Blog Page
📢 Members Free Delivery with min. spend 75KStore locator
WatsonsLoreal ParisMaybellineCetaphilWardah0
Member Promo Makeup Perawatan Kulit Kesehatan Perawatan Tubuh Makanan Watsons Eksklusif All Brands Blog Login / Register
Share

Stretch mark menjadi salah satu permasalahan kulit yang cukup mengganggu. Stretch mark adalah kemunculan garis-garis atau guratan pada bagian tubuh seperti perut, dada, bokong, pinggul, atau bagian lainnya. Kemunculan garis-garis ini sebenarnya tidak berbahaya, namun cukup mengganggu penampilan, apalagi jika muncul di bagian tubuh yang tidak tertutup pakaian. Keadaan seperti ini biasanya dialami oleh ibu hamil atau orang dewasa. Namun, tidak jarang terjadi pula stretch mark pada remaja. Apa saja yang menyebabkannya dan bagaimana cara mengatasinya? Simak penjelasannya di bawah ini, ya!


Faktor penyebab

Stretch mark pada remaja sebenarnya adalah hal yang normal terjadi. Salah satu penyebabnya adalah fase pubertas. Pada fase ini, memang terjadi perubahan hormon yang membuat masa pertumbuhan menjadi sangat cepat. Percepatan pertumbuhan tubuh ini pun membuat stretch mark muncul pada tubuh sebagian anak muda, seperti pinggul, paha, bokong, payudara, perut, punggung, lengan, lutut, bahkan kaki.

Selain itu, perubahan berat badan yang signifikan dan terjadi dengan tiba-tiba juga bisa memunculkan stretch mark pada bagian tubuh remaja. Kemudian, aktivitas fisik yang berat juga bisa menimbulkan munculnya garis-garis ini. Aktivitas fisik memang bisa membuat perubahan bentuk tubuh terjadi dengan cepat.


Cara mengatasi stretch mark secara alami

Kamu tidak perlu khawatir, permasalahan stretch mark pada remaja bisa diatasi dengan mudah. Berbagai cara alami bisa dilakukan untuk menghilangkan permasalahan pada kulit ini. Berikut ini adalah cara-cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi stretch mark pada remaja.

1. Mengonsumsi Vitamin A

Dengan mencukupi kebutuhan vitamin A atau retinoid, kulit bisa menjadi lebih sehat dan halus. Rutinlah mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A seperti wortel dan ubi agar untuk memenuhi kadar kebutuhan vitamin A bagi tubuh.

2. Mengoleskan campuran gula

Campuran gula dipercaya bisa menghilangkan stretch mark pada remaja dengan alami. Dengan gula, kamu bisa melakukan metode mikrodermabrasi naturopati, yang sering dilakukan oleh dokter kulit untuk memudarkan stretch mark

Langkah-langkah pemakaian campuran gula ini juga terbilang cukup mudah dilakukan sendiri. Pertama-tama, campurkan satu cangkir gula dengan 1/4 cangkir senyawa pelembut seperti minyak kelapa atau minyak almond. 

Selanjutnya, kamu bisa menambahkan perasan air lemon. Lalu, gosok campuran tersebut pada bagian tubuh yang terdapat stretch mark. Lakukan sebanyak 2-3 kali dalam seminggu, lalu gosok sekitar 8-10 menit. Hasilnya akan terlihat setelah pemakaian secara rutin.

3. Oleskan minyak kelapa

Selanjutnya, minyak kelapa bisa menjadi opsi untuk mengatasi stretch mark anak muda. Pengaplikasiannya cukup mudah, yaitu dengan mengoleskan minyak kelapa pada bagian stretch mark secara rutin. Hasilnya, stretch mark akan mudah luntur. Namun, perlu dipastikan dulu kalau kamu tidak memiliki alergi terhadap minyak kelapa.

(harga tertera adalah sebelum diskon)

4. Aplikasikan lidah buaya

Kamu juga bisa memakai lidah buaya untuk menghilangkan stretch mark. Tumbuhan ini memang banyak dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit. Tanaman ini dipercaya bisa menghilangkan stretch mark karena bisa menyembuhkan luka dan melembutkan kulit. 

Untuk lebih memudahkan, kamu bisa juga menggunakan gel lidah buaya yang saat ini banyak dijual di toko kecantikan. Watsons Indonesia menyediakan berbagai produk gel lidah buaya yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan stretch mark.

(harga tertera adalah sebelum diskon)

5. Pakai asam hialuronat

Terakhir, asam hialuronat bisa menjadi pilihan untuk menghilangkan stretch mark pada remaja. Asam hialuronat ini dipercaya mampu melindungi sel-sel kulit yang memproduksi kolagen. Kamu bisa mengaplikasikan asam hialuronat secara langsung pada kulit. Ada banyak produk perawatan kulit seperti krim, lotion, atau lainnya yang mengandung asam hialuronat, sehingga kamu bisa dengan mudah mendapatkannya.

(harga tertera adalah sebelum diskon)

Itulah penjelasan dan beberapa tips untuk mengatasi stretch mark pada remaja. Jika membutuhkan produk perawatan kulit untuk menghilangkan stretch mark, kamu bisa temukan di Watsons Indonesia maupun aplikasi Watsons ID (iOS dan Android OS), yang menyediakan berbagai produk perawatan kulit sesuai kebutuhan!

Previous

Jenis-jenis Korean Skincare yang Jadi Tren Tahun 2022

Next

5 Cara Mengangkat Sel Kulit Mati agar Wajah Makin Cerah

Related Topics
Share
IKUTI KAMI

DAPATKAN UPDATE TERBARU

Footer Payment Logo 20220614
Unduh Aplikasi Watsons ID
Unduh versi iPhone atau Android
A Member of A.S. Watson Group - CK Hutchison Holdings
© Watsons. Hak Cipta Terpelihara
HomeProductPromotionMy AccountMore