak akibat kurangnya kelembapan pada bagian epidermis ini sudah tentu harus dirawat dengan segera. Perawatan untuk kulit kering sendiri bisa dilakukan secara mandiri di rumah. Agar kondisi kulit tidak semakin rusak dan bertambah parah, yuk simak tujuh cara mengatasi kulit kering yang dapat kamu lakukan secara mandiri!

1. Gunakan pelembab secara rutin

Kondisi kulit yang kering akibat kurangnya kelembapan pada kulit tentu dapat diatasi dengan cara mengaplikasikan pelembap secara rutin. Pengaplikasian pelembap ini penting agar lapisan atas kulitmu menjadi terlindungi secara maksimal. Fungsi utama pelembap yang dapat mengunci kelembapan kulit membuat kulitmu menjadi lebih lembut dan sehat.

Untuk waktu pengaplikasiannya sendiri, kamu dapat menggunakan pelembap sehabis mandi karena pada saat tersebut, kondisi kulitmu masih ada dalam tahap “setengah lembap”, sehingga produk pelembap bisa lebih mudah menyerap dan membuat kulitmu menjadi terhidrasi dengan baik.

2. Minum air yang cukup

Kebutuhan air dalam tubuh sangatlah besar. Jika kebutuhan tersebut tidak tercukupi secara maksimal, maka hal tersebut akan berdampak pada kondisi tubuh. Selain menjadi lebih sering mengantuk, kurangnya asupan air dalam tubuh juga dapat memengaruhi kondisi kulit. Akibatnya, kulit menjadi kering, bersisik, dan bahkan dapat menimbulkan garis pada kulit serta kerutan.

Kebutuhan air yang besar ini perlu dipenuhi dengan cara membiasakan diri untuk minum air yang cukup. Dengan begitu, kulit akan menjadi lebih terhidrasi, lembap, dan sudah tentu mampu mencegah kondisi kulit untuk menjadi kering. Itulah mengapa jika kamu memiliki masalah dengan kondisi kulit yang kering, kamu harus pastikan kalau kebutuhan cairan dalam tubuhmu terpenuhi dengan baik, ya!

3. Pakai tabir surya atau sunscreen

Paparan sinar UV sering kali menjadi penyebab utama yang membuat kondisi kulit menjadi kering. Itulah mengapa cara mengatasi kulit kering yang tepat dapat dilakukan dengan rutin memakai tabir surya atau sunscreen. Aplikasikan sunscreen secara rutin agar dapat memberikan perlindungan maksimal, terutama ketika kamu tengah melakukan banyak aktivitas di luar ruangan.

Penggunaan sunscreen ini dapat membantu kamu dalam mencegah keringnya kulit yang diakibatan oleh paparan sinar matahari. Dalam memilih sunscreen untuk mengatasi kulit kering, kamu perlu memperhatikan kandungan SPF-nya ya!

4. Konsumsi makanan sehat

Gaya hidup yang meliputi kebiasaan dan pola makan pun dapat memberikan pengaruh yang tidak sedikit bagi kulitmu. Itulah mengapa cara mengatasi kulit kering selanjutnya dapat kamu lakukan dengan memperhatikan pola makan dan jenis makanan yang kamu konsumsi.

Dengan mengonsumsi makanan yang sehat, kamu akan mampu menjaga kondisi kulit agar tetap lembap dan kenyal. Penuhi asupan vitamin, mineral, dan juga zat gizi lainnya agar dapat membantu menjaga kelembapan kulitmu.

5. Jangan mandi dengan air panas terlalu lama

Mandi dengan air panas memang terasa menenangkan. Akan tetapi, kamu perlu tahu kalau terlalu lama mandi dengan air panas dapat menyebabkan kondisi kulit menjadi semakin kering. Itulah mengapa untuk mencegah kondisi tersebut, kamu disarankan untuk membatasi waktu mandi dengan air panas yang dapat mengangkat minyak alami dalam kulit.

Selain itu, ketika mandi dengan air panas, kamu harus memperhatikan suhu air yang digunakan. Jangan sampai kamu menggunakan air yang terlalu panas karena bisa membuat kulitmu mengalami iritasi, terlebih jika kulitmu termasuk sensitif.

6. Bersihkan kulit secara halus

Kamu perlu tahu bahwa kondisi kulit yang kering biasanya sangat sensitif sehingga rentan terluka. Nah, cara mengatasi kulit kering yang tepat adalah dengan membersihkan kulit secara perlahan. Selain itu, kamu pun perlu memperhatikan produk yang digunakan untuk membersihkan diri, jangan sampai kamu memakai produk dengan kandungan bahan yang tidak baik untuk kulit kering dan sensitif.

7. Oleskan lidah buaya

Mengoleskan lidah buaya dapat menjadi cara mengatasi kulit kering yang dapat kamu lakukan secara mandiri juga. Selain dapat membantu meredakan kondisi kulit yang terbakar sinar matahari, kandungan dalam lidah buaya juga dapat digunakan untuk mengatasi kulit yang kering. Penggunaan lidah buaya untuk kulitmu dapat membantu memperbaiki tekstur kulit sehingga kulitmu menjadi lebih lembap dan lembut.


Agar kondisi kulit senantiasa terjaga kelembapannya, kamu pun dapat mengaplikasikan produk skincare dengan teratur. Berbagai produk perawatan untuk mengatasi kulit kering secara mandiri ini bisa kamu beli langsung di Watsons Indonesia, ya!

Previous

Fungal Acne: Ciri-Ciri, Gejala, dan Penyebabnya

Next

Penyebab Jerawat Punggung dan Cara Ampuh Menghilangkannya

Related Topics
Share
IKUTI KAMI

DAPATKAN UPDATE TERBARU

Footer Payment Logo 20220614
Unduh Aplikasi Watsons ID
Unduh versi iPhone atau Android
A Member of A.S. Watson Group - CK Hutchison Holdings
© Watsons. Hak Cipta Terpelihara
HomeProductPromotionMy AccountMore