Blog Page
📢 Members Free Delivery with min. spend 75KStore locator
WatsonsLoreal ParisMaybellineCetaphilWardah0
Member Promo Makeup Perawatan Kulit Kesehatan Perawatan Tubuh Makanan Watsons Eksklusif All Brands Blog Login / Register
Share

Hampir semua orang pernah mengalami fase tumbuhnya jerawat di wajah mereka. Jika sampai meradang, jerawat memiliki dampak negatif bagi kita. Meskipun tidak berbahaya, jerawat meradang bisa terasa sakit dan rasa percaya diri pun bisa ikut berkurang. Apa pun penyebabnya, jerawat yang meninggalkan bekas merah akan mengganggu penampilan. Nah, kalau kamu sedang mencari cara menghilangkan bekas jerawat merah, di sini tempatnya. Baca artikel ini sampai selesai, ya!

Penyebab Munculnya Jerawat

Jerawat yang muncul di wajah biasanya terjadi saat seseorang memasuki masa pubertas. Jerawat akan terbentuk tempat tumbuhnya rambut, yaitu folikel, tertutup oleh sel kulit mati, minyak alami kulit (sebum), atau bakteri. Namun, orang dewasa juga bisa mengalami jerawat, termasuk di punggung, leher, ataupun dada.

Ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab munculnya jerawat di kulitmu, yaitu:

1. Salah pilih make up

Banyak orang yang rela membayar mahal untuk melakukan berbagai perawatan kecantikan wajah. Namun, ternyata tidak semua perawatan dan produk yang digunakan cocok untuk semua jenis kulit.

Penggunaan produk make up dan perawatan wajah yang tidak tepat dengan jenis kulit bisa mengakibatkan munculnya jerawat di wajah. Pastikan bahwa kamu memilih make up yang sesuai dengan jenis kulitmu dan hindari produk-produk yang mengandung minyak. Carilah produk aman berlabel ‘non-comedogenic’ untuk mencegah timbulnya jerawat.

2. Dipicu oleh stres

Pertumbuhan jerawat juga sedikit banyak dipengaruhi oleh hormon tubuh kita. Saat kamu mengalami stres berat, hormon dalam tubuh bisa berubah. Hal ini dapat mengakibatkan munculnya jerawat di wajah ataupun bagian tubuh lainnya. Sebisa mungkin, coba kelola stres dan beristirahatlah yang cukup agar hormonmu lebih seimbang.

3. Interaksi dengan barang kurang bersih 

Sekalipun kamu jarang keluar rumah, jerawat tetap bisa tumbuh di wajahmu akibat interaksi dengan barang kotor, seperti sarung bantal, sprei, dan telepon genggam. Sel-sel kulit mati, kotoran, sisa make up, serta bakteri bisa berkumpul di sarung bantal dan sprei. Jika tidak sering diganti, bisa mengakibatkan munculnya jerawat di pipi dan bagian tubuh lainnya.

Sedangkan, telepon genggam yang bersentuhan dengan jari tangan kita juga bisa menjadi tempat berkumpulnya bakteri. Apalagi kalau kamu suka membawa telepon genggam ke dalam kamar mandi. Tahukah kamu kalau kuku jari kita adalah salah satu bagian tubuh terkotor? Oleh karena itu, kamu perlu membersihkan permukaan telepon genggammu menggunakan lap lembap tiap harinya.

4. Makanan dan minuman 

Apa yang kamu masukkan ke dalam tubuh rupanya juga bisa menjadi penyebab timbulnya jerawat. Makanan yang mengandung banyak karbohidrat biasanya dapat menjadi penyebab jerawat. Beberapa contohnya seperti nasi putih, roti, pasta, minuman bersoda, juga minuman-minuman manis.

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Merah

Biasanya, walaupun tidak diobati, jerawat akan sembuh dengan sendirinya. Tapi, bekas jerawat merah memang mengganggu meski bukan berarti mustahil untuk dihilangkan. Berikut ini beberapa cara menghilangkan bekas jerawat merah yang bisa kamu lakukan di rumah:

1. Pakai air perasan lemon

Kandungan vitamin C yang dimiliki lemon sangat efektif mengurangi bekas jerawat. Antioksidan di dalam lemon mampu membantu mencerahkan kulit, sementara kandungan asam askorbat yang tinggi akan ampuh untuk menghilangkan jerawat membandel. Namun, patut dicatat bahwa cara ini tidak dianjurkan bagi kamu yang memiliki kulit sensitif karena rentan iritasi. Alternatifnya, kamu bisa coba produk dengan bahan aktif yang serupa.

2. Gunakan tea tree oil

Menghilangkan jerawat meradang dan bekas jerawat merah bisa menggunakan tea tree oil yang membantu meredakan peradangan jerawat membandel dan bahkan menghilangkannya dalam semalam. Selain itu, tea tree oil juga dapat mengurangi produksi minyak dan menghilangkan bakteri di wajah. Meski begitu, kamu yang punya kulit sensitif perlu hati-hati karena tea tree oil dapat mengiritasi kulit.

3. Oleskan madu atau lidah buaya 

Madu memiliki sifat antiseptik yang dapat membantu menghilangkan bekas jerawat merah, membantu menjaga kelembapan kulit, dan mencegah terjadinya kekeringan. Sedangkan, kandungan polifenol dalam tanaman lidah buaya dapat menyamarkan bekas jerawat serta membuat area wajah yang gelap tampak lebih cerah.

Nah, ternyata ada beberapa cara menghilangkan bekas jerawat merah untuk kamu coba sendiri rumah. Jadi, kamu tidak perlu gusar lagi, ya. Bagi yang ingin mencoba cara-cara di atas, terutama untuk lidah buaya, kamu tidak harus pakai lidah buaya asli, kok. Kamu juga dapat menggunakan gel lidah buaya dari Watsons Indonesia!

Previous

6 Cara Mencerahkan Bibir Secara Alami, Mudah Banget

Next

Urutan Makeup dan Tips untuk Pemula

Related Topics
Share
IKUTI KAMI

DAPATKAN UPDATE TERBARU

Footer Payment Logo 20220614
Unduh Aplikasi Watsons ID
Unduh versi iPhone atau Android
A Member of A.S. Watson Group - CK Hutchison Holdings
© Watsons. Hak Cipta Terpelihara
HomeProductPromotionMy AccountMore