Blog Page
📢 Members Free Delivery with min. spend 75KStore locator
WatsonsLoreal ParisMaybellineCetaphilWardah0
Member Promo Makeup Perawatan Kulit Kesehatan Perawatan Tubuh Makanan Watsons Eksklusif All Brands Blog Login / Register
Share

Sebagai salah satu produk penting untuk kulit, memilih pelembap tidak boleh asal-asalan. Produk yang berfungsi mengunci kadar air pada kulit sehingga mencegah kulit menjadi kering dan mengalami dehidrasi ini tersedia dalam banyak varian. Kamu perlu memilih pelembap yang sesuai dengan faktor usia, lingkungan tempat tinggal, dan jenis kulit. Bagi kamu yang memiliki kulit berminyak, berikut panduan memilih pelembap untuk kulit berminyak secara tepat!

Perhatikan tekstur pelembap

Mempertimbangkan banyaknya produk pelembap dengan jenis tekstur yang berbeda, kamu perlu memilih tekstur pelembap untuk kulit berminyak yang tepat. Sebaiknya pilih produk pelembap bertekstur gel yang sangat ringan, bebas minyak, dan kebanyakan menggunakan air sebagai bahan dasarnya. Kulit berminyak cocok menggunakan pelembap tekstur gel karena lebih mudah diserap oleh kulit. Selain cocok untuk kulitmu, pelembap bertekstur gel juga baik diaplikasikan sebagai dasar makeup.

Kandungan dalam pelembap yang cocok untuk kulit berminyak

Saat memilih produk pelembap yang cocok untuk jenis kulitmu, pastikan kamu juga memperhatikan kandungannya. Berikut beberapa kandungan dalam pelembap yang umumnya cocok untuk pemilik kulit wajah berminyak:

1. Salicylic Acid

Pelembap Salicylic Acid cocok untuk kulit berminyak karena mempunyai sifat anti-inflamasi yang membantu dalam memperbaiki produksi minyak berlebih dan membersihkan sel kulit mati. Salah satu jenis BHA yang paling sering digunakan pada produk perawatan kulit ini juga efektif menghilangkan bekas jerawat. Kamu bisa tenang menggunakannya karena kandungan ini terasa lembut dan tidak menimbulkan iritasi.

Selain pelembap kulit, aneka produk dengan kandungan Salicylic Acid juga baik untuk kulitmu:

2. Hyaluronic Acid

Hyaluronic Acid (asam hialuronat) merupakan bahan aktif versi buatan dari zat alami yang ada di dalam tubuh manusia. Meskipun sudah diproduksi secara alami oleh tubuh, kadar Hyaluronic Acid dapat berkurang, salah satunya karena faktor bertambahnya usia. Itulah mengapa banyak produk skincare, termasuk pelembap, menjadikan kandungan ini sebagai bahan aktif utama. Manfaatnya adalah meningkatkan tingkat kelembapan pada kulit.

Pelembap Hyaluronic Acid cocok untuk kulit berminyak karena selain ringan di kulit, kandungan ini juga mampu mengunci kelembapan dan mempertahankan keseimbangan produksi minyak di kulit. Teksturnya yang ringan membuat pelembap hyaluronic acid dapat memberikan kelembapan yang tepat untuk tipe kulit berminyak. 

3. Niacinamide

Niacinamide banyak dipakai oleh berbagai produk perawatan kulit, termasuk pelembap. Kandungan ini digemari karena mampu mengatasi jerawat, mengecilkan pori-pori wajah, hingga mengurangi garis halus dan kerutan di wajah. Penggunaannya cocok untuk kulit berminyak karena Niacinamida mampu memperbaiki kelenjar lipid secara aktif yang mengontrol produksi minyak dengan baik. 

Salah satu kandungan dalam produk pelembap ini juga mampu membantu meningkatkan tingkat elastisitas kulit. Jika digunakan bersamaan dengan kandungan Hyaluronic Acid, kamu akan mendapatkan hasil yang maksimal dalam menjaga kulit. Kulit kamu akan tetap lembap, lembut, dan bebas kilau.

Selain pelembab wajah, Niacinamide bisa ditemukan dalam produk-produk berikut:

4. Grapeseed Oil

Grapeseed Oil merupakan minyak yang diekstrak dari biji anggur dan baik untuk kulit sensitif dan rawan alergi, tidak terkecuali kulit berminyak. Kandungan ini diambil dari sisa biji anggur hasil proses pembuatan wine setelah anggur segar diperas .

Pelembap yang diperkaya Grapeseed Oil idealnya penuh dengan fatty acid yang sehat sehingga bermanfaat mengurangi inflamasi pada jerawat dan mampu membersihkan pori-pori yang tersumbat. Pemilik kulit wajah berminyak cocok menggunakannya karena kandungan ini menjaga kelembapan kulit dengan baik, sehingga mencegah kulit tidak memproduksi minyak berlebih.

Cek juga produk dengan kandungan Grapeseed berikut ini:

Hindari kandungan yang berbahaya

Ada beberapa jenis pelembap yang harus dihindari jenis kulit berminyak, misalnya pelembap bertekstur krim pekat berbahan dasar minyak, lanolin, mineral oil, dan vitamin E. Alasannya adalah karena pelembap yang mengandung berbagai bahan tersebut dapat meningkatkan produksi sebum dalam kulit. Di samping itu, sebaiknya kamu juga tidak memakai pelembap yang mengandung formula oklusif berat seperti petrolatum atau parafin. Kedua kandungan ini kurang bermanfaat dalam memberikan kelembapan pada kulit yang cenderung berminyak.

Itulah informasi tentang panduan memilih pelembap yang tepat untuk kulit berminyak. Dengan memakai pelembap yang memang sesuai dengan jenis kulit, kamu bisa memperoleh manfaat pelembap secara maksimal. Temukan produk pelembap yang sesuai dengan jenis kulitmu dan beli langsung di Watsons Indonesia, ya!

Previous

Manfaat Masker Wajah dan Mengapa Kita Harus Rutin Menggunakannya

Next

7 Rekomendasi Sunscreen untuk Kulit Berminyak

Related Topics
Share
IKUTI KAMI

DAPATKAN UPDATE TERBARU

Footer Payment Logo 20220614
Unduh Aplikasi Watsons ID
Unduh versi iPhone atau Android
A Member of A.S. Watson Group - CK Hutchison Holdings
© Watsons. Hak Cipta Terpelihara
HomeProductPromotionMy AccountMore