Blog Page
📢 Members Free Delivery with min. spend 75KStore locator
WatsonsLoreal ParisMaybellineCetaphilWardah0
Member Promo Makeup Perawatan Kulit Kesehatan Perawatan Tubuh Makanan Watsons Eksklusif All Brands Blog Login / Register
Share

Watsons Indonesia – Beberapa dari kamu mungkin belum tahu cara menghilangkan bekas jerawat yang menghitam. Jerawat adalah masalah kulit yang kompleks. Untuk bisa menyembuhkannya saja perlu beberapa waktu. Setelah sembuh, tak jarang jerawat akan menimbulkan bekas. Ada bekas jerawat kemerahan, ada juga yang menimbulkan noda kehitaman.

Bekas yang menghitam sering kali sama bandelnya dengan jerawat itu sendiri. Meski sudah diberi produk tertentu, masih enggan pergi. Ternyata, memang ada langkah-langkah khusus agar bekas jerawat menghitam segera terhempas. Yuk, simak cara menghilangkan bekas jerawat menghitam berikut ini!

1. Pakai produk skincare dengan kandungan AHA dan BHA

Tidak semua produk skincare bisa menghilangkan bekas jerawat menghitam. Kamu perlu memilih produk dengan bahan aktif yang mampu memudarkan noda kehitaman bekas jerawat. Salah satu bahan aktif yang ampuh hilangkan bekas jerawat menghitam adalah Alpha Hydroxy Acids (AHA).

AHA bekerja pada kulit dengan mengganti lapisan kulit terluar (stratum korneum). Jadi, area kulit yang menghitam karena jerawat pun akan tergantikan dengan lapisan kulit baru. Bagusnya lagi, AHA mampu merangsang produksi kolagen pada kulit. Hasilnya, kulit pun akan terasa lebih kenyal dan fresh.

Selain AHA, kamu juga bisa pilih skincare dengan kandungan Beta Hydroxy Acids (BHA). Meski namanya mirip, BHA berbeda dari AHA. Kandungan BHA hanya mengandung satu senyawa, yaitu asam salisilat. Kegunaannya adalah untuk mengangkat tumpukan sel-sel kulit mati dan mengurangi minyak berlebih dari dalam.

Sulit menemukan produk yang cocok? Kamu bisa coba produk andalan dari COSRX yang menggabungkan kedua bahan aktif tersebut, yaitu COSRX AHA/BHA Clarifying Treatment Toner.

COSRX AHA/BHA Clarifying Treatment Toner

2. Niacinamide untuk mencerahkan dark spots

Cara menghilangkan bekas jerawat menghitam juga bisa dengan produk yang mengandung niacinamide. Kandungan satu ini sebenarnya merupakan salah satu bentuk vitamin, tepatnya vitamin B3.

Niacinamide cocok untuk menghilangkan bekas jerawat menghitam, sebab kandungan ini ternyata bisa meningkatkan produksi kolagen. Seperti yang sudah kamu ketahui, kolagen bisa membuat kulit kenyal dan mendukung regenerasi sel kulit mati.

Bagi pemula dan pemilik kulit sensitif, kamu disarankan untuk menggunakan skincare dengan kandungan niacinamide rendah terlebih dahulu seperti Emina Bright Stuff Face Serum.

Emina Bright Stuff Face Serum

Baru setelah kulit terbiasa, kamu bisa memilih produk dengan kandungan niacinamide yang lebih tinggi seperti Somethinc 10% Niacinamide Barrier Serum.

Somethinc 10% Niacinamide Barrier Serum

3. Imbangi dengan rajin pakai sunscreen

Selain menggunakan produk skincare dengan bahan aktif yang ampuh hilangkan bekas jerawat menghitam, jangan lupa lindungi kulit pakai sunscreen. Sebelum beraktivitas pada pagi hari, selalu gunakan sunscreen dalam jumlah yang cukup. Lalu, pada siang hari, kamu bisa reapply agar kulit tetap terlindung dari sengatan sinar matahari.

Kenapa harus rajin pakai sunscreen? Sinar matahari mengandung sinar UV (ultraviolet) yang berbahaya bagi kulit. Pada kulit dengan bekas jerawat menghitam, UV bisa memperlambat penyembuhannya. Bahkan jika kulit tidak terlindung, area yang menghitam akan semakin parah. Jadi, jangan lupa pakai sunscreen, ya!

4. Hindari menyentuh area kulit berjerawat

Sebelum muncul bekas jerawat menghitam, sebenarnya kamu bisa melakukan pencegahan. Caranya adalah dengan menghilangkan kebiasaan menyentuh dan memencet jerawat. Saat kamu menyentuh jerawat, tanpa disadari jaringan kulit akan rusak. Jaringan kulit rusak inilah yang meninggalkan bekas hingga menghitam.

Sebagai gantinya, rawat kulit yang berjerawat dengan produk yang tepat. Kamu bisa coba exfoliating serum seperti Avoskin Miraculous Refining Serum. Produk exfoliating serum akan mengangkat sel-sel kulit mati yang jadi penyebab jerawat. Selain itu, exfoliating serum juga membantu mempercepat proses regenerasi sel-sel kulit, lho!

Avoskin Miraculous Refining Serum

5. Bisa juga perawatan secara alami

Cara menghilangkan bekas jerawat menghitam yang terakhir adalah dengan perawatan alami. Kamu bisa menyelingi penggunaan produk skincare dengan bahan alami untuk mengistirahatkan kulit. Ada banyak sekali, lho, bahan alami yang bisa dipakai menghilangkan bekas jerawat menghitam.

Contohnya adalah lidah buaya atau aloe vera. Lidah buaya punya kandungan aloesin yang bisa menghambat munculnya hiperpigmentasi karena jerawat. Untuk hasil yang lebih efektif, kamu bisa menambahkan air perasan lemon. Kandungan vitamin C pada lemon mampu mencerahkan kulit sekaligus mengusir bekas kehitaman.

Itulah beberapa cara menghilangkan bekas jerawat menghitam yang bisa kamu coba. Jangan lupa menerapkannya secara rutin untuk hasil yang lebih baik. Semua produk yang disebutkan di sini bisa kamu dapatkan melalui official website Watsons Indonesia, lho!

Previous

Kenali Penyebab dan Cara Menghilangkan Jerawat Bruntusan pada Dahi

Next

5 Rekomendasi Masker untuk Cerahkan Kulit Wajah

Related Topics
Share
IKUTI KAMI

DAPATKAN UPDATE TERBARU

Footer Payment Logo 20220614
Unduh Aplikasi Watsons ID
Unduh versi iPhone atau Android
A Member of A.S. Watson Group - CK Hutchison Holdings
© Watsons. Hak Cipta Terpelihara
HomeProductPromotionMy AccountMore