Blog Page
📢 Members Free Delivery with min. spend 75KStore locator
WatsonsLoreal ParisMaybellineCetaphilWardah0
Member Promo Makeup Perawatan Kulit Kesehatan Perawatan Tubuh Makanan Watsons Eksklusif All Brands Blog Login / Register
Share

Watsons Friends pasti sudah sering mendengar, kan, bahwa sunscreen adalah salah satu produk rangkaian perawatan kulit yang amat penting? Pernyataan tersebut tidaklah salah. Meski di masa lalu sunscreen alias tabir surya dengan sunblock yang dioles sebelum berenang dan kegiatan outdoor lainnya, kini sunscreen sudah dipahami oleh masyarakat sebagai pelindung kulit. Dari penuaan kulit hingga masalah jerawat bisa diatasi dengan penggunaan tabir surya, lho! Berikut ini cara pakai terbaik beserta rekomendasi sunscreen yang bisa kamu coba.


Sunscreen dipakai sebelum atau setelah pelembap?

Pada dasarnya suncreen terdiri dari dua kategori bahan aktif :

Penyerap UV, yaitu bahan kimia yang menyerap sinar UV dan melepaskan energi sebagai panas rendah; dan

Reflektor UV, yaitu mineral atau partikel fisik, yang memantulkan atau menyebarkan sinar UV dari kulit.

Jadi, kembali ke pertanyaan: “Sunscreen atau pelembap dulu?”, karena sunscreen kimia dan fisik bekerja secara berbeda, jawabannya tergantung pada jenis sunscreen yang kamu gunakan.

Sunscreen kimiawi digunakan sebelum pelembap, 20-30 menit sebelum kulit terpapar sinar matahari. Untuk menghemat waktu, kamu bisa coba pelembab serbaguna yang mengandung SPF. Namun, jangan campur sendiri pelembap dengan sunscreen, karena hasilnya tidak akan efektif.

Sedangkan sunscreen fisik biasanya mengandung bahan-bahan seperti titanium dioxide atau zinc oxide yang berperan seperti perisai dari sinar UV, sehingga cocok diaplikasikan sebagai lapisan akhir setelah pelembap dan skincare lainnya. Tak perlu jeda waktu sebelum terpapar sinar matahari.


Apakah kulit berjerawat juga perlu memakai sunscreen?

Tentu saja. Sunscreen dapat memblokir kerusakan akibat sinar UV yang berbahaya. Ini menurunkan risiko kanker kulit dan mencegah penuaan dini pada kulit, juga membantu mempertahankan warna kulit yang lebih halus dan merata. Karena itulah, penggunaan sunscreen secara rutin juga perlu, sekalipun di kulit berjerawat. Berikut ini yang perlu diperhatikan saat memilih sunscreen yang cocok untuk kulit berjerawat:

  • Produk oil-free (bebas minyak) dan nonkomedogenik

Produk sunscreen yang oil-free sangat baik untuk kulit berjerawat karena tidak menambah kadar minyak yang dikhawatirkan bisa menyumbat pori-pori dan menyebabkan lebih banyak jerawat. Selain itu, produk oil-free lebih ringan di kulit sehingga cocok untuk sehari-hari.

Melengkapi produk oil-free, ada pula produk nonkomedogenik yang berarti tidak mengandung bahan penyumbat pori-pori. Berfungsi memecah minyak berlebih dan menjaga kulit tetap terhidrasi, sehingga efektif melindungi kerusakan akibat sinar matahari pada kulit berjerawat.

  • Cair dan gel

Sunscreen dalam bentuk lotion dan krim cocok untuk jenis kulit normal hingga kering. Untuk kulit berminyak dan berjerawat, lebih baik mencoba sunscreen yang bersifat cair atau gel. Jenis tabir surya cair maupun gel sangat ringan dan cepat diserap oleh kulit. Disarankan juga untuk mencoba sunscreen dalam bentuk spray (semprotan).

  • SPF 30 atau lebih

SPF (Sun Protection Factor) menandakan berapa lama kamu terlindung dari sinar UV. Penting untuk memilih sunscreen dengan SPF 30 atau lebih untuk menghalangi sekitar 97% sinar UV. Jangan lupa untuk mengaplikasikan sunscreen pada kulit sekalipun di hari hujan, untuk melindungi kulitmu secara menyeluruh.


Kebutuhan sunscreen-mu juga bisa dilihat melalui tabel SPF berikut

SPF Guide untuk Rekomendasi Sunscreen

Atas ke bawah: warna kulit dari paling terang sampai paling gelap.

Kiri ke kanan: durasi terpapar sinar matahari, 1 jam sampai dengan 5 jam.

Masih bingung memlilih sunscreen yang tepat untukmu? Tenang, Watsons siap bantu dengan Sunscreen Finder! Mudah saja kok, cukup klik link barusan, temukan beberapa pertanyaan mudah, lalu jawab sesuai dengan kondisi kulitmu untuk dapatkan rekomendasi sunscreen spesial untukmu.

Berbagai produk sunscreen bisa kamu temukan dengan mudah di Watsons Indonesia dan aplikasi Watsons ID (iOS dan Android OS). Apalagi sekarang kamu bisa pakai kode voucher SKINFEST40K untuk dapatkan diskon Rp 40.000 dengan minumum pembelanjaan produk skincare senilai Rp 200.000 di Watsons online. Jadi mulai sekarang, yuk, protect your skin!

Cek juga rekomendasi sunscreen berikut ini

(harga tertera adalah sebelum diskon)
Previous

Cara Mudah Douyin Makeup yang Lagi Viral

Next

Simak 5 Kandungan Penting di Minyak Rambut Bayi

Related Topics
Share
IKUTI KAMI

DAPATKAN UPDATE TERBARU

Footer Payment Logo 20220614
Unduh Aplikasi Watsons ID
Unduh versi iPhone atau Android
A Member of A.S. Watson Group - CK Hutchison Holdings
© Watsons. Hak Cipta Terpelihara
HomeProductPromotionMy AccountMore