Blog Page
📢 Members Free Delivery with min. spend 75KStore locator
WatsonsLoreal ParisMaybellineCetaphilWardah0
Member Promo Makeup Perawatan Kulit Kesehatan Perawatan Tubuh Makanan Watsons Eksklusif All Brands Blog Login / Register
Share

Memiliki bekas luka bakar yang memutih memang bisa menganggu penampilan. Apalagi jika bekas luka bakar tersebut berada pada bagian tubuh yang sering terlihat seperti wajah, tangan, hingga kaki. Jika kamu merasa tidak nyaman dengan kondisi ini, ada baiknya kamu segera mengatasi bekas luka bakar yang memutih tersebut, Watsons Friends. Bagaimana caranya? Berikut informasinya

Penyebab bekas luka bakar yang memutih

Sebelum mengetahui cara mengatasinya, alangkah lebih baiknya jika kamu mengetahui terlebih dahulu penyebab dari bekas luka bakar yang memutih, Watsons Friends. Kondisi kulit yang berubah menjadi putih pada luka bakar sebetulnya merupakan jaringan ikat yang muncul akibat proses penyembuhan luka. Jaringan ikat berbeda dari kulit normal karena tidak mengandung pigmen sehingga memiliki warna yang terlihat lebih putih dari kulit di sekitarnya.

Selain berwarna putih, ada kalanya bekas luka bakar ini terlihat berwarna merah muda dan keunguan. Bekas luka bakar juga dapat terlihat lebih menonjol, tidak elastis, bahkan lebih keras jika dibandingkan dengan kulit normal. Kondisi munculnya bekas luka bakar yang memutih pada kulit juga dipengaruh beberapa faktor seperti besar dan dalamnya luka, lokasi luka, usia, gender, ras, hingga faktor genetik.

Cara menyamarkan bekas luka bakar yang memutih

Menghilangkan bekas luka bakar yang memutih merupakan perkara yang tidak mudah. Bekas luka tidak akan benar-benar bisa hilang dan menjadi sama persis seperti kulit normal. Namun demikian, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menyamarkan bekas luka bakar yang memutih, Watsons Friends. Berikut di antaranya:

  1. Gunakan lembaran gel silikon untuk melapisi bekas luka.
  2. Suntik steroid intralesi untuk mengatasi bekas luka bakar yang besar.
  3. Dermabrasi. Cara ini merupakan terapi menggunakan alat khusus yang dapat mengikis permukaan kulit di daerah bekas luka.
  4. Mikrodermabrasi. Langkah ini merupakan terapi yang memanfaatkan kristal sangat halus untuk mengikis permukaan kulit pada daerah bekas luka.
  5. Malakukan terapi laser untuk menyamarkan bekas luka.

Bahan-bahan alami untuk memudarkan bekas luka

Selain lima cara yang sudah disebutkan di atas, kamu juga dapat menyamarkan bekas luka dengan menggunakan bahan-bahan alami, lho. Berikut informasinya:

Madu

Madu mempunyai sifat antiradang serta antibakteri, sehingga menggunakannya pada luka bakar dapat membantu proses penyembuhan dan membersihkan area yang terluka. Bahkan beberapa penelitian menunjukkan bahwa madu bisa membantu menyembuhkan luka bakar lebih cepat jika dibandingkan krim antibiotik tradisional dan kain kasa, lho. Mengoleskan madu secara rutin pada bekas luka bakarmu juga dapat menyamarkannya.

Lidah buaya

Lidah buaya sudah dimanfaatkan untuk pengobatan medis selama ribuan tahun. Dengan memanfaatkan bagian gelnya, kamu bisa menggunakan lidah buaya ini untuk membantu mempercepat proses penyembuhan luka bakar secara keseluruhan.

Minyak kelapa

Kamu juga dapat menyamarkan bekas luka menggunakan minyak kelapa. Minyak kelapa mengandung senyawa asam lemak rantai medium, khususnya asam palmitat yang mampu memicu pelepasan kolagen. Dengan begitu, minyak kelapa dapat menghaluskan bekas luka sekaligus mempercepat proses penyembuhan luka pada kulit secara lebih sempurna.

Lakukanlah beberapa cara di atas untuk mengatasi bekas luka bakar yang memutih. Ingin cara yang lebih mudah? Gunakan saja Dermatix yang terbukti ampuh memudarkan, meratakan, hingga menghaluskan semua jenis bekas luka termasuk bekas luka bakar yang memutih.

Produk yang merupakan inovasi terbaru untuk perawatan bekas luka ini hadir dalam bentuk gel silikon topikal transparan yang pasti bisa kamu andalkan untuk mendapatkan kulit kembali normal. Selamat mencoba!

Previous

5 Perawatan Wajah di Rumah Untuk Kulit Cerah Bersinar

Next

Khusus Pemula! Inilah Cara Menemukan Sunscreen Terbaik Sesuai dengan Jenis Kulit

Related Topics
Share
IKUTI KAMI

DAPATKAN UPDATE TERBARU

Footer Payment Logo 20220614
Unduh Aplikasi Watsons ID
Unduh versi iPhone atau Android
A Member of A.S. Watson Group - CK Hutchison Holdings
© Watsons. Hak Cipta Terpelihara
HomeProductPromotionMy AccountMore