Blog Page
📢 Members Free Delivery with min. spend 75KStore locator
WatsonsLoreal ParisMaybellineCetaphilWardah0
Member Promo Makeup Perawatan Kulit Kesehatan Perawatan Tubuh Makanan Watsons Eksklusif All Brands Blog Login / Register
Share

Kamu pasti sudah tidak asing lagi mendengar kata SPF. Saat kamu membeli sunscreen atau tabir surya, pasti hal pertama yang biasanya diperhatikan adalah SPF-nya. SPF adalah besaran nilai yang tertera di kemasan sunscreen untuk menunjukkan level proteksi produk terhadap efek buruk sinar matahari. Nah, beragamnya besaran SPF dalam sunscreen bisa membuat kamu bingung memilih mana yang tepat untuk kulitmu. Karenanya, yuk simak penjelasan mengenai SPF di bawah ini!

Pengertian apa itu SPF

SPF adalah singkatan dari Sun Protection Factor, sebuah besaran angka yang memberitahumu tingkat perlindungan sunscreen terhadap sinar matahari. Biasanya jika kamu tersengat sinar matahari, maka kulitmu akan terbakar atau mengalami sunburn. Nah, besaran angka SPF akan menjadi acuan seberapa lama kulitmu bisa bertahan sebelum mengalami kulit terbakar. Semakin besar nilai SPF, maka semakin kuat perlindungannya.

Misalnya, jika kulitmu mengalami sunburn dalam waktu 10 menit setelah berada di bawah sinar matahari, maka sunscreen dengan SPF 20 akan memberikan proteksi sebesar 20 kali lipat. Jadi, kamu bisa bertahan di bawah sinar matahari selama kurang lebih tiga jam. Meski demikian, bukan berarti kamu bisa sepenuhnya mengandalkan sunscreen dengan SPF tertentu. Misalnya, hanya karena kamu sudah menggunakan sunscreen SPF 50, bukan berarti kamu bisa berdiri di bawah sinar matahari selama delapan jam non stop.

Ada banyak hal yang perlu diperhatikan agar sunscreen benar-benar memberi proteksi yang maksimal bagi kulitmu. Banyak faktor yang memengaruhi intensitas sinar matahari. Apalagi, efek sinar UV terbagi menjadi dua, yakni UVA dan UVB. UVA akan menyebabkan penuaan kulit, sedangkan UVB bisa menyebabkan kulit terbakar.

3 Jenis SPF

Angka SPF adalah faktor yang menentukan seberapa besar sunscreen bisa memblokir efek sinar UV. Memilih tabir surya yang tepat mungkin akan membingungkan mengingat ada berbagai pilihan dengan nilai SPF yang beragam. Di pasaran, tersedia berbagai macam pilihan SPF yang berbeda, namun yang paling sering dijumpai adalah tiga jenis SPF berikut ini;

  • SPF 15 dapat menangkal hingga 93% sinar UVB
  • SPF 30 dapat menangkal hingga 97% sinar UVB
  • SPF 50 dapat menangkal hingga 98% sinar UVB

Bagi kita yang berada di daerah tropis, ada baiknya memilih sunscreen yang minimal memiliki SPF 30.

Tips melindungi kulit dari sinar UV

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, kamu tak bisa sepenuhnya mengandalkan sunscreen dengan nilai SPF yang besar. Untuk menjaga kesehatan kulitmu secara ekstra, simak tips melindungi kulit dari paparan sinar UV di bawah ini.

1. Pakai sunscreen setiap saat

Agar kulitmu terproteksi dengan baik, gunakanlah sunscreen setiap waktu. Sering kali orang tidak sadar bahwa sinar matahari tetap ada meskipun hari sedang mendung, untuk itu pakailah tabir suryamu setiap saat. Supaya perlindungannya maksimal, pastikan kamu menggunakan tabir surya 30 menit sebelum terpapar sinar UV, lalu aplikasikan kembali setelah dua jam berada di bawah matahari. Jika tabir surya memiliki SPF yang lebih rendah, mungkin kamu harus melakukan pengaplikasian ulang sebelum dua jam.

2. Gunakan pakaian tertutup

Meski sudah menggunakan tabir surya, kamu tetap harus melakukan perlindungan lebih untuk kulitmu, apalagi jika kamu akan berada di bawah sinar matahari langsung. Gunakan pakaian yang tertutup seperti celana panjang atau baju berlengan panjang yang tidak terlalu tebal agar tidak membuat dirimu berkeringat. Keringat dapat melunturkan sunscreen yang telah kamu aplikasikan. Kenakan juga kacamata hitam atau topi untuk melindungi bagian tubuh yang tidak dilindungi oleh tabir surya.

3. Jangan terlalu lama di bawah sinar matahari

Efek buruk sinar UV biasanya terjadi mulai pukul 10.00 hingga 14.00, untuk itu batasi aktivitas di luar jam tersebut. Jika kamu harus beraktivitas di bawah sinar matahari, pastikan untuk tidak terlalu lama serta melakukan proteksi maksimal seperti tips-tips sebelumnya.

4. Pilih produk berlabel broad spectrum

Seperti sudah disinggung sebelumnya, sinar matahari akan memancarkan dua jenis sinar UV, yakni UVA dan UVB. Pilihlah sunscreen yang bertuliskan broad spectrum karena tabir surya tersebut berarti akan melindungimu dari UVA dan UVB. Dengan memilih tabir surya yang berlabelkan broad spectrum, kamu tak hanya melindungi kulit dari efek sunburn tapi juga penuaan dini. 

Bagaimana? Setelah mengetahui bahwa SPF adalah faktor penting untuk menjaga kesehatan kulitmu, sudahkah sunscreen-mu sudah memiliki SPF yang tepat dan berlabel broad spectrum? Jika belum, kamu bisa mendapatkan berbagai pilihan produk sunscreen di Watsons Indonesia!

Previous

Foundation Finder: Inovasi Pencari Warna Foundation yang Sesuai Kulit Wajah

Next

Berikut 6 Manfaat Paw Paw Ointment untuk Kesehatan Kulit

Related Topics
Share
IKUTI KAMI

DAPATKAN UPDATE TERBARU

Footer Payment Logo 20220614
Unduh Aplikasi Watsons ID
Unduh versi iPhone atau Android
A Member of A.S. Watson Group - CK Hutchison Holdings
© Watsons. Hak Cipta Terpelihara
HomeProductPromotionMy AccountMore