Blog Page
📢 Members Free Delivery with min. spend 75KStore locator
WatsonsLoreal ParisMaybellineCetaphilWardah0
Member Promo Makeup Perawatan Kulit Kesehatan Perawatan Tubuh Makanan Watsons Eksklusif All Brands Blog Login / Register
Share

Semua jenis kulit, baik normal, kering, atau berminyak, dapat terlihat mempunyai pori-pori besar dan terbuka. Pori-pori besar pada wajah bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari tingkat produksi minyak (sebum) yang tinggi, folikel rambut tebal, genetik atau keturunan, berkurangnya produksi kolagen di kulit karena penuaan, hingga kerusakan akibat paparan sinar matahari yang berlebihan. Memiliki pori-pori besar dapat mengurangi kepercayaan diri karena kulit terlihat kusam, terutama apabila tersumbat oleh minyak, bakteri kotoran, atau sel kulit mati. Buat kamu yang ingin mengecilkan pori-pori wajah untuk dapat kulit mulus, simak yuk, tujuh cara berikut!

1. Double cleansing wajib hukumnya!

Cara mengecilkan pori-pori wajah yang pertama adalah melakukan double cleansing. Metode ini mewajibkanmu membersihkan wajah dengan dua step atau dua produk. Pertama dengan menggunakan produk oil-based cleanser atau micellar water untuk mengangkat makeup. Kedua dengan menggunakan produk water-based cleanser yang mampu membersihkan kulit lebih dalam.

Double cleansing dapat menjaga kebersihan pori-pori dari minyak berlebih. Karenanya, usahakan kamu hanya memakai produk berlabel oil-free atau non-comedogenic yang tidak menyumbat pori-pori, ya!

2. Jangan skip pelembap dan sunscreen

Produk pelembap penting untuk hidrasi kulit yang seimbang dan mengurangi tampilan kulit yang berminyak. Untuk pori-pori besar, gunakanlah pelembap non-comedogenic berbahan dasar air yang ringan dan tidak menyumbat pori-pori. Pelembap ini membantu mengecilkan ukuran pori-pori, membuat kulit lebih muda dan kencang, serta mengurangi jerawat, noda, dan komedo.

Selain pelembap, kamu juga tidak boleh skip penggunaan sunscreen. Tanpa sunscreen, radikal bebas dapat menembus jauh ke dalam sel dan merusak kemampuannya untuk mengecilkan pori-pori. Melindungi kulit dari sinar matahari wajib hukumnya agar tidak kehilangan elastin dan kolagen. Karenanya, gunakan sunscreen dengan SPF minimal 30 dalam rutinitas perawatan kulit pagi harimu. 

3. Rutin eksfoliasi kulit wajah

Membersihkan pori-pori dari sel kulit mati dan minyak berlebih membantu pori-pori tampak lebih kecil. Rutin eksfoliasi kulit wajah dengan bahan kimia (chemical peeling) seperti asam alfa atau beta hidroksi (AHA atau BHA) dapat menghilangkan lapisan atas sel kulit mati. Asam hidroksi dapat membuka pori-pori dan meningkatkan produksi kolagen. Kamu bisa gunakan asam glikolat, asam salisilat, dan produk perawatan kulit harian yang mengandung asam ini dalam dosis lebih kecil.

4. Bisa juga clay mask 1-2 kali seminggu

Clay mask adalah produk kecantikan populer yang digunakan untuk membantu membersihkan, menghaluskan, dan mencerahkan kulit. Penggunaan clay mask populer bagi pemilik kulit berminyak atau berjerawat, biasanya digunakan untuk mengurangi minyak berlebih di wajah dan menghilangkan kotoran yang menyumbat pori-pori. Menggunakan clay mask 1-2 kali seminggu dapat mengecilkan pori-pori dengan cara mengelola kelebihan minyak pada kulit wajah. Pastikan saja kamu tidak menggunakan clay mask bersamaan dengan eksfoliasi, ya.

5. Sebaiknya hindari oil-based skincare

Dibanding oil-based skincare, pembersih berbasis gel lebih cocok untuk pemilik kulit berminyak yang mau mengecilkan pori-pori. Oleh sebab itu, sebaiknya hindari oil-based skincare karena dapat mengiritasi kulit. Produk pelembap kulit berbasis oil dapat meninggalkan residu pada pori-pori dan meningkatkan sifat berminyak. Sementara itu, pembersih berbasis gel lebih disarankan karena bisa membantu membersihkan minyak dan mengecilkan pori-pori wajah.

6. Stop kebiasaan menyentuh wajah!

Tangan bersentuhan dengan banyak minyak, bakteri, kotoran, virus, dan alergen yang dapat menyumbat pori-pori dan pada akhirnya membuatnya tampak lebih besar. Menggosok kulit secara berlebihan juga dapat membuat robekan mikroskopis pada jaringan, meregangkan pori-pori, dan menciptakan lubang yang lebih besar di permukaan. Jadi, stop kebiasaan menyentuh wajah agar pori-pori tidak semakin membesar, ya.

7. Imbangi juga dengan gaya hidup sehat

Makanan yang kamu konsumsi dapat berdampak pada membesarnya ukuran pori-pori wajah, lho. Sebab, ada beberapa jenis makanan dengan kandungan minyak dan lemak tinggi yang dapat menyumbat pori-pori wajah dan membuatnya tampak lebih besar. Sebaiknya kamu mulai perbanyak konsumsi makanan yang kaya akan kolagen seperti putih telur, daging ayam, dan kaldu tulang untuk meningkatkan elastisitas kulit dan mengecilkan pori-pori wajah. 

Selain memerhatikan makanan yang kamu konsumsi, coba terapkan juga kebiasaan sehat seperti berolahraga. Sebab, berkeringat saat berolahraga dapat membantu membersihkan pori-pori. Manfaat ini bisa kamu dapatkan selama kamu sudah membersihkan kulit sebelum olahraga, sehingga pori-pori tidak tersumbat oleh kotoran, make up, atau produk perawatan kulit lainnya. 


Demikian tujuh cara mengecilkan pori-pori wajah untuk mendapatkan kulit bersih dan mulus. Kalau kamu lagi cari produk perawatan kulit untuk mengecilkan pori-pori wajah, kamu bisa beli dengan mudah di Watsons dan aplikasi Watsons ID (iOS dan Android OS). Pastikan kamu memilih produk sesuai kondisi dan kebutuhan kulit wajah, ya!

Previous

Ini 6 Masker Untuk Kulit Berminyak dari Bahan Alami

Next

Cara Mudah Douyin Makeup yang Lagi Viral

Related Topics
Share
IKUTI KAMI

DAPATKAN UPDATE TERBARU

Footer Payment Logo 20220614
Unduh Aplikasi Watsons ID
Unduh versi iPhone atau Android
A Member of A.S. Watson Group - CK Hutchison Holdings
© Watsons. Hak Cipta Terpelihara
HomeProductPromotionMy AccountMore