Blog Page
📢 Members Free Delivery with min. spend 75KStore locator
WatsonsLoreal ParisMaybellineCetaphilWardah0
Member Promo Makeup Perawatan Kulit Kesehatan Perawatan Tubuh Makanan Watsons Eksklusif All Brands Blog Login / Register
Share

Memiliki kulit kering bersisik tentu bukanlah hal yang nyaman. Kondisi ini biasanya ditandai dengan kulit yang tampak kering dan pecah-pecah, kemerahan, lapisan luar kulit yang terkelupas, serta sensasi rasa gatal. Kamu pun memerlukan upaya perawatan yang maksimal agar kondisi kulit yang demikian bisa segera mereda.

Nah, agar dapat terhindar dari kondisi kulit yang amat kering, kamu perlu tahu berbagai hal yang dapat menjadi penyebabnya. Yuk, simak tujuh penyebab kulit kering bersisik agar kamu dapat menghindari kondisi kulit yang tidak diharapkan!

1. Paparan sinar matahari

Salah satu penyebab utama yang bisa membuat kulit kering hingga terkesan bersisik adalah paparan sinar matahari. Kamu perlu tahu bahwa paparan sinar matahari yang mampu menghasilkan sinar ultraviolet ini dapat masuk dan menembus jauh ke dalam permukaan kulitmu. Akibatnya, kulit mengalami dehidrasi karena kelembapan alami yang dimilikinya berkurang. 

Kondisi tersebut membuat kulit berpotensi menjadi kering dan bukan tidak mungkin akan bersisik. Itulah mengapa kamu perlu menjaga diri dari paparan sinar matahari agar kondisi kulit dapat terjaga dengan benar. Caranya tentu saja dengan rajin menggunakan sunscreen!

2. Kurang minum air mineral

Kamu tentu tahu kalau tubuhmu perlu cairan yang cukup agar dapat bekerja secara optimal. Itulah mengapa memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh sangat penting untuk dilakukan. Bukan hanya itu, jika kebutuhan cairan dalam tubuh tidak terpenuhi karena kurang minum air mineral, maka hal tersebut juga dapat berdampak pada kondisi kulitmu, lho.

Kurang minum air mineral dapat membuat kulit menjadi dehidrasi, kering, dan juga tidak bercahaya. Untuk itu, kamu perlu memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuhmu agar kesehatan kulit tetap terjaga, ya! Setidaknya minumlah sekitar delapan gelas air mineral dalam sehari.

3. Gejala penyakit tertentu 

Kondisi kulit yang demikian juga bisa menjadi gejala dari penyakit tertentu, seperti psoriasis, dermatitis kontak, dan juga tinea pedis. Psoriasis, misalnya, merupakan jenis penyakit kulit dengan gejala kulit kering, berkerak, pecah-pecah, dan berdarah. Selain itu, psoriasis juga membuat kulit menjadi tampak bersisik karena pergantian sel kulit yang terlalu cepat.

Kemudian, penyakit peradangan pada kulit yang diakibatkan oleh zat tertentu, atau dikenal sebagai dermatitis kontak, juga mampu menjadi salah satu penyebab dari kondisi kulit kering bersisik. Sementara itu, tinea pedis adalah infeksi jamur yang biasanya muncul di sela-sela jari kaki.

4. Sabun yang digunakan terlalu keras

Penggunaan berbagai jenis produk yang mengandung zat kimia, seperti sabun, deterjen, serta jenis produk pembersih lainnya pun dapat menjadi penyebab kulitmu menjadi kering dan bersisik. Kandungan yang dikenal dengan sebutan Surfaktan pada berbagai jenis produk pembersih tersebut membuat lapisan terluar kulit menjadi rusak. Selain itu, kulit pun dapat menjadi kering dan mengalami iritasi akibat penggunaan produk sabun dengan kandungan bahan kimia yang terlalu keras.

5. Terlalu lama mandi dengan air hangat

Kegemaran mandi dengan air hangat dapat menjadi salah satu penyebab kulit menjadi kering dan bersisik, terutama jika kegiatan mandi dengan air hangat ini dilakukan dalam durasi waktu yang terlalu lama. Itulah mengapa meski mandi dengan air hangat terasa sangat menenangkan, agar dapat menghindari kondisi kulit kering berisik ini, kamu tetap perlu membatasi waktu mandi agar tidak terlalu lama.

6. Penuaan

Memang, kondisi kulit kering sampai seperti bersisik ini bisa dialami oleh siapa saja. Akan tetapi, jika kamu sudah berusia lanjut, terutama jika sudah melewati usia 40-an, kamu memiliki risiko yang lebih tinggi untuk mengalami kulit kering bersisik. Hal tersebut terjadi karena penuaan membuat produksi sebum atau minyak alami yang menjadi pelumas kulit semakin berkurang, sehingga potensi kulit kering bersisik menjadi lebih besar.

7. Iritasi kulit

Hal lain yang dapat menjadi penyebab kulit kering adalah iritasi pada kulit. Selain sensasi tidak nyaman yang tidak jarang membuat aktivitasmu terganggu, iritasi kulit ini juga dapat menjadi penyebab kulit menjadi kering dan bersisik. Itulah mengapa kamu perlu memperhatikan kondisi kulitmu secara maksimal.

Untuk menjaga kesehatan kulit dan mencegah kondisi kulit menjadi kering bersisik, kamu perlu merawat kulit dengan baik. Salah satu caranya adalah dengan mengaplikasikan produk moisturizer secara teratur sehingga kulitmu senantiasa lembap dan halus. Berbagai jenis produk pelembap dapat kamu peroleh di Watsons Indonesia, ya!

Rekomendasi produk-produk untukmu

Previous

7 Obat Batuk Alami yang Bisa Dibuat Sendiri di Rumah

Next

6 Urutan Pemakaian Skincare Pagi untuk Wajah Sehat dan Terawat

Related Topics
Share
IKUTI KAMI

DAPATKAN UPDATE TERBARU

Footer Payment Logo 20220614
Unduh Aplikasi Watsons ID
Unduh versi iPhone atau Android
A Member of A.S. Watson Group - CK Hutchison Holdings
© Watsons. Hak Cipta Terpelihara
HomeProductPromotionMy AccountMore