Blog Page
📢 Members Free Delivery with min. spend 75KStore locator
WatsonsLoreal ParisMaybellineCetaphilWardah0
Member Promo Makeup Perawatan Kulit Kesehatan Perawatan Tubuh Makanan Watsons Eksklusif All Brands Blog Login / Register
Share

Belakangan ini, sedang ramai tren perawatan kulit bernama skin cycling. Mungkin banyak dari kamu yang belum tahu, tapi tren satu ini ternyata sudah viral di berbagai media sosial, salah satunya TikTok. Di TikTok, tren kecantikan ini ramai dibahas karena diyakini mampu memberikan hasil seperti idol-idol Korea Selatan yang terkenal lewat glass skin-nya. Glass skin sendiri adalah penampilan wajah yang membuat kulit terlihat mengkilap bak kaca. Nah, apakah kamu juga tertarik mencoba tren skin cycling untuk memiliki kulit wajah sehat seperti artis Korea? Kalau iya, yuk, simak ulasan seputar skin cycling berikut ini!


Apa Itu Tren Skin Cycling?

Bagi yang masih asing, skin cycling adalah tren kecantikan yang diperkenalkan oleh seorang dermatologist bernama Dr. Whitney Bowe. Dr. Bowe mengenalkan skin cycling lewat beberapa tahapan perawatan yang tidak boleh dilewatkan atau ditukar-tukar urutannya. Metode ini fokus pada empat prosedur yang dilakukan selama empat hari saat malam. 

Hari pertama untuk eksfoliasi, hari kedua memakai produk retinoid, dan hari ketiga serta keempat fokus pada recovery kulit memakai skincare untuk menghidrasi kulit. Nah, untuk lebih jelasnya, berikut ini sederet tahapan dari skin cycling.


Tahap Perawatan Kulit dalam Skin Cycling

Seperti dijelaskan di atas, ada empat tahapan dalam perawatan skin cycling. Berikut penjelasan masing-masingnya!

Malam ke-1: eksfoliasi

Malam ke-1 dalam tahapan skin cycling akan berfokus pada eksfoliasi. Dr. Bowe meminta kita memakai skincare yang masuk dalam kategori chemical exfoliant (bukan physical exfoliants). Nah, jika kamu bingung, skincare yang fokus pada chemical exfoliant adalah skincare yang mengandung bahan AHA, misalnya Glycolic Acid

(harga tertera adalah sebelum diskon)

Mengapa chemical exfoliant? Menurut Dr. Bowe, bahan ini bisa membuat kulit menjadi glowing secara langsung. Tapi yang jadi catatan, setelah melakukan proses ini, kamu disarankan untuk tetap mengaplikasikan pelembap tanpa pewangi. Hal ini dilakukan agar skin barrier tetap terjaga.

Malam ke-2: retinol

Pada malam ke-2, perawatan akan berfokus pada penggunaan skincare berbasis retinol. Umumnya, skincare dengan kandungan retinol dikenal cukup keras efeknya pada beberapa jenis kulit. Karenanya, kandungan ini perlu dipakai bergantian dengan kandungan lain. Ini dilakukan agar kulit tidak mengalami inflamasi. Tips yang diberikan Dr. Bowe adalah dengan mengaplikasikan pelembab terlebih dahulu, terutama di area seperti mulut, mata, sudut hidung, atau leher. 

(harga tertera adalah sebelum diskon)

Dalam tahap ini, pelembap berfungsi agar kulit bisa beradaptasi dengan konsentrasi retinoid yang lebih rendah. Nah, pada malam ke-2 ini, kamu bisa mengoleskan skincare yang mengandung retinol setelah membersihkan wajah atau mengoleskan pelembap. Retinol sendiri berfungsi untuk meningkatkan produksi kolagen yang bisa membantu pergantian sel dengan cepat dan mengatasi masalah seperti jerawat, hiperpigmentasi, hingga masalah tekstur.

Malam ke-3 dan ke-4: recovery

Dua hari terakhir dalam tahapan skin cycling adalah malam pemulihan atau recovery nights. Dua malam ini dinamakan malam pemulihan karena pada dua hari sebelumnya, kulit sudah menerima bahan-bahan aktif yang cukup keras seperti Glycolic Acid hingga retinol. Karenanya, dua hari terakhir digunakan untuk menenangkan kulit dan berfokus menutrisinya. Pada hari ketiga dan keempat ini, kamu disarankan memakai skincare yang berfungsi untuk menutrisi kulit dan memperbaiki skin barrier.

(harga tertera adalah sebelum diskon)

Demikian penjelasan mengenai skin cycling yang kini sedang viral di media sosial. Jangan lupa, karena tahapan di atas hanya dilakukan pada malam hari, kamu tetap harus menjaga kesehatan kulit pada pagi hari. Caranya adalah tetap memakai skincare seperti cleanser, serum, pelembap, dan tentunya sunscreen. Baru pada malam harinya kamu bisa melakukan empat hari perawatan.

Kalau sudah mencapai tahapan malam ke-4, kamu bisa kembali ke tahapan malam ke-1 dengan menggunakan skincare exfoliating.

Nah, untuk berbagai produk skin cycling sendiri, mulai dari skincare yang mengandung AHA, retinol, hingga skincare yang sifatnya menghidrasi. Kamu bisa mendapatkannya secara lengkap di Watsons Indonesia. Kunjungi Watsons Indonesia online melalui website resminya, dan juga aplikasi Watsons ID (iOS dan Android OS), ya!

Previous

Cocok buat Olahraga, 6 Parfum Wangi Tahan Lama

Next

Riasan Mata ala Korea yang Bikin Wajah Lebih Fresh

Related Topics
Share
IKUTI KAMI

DAPATKAN UPDATE TERBARU

Footer Payment Logo 20220614
Unduh Aplikasi Watsons ID
Unduh versi iPhone atau Android
A Member of A.S. Watson Group - CK Hutchison Holdings
© Watsons. Hak Cipta Terpelihara
HomeProductPromotionMy AccountMore