Blog Page
📢 Members Free Delivery with min. spend 75KStore locator
WatsonsLoreal ParisMaybellineCetaphilWardah0
Member Promo Makeup Perawatan Kulit Kesehatan Perawatan Tubuh Makanan Watsons Eksklusif All Brands Blog Login / Register
Share

Terlalu fokus dengan jerawat di kulit wajah, beberapa dari kamu mungkin jadi lupa kalau jerawat juga bisa muncul di kulit punggung. Posisi jerawat yang berada di punggung sering kali tidak disadari kemunculannya. Walaupun jerawat punggung tidak mencolok seperti jerawat di wajah, kamu tetap merasakan sakit dan gatal yang diakibatkan jerawat punggung tersebut. Jerawat punggung ditandai dengan munculnya gejala seperti komedo putih, komedo hitam, papula, atau tonjolan yang terlihat kemerahan, nodula, pustula atau jerawat yang berisi nanah, dan jerawat batu. Memangnya, hal apa saja yang bisa menjadi penyebab jerawat punggung ini?

Penyebab Jerawat Punggung

Untuk mencegah timbulnya jerawat punggung, kamu harus mengetahui dulu berbagai kemungkinan penyebabnya di bawah ini:

1. Hormon

Sama seperti jerawat pada wajah yang timbul akibat meningkatnya produksi hormon secara signifikan, jerawat punggung juga bisa terjadi ketika hormon tersebut meningkat sehingga tubuh memproduksi kelenjar minyak yang lebih banyak.

Seseorang dengan kelebihan produksi minyak memiliki kulit yang lebih sensitif terhadap kotoran yang menempel pada kulit. Alhasil, kemunculan jerawat yang disebabkan ketidakstabilan hormon cenderung lebih banyak, termasuk di punggung.

2. Genetik

Genetik setiap orang berbeda-beda. Oleh karena itu, jangan heran apabila kamu mengalami jerawat di punggung dan orang lain tidak. Bisa jadi genetik tersebut merupakan turunan dari orang tua. Misalnya, orang tuamu memiliki kulit yang berminyak, maka kemungkinan besar kamu memiliki kulit yang berminyak juga sehingga risiko munculnya jerawat punggung lebih besar.

3. Keringat dan kotoran

Saat manusia mengeluarkan keringat, maka pori-pori pada kulit akan terbuka, sehingga berbahaya jika bersentuhan dengan kotoran. Pernah mengalami jerawat di sekitar dahi? Hal tersebut diakibatkan oleh kulit dahi berkeringan yang bersentuhan dengan rambut yang sedang kotor, sehingga muncul jerawat di area dahi.

Nah, jerawat punggung juga bisa terjadi karena hal yang serupa. Bagi kamu yang senang berolahraga, bekerja sampai berkeringat, atau mungkin memiliki rambut panjang, maka risiko mengalami jerawat punggung pun akan lebih besar.

4. Gesekan dengan pakaian

Kulit yang terkena debu saja bisa mengakibatkan timbulnya jerawat, apalagi kulit yang bergesekan dengan pakaian kotor. Gesekan tersebut dapat membuat kulit iritasi sehingga kotoran bisa masuk dengan mudah dan menimbulkan berbagai gejala penyakit kulit, termasuk menjad penyebab jerawat punggung.

Selain itu, hindari mengenakan pakaian terlalu ketat karena bisa membuat kulit kesulitan bernapas dan menyebabkan kulit memproduksi keringat lebih banyak. Keringat yang bercampur minyak alami kulit dapat menyumbat lapisan pori-pori sehingga menyebabkan munculnya komedo putih dan jerawat.

5. Efek samping obat-obatan

Penyebab jerawat punggung selanjutnya dikarenakan efek samping obat-obatan yang dikonsumsi. Biasanya, obat-obatan atau suplemen untuk meningkatkan hormon memiliki efek samping berupa munculnya jerawat panggung.

Hormon memang penting untuk perumbuhan tubuh manusia. Namun, kelebihan hormon dapat menyebabkan berbagai macam gangguan pertumbuhan, salah satunya meningkatnya produksi minyak yang menjadi penyebab banyak penyakit kulit.

Cara Ampuh Menghilangkan Jerawat Punggung

Tak perlu khawatir berlebihan jika kamu mengalami jerawat punggung. Setelah mengetahui berbagai penyebab jerawat punggung, kini kamu bisa mengambil langkah untuk mengatasi kondisi tersebut. Berikut beberapa caranya.

1. Membersihkan diri

Lingkungan yang sehat adalah lingkungan yang bersih. Sedangkan, tubuh yang sehat adalah tubuh yang bersih. Setelah kamu melakukan kegiatan seharian penuh, jangan lupa mandi untuk membersihkan diri. Meskipun kamu bekerja di dalam ruangan, bukan berarti ruangan tersebut terbebas dari kotoran dan debu. Dengan rajin mandi, kamu bisa mencegah timbulnya jerawat punggung.

2. Menghindari makanan berlemak

Bagi kamu yang sering makan-makanan berminyak, baik gorengan maupun fast food, sebaiknya mulai dikurangi. Makanan tersebut dapat menyebabkan produksi minyak berlebih pada kulit sehingga kulit menjadi lebih sensitif terhadap kotoran yang menempel. Cukupi asupan vitamin dengan memakan sayur dan buah-buahan yang berguna untuk kesehatan kulit.

3. Memakai pakaian yang bersih dan longgar

Mengingat pakaian kotor dan ketat menjadi salah satu faktor penyebab munculnya jerawat punggung, maka pakailah pakaian yang bersih dan longgar. Pakaian longgar tidak akan bergesekan dengan kulit, sehingga menyebabkan sirkulasi udara menjadi lancar dan tubuh tidak mudah berkeringat.

4. Memakai obat jerawat

Langkah menghilangkan jerawat punggung selanjutnya adalah dengan mengoleskan obat jerawat di bagian kulit yang berjerawat. Oleskan obat jerawat di bagian tubuh yang rentan terkena jerawat seperti wajah, leher, dada, dan punggung.

Untuk mengatasi penyebab jerawat punggung, kamu bisa menggunakan produk yang tersedia di Watsons Indonesia. Mulai dari obat jerawat berbentuk cair, krim, dan spray, semua bisa kamu pilih sesuai kebutuhan dengan harga terjangkau. Semoga kondisi jerawat punggung yang kamu alami bisa segera teratasi, ya!

Rekomendasi produk-produk untukmu

Previous

7 Cara Mengatasi Kulit Kering Secara Mandiri di Rumah

Next

7 Obat Batuk Alami yang Bisa Dibuat Sendiri di Rumah

Related Topics
Share
IKUTI KAMI

DAPATKAN UPDATE TERBARU

Footer Payment Logo 20220614
Unduh Aplikasi Watsons ID
Unduh versi iPhone atau Android
A Member of A.S. Watson Group - CK Hutchison Holdings
© Watsons. Hak Cipta Terpelihara
HomeProductPromotionMy AccountMore