Blog Page
📢 Members Free Delivery with min. spend 75KStore locator
WatsonsLoreal ParisMaybellineCetaphilWardah0
Member Promo Makeup Perawatan Kulit Kesehatan Perawatan Tubuh Makanan Watsons Eksklusif All Brands Blog Login / Register
Share

Watsons Indonesia – Bagaimana, ya, cara menghilangkan jerawat beruntusan pada dahi? Area dahi adalah salah satu bagian wajah yang sering berjerawat. Ini karena dahi sering bergesekan dengan rambut. Pori-pori kulit yang tersumbat kotoran, ditambah rambut kotor, jadi kombinasi yang paling disukai jerawat untuk tumbuh.

Jika dibiarkan, jerawat beruntusan di area dahi tentu akan mengganggu penampilan. Nah, untuk mengatasinya, sebaiknya kamu mengenali penyebabnya terlebih dulu. Di sini, kamu bisa menyimak penjelasan mulai dari penyebab hingga cara menghilangkan jerawat beruntusan pada dahi. So, check this one out!

Kemungkinan penyebab jerawat beruntusan pada dahi

Ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab jerawat beruntusan pada dahi, yaitu:

  • Perubahan hormon

Efek perubahan hormon adalah penyebab jerawat dahi yang paling umum. Saat kadar hormon testosteron terlalu tinggi, kelenjar minyak pada kulit akan memproduksi lebih banyak sebum. Produksi sebum berlebih ini kemudian menyumbat pori-pori kulit hingga menimbulkan jerawat pada dahi.

  • Gaya rambut berponi

Seperti yang sudah disebutkan pada bagian pembuka, posisi dahi yang dekat dengan rambut pun bisa membuat jerawat lebih mudah muncul, terutama jika kamu menggunakan gaya rambut berponi. Otomatis, kotoran yang menempel pada rambut pun akan terkena kulit wajah dan menyebabkan jerawat.

  • Efek samping konsumsi obat-obatan tertentu

Beberapa jenis obat-obatan ternyata mengandung kandungan yang bisa memicu munculnya jerawat beruntusan pada dahi. Misalnya obat yang mengandung barbiturate, lithium, dan steroid. Kandungan tersebut bisa memengaruhi produksi hormon testosteron yang mengontrol produksi minyak pada wajah.

  • Stres terus-menerus

Saat kamu mengalami stres, regenerasi sel-sel kulit akan melambat. Akibatnya, jerawat akan makin sulit sembuh. Jerawat bahkan bisa bertambah banyak jika kamu mengalami stres dalam jangka panjang.

Itu dia beberapa penyebab umum jerawat dahi. Yuk, sekarang cari tahu bagaimana cara menghilangkan jerawat beruntusan pada dahi!

Cara Menghilangkan Jerawat Bruntusan

Cara menghilangkan jerawat bruntusan pada dahi

Jika jerawat mulai muncul pada dahi, jangan langsung panik. Ikuti cara menghilangkan jerawat berikut ini agar tidak bertambah parah.

  1. Hindari menyentuh jerawat

First of all, jangan pernah menyentuh jerawat. Terlalu sering menyentuh jerawat dengan tangan bisa menimbulkan radang dan bahkan merusak jaringan kulit. Meski terlihat bersih, tangan manusia selalu dihinggapi bakteri dan kotoran. Saat tangan menyentuh dahi, maka bakteri dan kotoran tersebut pun akan menempel dan menyumbat pori-pori.

Gerakan menggaruk dengan jari tangan pun harus dihindari. Sebab, kuku yang tajam bisa melukai dan merusak jaringan kulit. Akibatnya, jerawat akan meninggalkan bekas kehitaman atau bahkan bopeng.

  1. Rajin bersihkan muka

Langkah awal untuk cara menghilangkan jerawat beruntusan adalah dengan rajin bersihkan muka. Membersihkan muka akan mengangkat kelebihan sebum sehingga pori-pori bersih. Untuk itu, biasakan membersihkan muka dua kali sehari; pagi sebelum beraktivitas dan malam sebelum pergi tidur. Jangan lupa juga untuk memilih produk pembersih yang sesuai. Gunakan produk soap-free seperti COSRX Low pH Good Morning Gel Cleanser yang tidak menghilangkan kelembapan alami kulit.

COSRX Low pH Good Morning Gel Cleanser
  1. Pakai serum untuk percepat proses penyembuhan

Agar jerawat lekas pergi, kamu bisa pakai serum anti acne. Serum punya kandungan aktif yang bisa membantu proses penyembuhan jerawat. Selain itu, serum juga lebih efektif karena mampu menembus lapisan kulit terdalam. Pilih serum yang memang khusus untuk mengobati jerawat beruntusan, misalnya Erha Acneact Anti Acne Serum. Gunakan serum secara rutin pada malam hari untuk hasil yang lebih baik.

Erha Acneact Anti Acne Serum
  1. Lakukan kompres hangat

Terkadang, jerawat beruntusan terasa sakit karena sudah meradang. Untuk meredakannya, kamu bisa mengompres kulit yang berjerawat dengan air hangat. Suhu yang hangat akan melancarkan peredaran darah dan meredakan radang. Kamu juga bisa menggunakan masker anti jerawat seperti Acnes Tea Tree Oil Mask. Masker anti jerawat akan mengurangi produksi minyak berlebih sehingga jerawat tidak bertambah parah.

Acnes Tea Tree Oil Mask
Acnes Tea Tree Oil Mask
  1. Oleskan salep jerawat sebagai spot treatment

Cara menghilangkan jerawat yang tak kalah ampuh adalah dengan spot treatment. Produk spot treatment mengandung bahan aktif yang memang khusus untuk membasmi jerawat. Penggunaannya pun mudah. Setelah menggunakan pelembap, aplikasikan spot treatment seperti Emina Ms. Pimple Acne Solution Spot Gel pada jerawat. Sebelum aplikasi, pastikan tangan sudah dalam keadaan bersih, ya!

Emina Ms Pimple Acne Solution Spot Gel
Emina Ms Pimple Acne Solution Spot Gel

Jerawat beruntusan pada dahi memang terlihat sepele. Namun, jika dibiarkan begitu saja tentu bisa sangat mengganggu penampilan. Kamu bisa mengikuti cara menghilangkan jerawat beruntusan di atas agar dahi kembali cantik bebas jerawat!

Previous

Manfaat Asam Glikolat untuk Kulit, Cara Penggunaan, & Efek Sampingnya

Next

5 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat yang Menghitam

Related Topics
Share
IKUTI KAMI

DAPATKAN UPDATE TERBARU

Footer Payment Logo 20220614
Unduh Aplikasi Watsons ID
Unduh versi iPhone atau Android
A Member of A.S. Watson Group - CK Hutchison Holdings
© Watsons. Hak Cipta Terpelihara
HomeProductPromotionMy AccountMore