Get the App
DOWNLOAD NOW
QR Code App Watsons
  • google-play.png
  • app-store.png
Find a Store Blog
Watsons Services
0
MY BAG
Share

Halo, para calon ibu! Kalian pasti tahu bahwa kehamilan bisa membawa berbagai perubahan pada tubuh, salah satunya adalah kram perut. Meski terasa mengganggu, kram perut saat hamil sebenarnya adalah peristiwa normal saat kamu sedang hamil. Tapi, kamu tidak perlu khawatir karena ada beberapa langkah mudah yang bisa membantu mengurangi rasa tidak nyaman ini. Yuk, simak caranya!


Penyebab Kram Perut saat Hamil

Sebelum kita masuk ke cara mengatasinya, pahami dulu apa yang membuat kram perut ini muncul. Saat hamil, rahim kamu akan terus berkembang karena sedang menampung si kecil yang bertumbuh dari waktu ke waktu. Pertumbuhan rahim inilah yang sering kali menyebabkan kram. Selain itu, perubahan hormon dan peningkatan aliran darah ke rahim juga bisa jadi penyebabnya. 

Kalau kamu merasakan kram perut saat hamil, ingatlah bahwa ini merupakan hal yang wajar. Tapi, ada kalanya kram perut bisa jadi tanda sesuatu yang lebih serius. Misalnya, kalau kram disertai dengan pendarahan, keputihan berlebihan, atau sakit punggung yang terus-menerus, sebaiknya kamu segera periksakan diri ke dokter kandungan.


Cara Mengatasi Kram

Supaya peristiwa kram perut ini tidak kian parah, kamu bisa melakukan beberapa cara berikut secara mandiri di rumah. Mari simak bersama-sama!

1. Lakukan latihan ringan

Cara mengatasi kram perut saat hamil yang pertama adalah dengan melakukan aktivitas fisik ringan

Cara mengatasi kram perut saat hamil yang pertama adalah dengan melakukan aktivitas fisik ringan, seperti berjalan kaki atau yoga khusus untuk ibu hamil. Gerakan lembut ini tidak hanya meredakan kram, tapi juga bisa meningkatkan sirkulasi darah dan membuatmu merasa lebih baik secara umum.

Jangan lupa juga melakukan pemanasan sebelum olahraga dan dengarkan tubuhmu, ya. Ketika tubuh sudah memberi sinyal kelelahan, tidak ada salahnya untuk berhenti sebentar dan melanjutkannya kembali saat tubuh sudah bertenaga.

2. Ganti posisi tubuh secara berkala

peregangan dengan cara berdiri atau berjalan-jalan sebentar setiap satu jam sekali

Jika kamu bekerja di depan komputer atau sering duduk selama berjam-jam, usahakan untuk tetap melakukan peregangan dengan cara berdiri atau berjalan-jalan sebentar setiap satu jam sekali.

Kamu juga bisa mengganti posisi duduk setiap beberapa menit sekali dan coba berbagai posisi yang nyaman untuk mengurangi tekanan pada perut.

3. Berendam air hangat

berendam mengurangi potensi kram perut saat hamil

Siapa yang tidak suka berendam di air hangat? Ternyata, kebiasaan ini tidak hanya bisa membuatmu lebih rileks, tetapi juga dapat mengurangi potensi kram perut saat hamil.

Sebab, air hangat memang dapat mengendurkan otot-otot dan meredakan nyeri. Supaya manfaat yang kamu rasakan makin optimal, tambahkan garam Epsom yang semakin memberimu efek relaksasi.

4. Banyak minum air putih

hamil? pastikan kamu mengonsumsi air mineral yang cukup sekitar satu sampai dua liter per hari

Kehamilan meningkatkan kebutuhan tubuh akan cairan. Soalnya, kamu tidak hanya memenuhi kebutuhan cairan diri sendiri, tapi juga bagi si kecil. Makanya, pastikan kamu mengonsumsi air mineral yang cukup sekitar satu sampai dua liter per hari atau setara delapan gelas air.

Air mineral sangat baik untuk mencegah dehidrasi yang menjadi pemicu kram perut saat hamil. Supaya kebutuhan air harianmu sentiasa terpenuhi, cobalah bentuk kebiasaan baru, yakni membawa botol air ke mana pun kamu pergi.

5. Gunakan kompres hangat

Cara berikutnya untuk mengatasi kram perut, yaitu dengan memberi kompres hangat pada perut. Kamu bisa menggunakan cara manual dengan menggunakan handuk basah yang direndam pada semangkuk air hangat atau dengan cara menempelkan Cap Lang iFree Pad. Apakah itu?

Cap Lang iFree Pad merupakan pad kompres hangat yang simpel karena hanya perlu ditempel ke perut. Ketahanannya yang mencapai delapan jam penggunaan ini membuatnya jadi pilihan termudah saat kamu tidak sempat menyiapkan kompres secara manual. Selain itu, pad ini juga tidak membuat zat kimia tertentu terserap dalam tubuh sehingga tetap aman. Tapi, tetap konsultasikan dengan dokter kandungan terlebih dahulu, ya!

Harga sebelum diskon member Watsons Club. 
Klik produk untuk diskon & voucher

Itu dia beberapa tips yang bisa kamu coba untuk mengatasi kram perut saat hamil. Ingat, setiap ibu hamil itu unik. Jadi, cobalah untuk selalu mendengarkan tubuhmu dan jangan ragu untuk meminta bantuan profesional saat diperlukan. Jangan lupa juga untuk membekali diri dengan Cap Lang iFree Pad, kompres panas praktis yang bisa kamu beli di website Watsons Indonesia maupun aplikasi Watsons ID (iOS dan Android OS)!

Coba juga:

Harga sebelum diskon member Watsons Club. 
Klik produk untuk diskon & voucher
Harga sebelum diskon member Watsons Club. 
Klik produk untuk diskon & voucher
Previous

Suplemen Tinggi Serat Bantu Kontrol Berat Badan

Next

6 Manfaat Sit Up untuk Kesehatan Tubuh #JumatSehat

Related Topics
Share