Dapatkan Aplikasinya
DOWNLOAD SEKARANG
QR Code App Watsons
  • google-play.png
  • app-store.png
Temukan Toko Kami Blog
Layanan Watsons
0
TAS SAYA
Share

Sebagai seorang ibu, mungkin kamu pernah bingung, bagaimana caranya memenuhi asupan gizi sang buah hati, apakah hanya boleh memberikan ASI atau bisa dicampur dengan susu formula? Seperti yang kamu tahu, susu formula (sufor) adalah produk yang dirancang khusus untuk memberikan nutrisi penting kepada bayi ketika ASI tidak tersedia atau tidak mencukupi.

Bagi ibu yang kesulitan memproduksi ASI atau sedang mencari sumber lain untuk mencukupi kebutuhan nutrisi si kecil, sufor dapat menjadi alternatif terbaik. Namun, penting untuk mengetahui keamanan bayi yang mengonsumsi sufor secara rutin. Yuk, kita cari tahu jawabannya di sini!


Aman atau Tidak?

Meskipun para ahli medis lebih menyarankan bayi di bawah usia 1 tahun hanya diberikan ASI eksklusif, susu formula sebenarnya aman untuk dikonsumsi. Beberapa situasi bahkan mengharuskan bayi untuk mengonsumsi sufor, misalnya ketika bayi lahir prematur, memiliki alergi atau intoleransi terhadap komponen ASI, atau mengalami kondisi medis tertentu yang membutuhkan nutrisi tambahan.


Berikan Susu Formula dengan Tepat

Meski aman, penting untuk memilih susu formula yang tepat. Berikut ini adalah tujuh cara memberikan sufor yang aman untuk si kecil.

Perhatikan daftar komposisi susu formula

Sebelum membeli sufor, penting untuk memperhatikan daftar komposisi yang tertera pada kemasan. Pastikan sufor mengandung nutrisi penting, seperti protein, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral, sesuai dengan usia dan kebutuhan bayi. Contohnya, untuk bayi yang alergi terhadap susu sapi, pilih sufor yang mengandung protein nabati, seperti protein kedelai atau protein susu kambing.

Ketahui frekuensi dan jumlah pemberian yang tepat

Setiap usia bayi memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda. Penting untuk mengikuti pedoman yang disarankan oleh ahli gizi atau dokter anak dalam memberikan sufor. Sebagai contoh, bayi berusia 0-2 bulan umumnya membutuhkan pemberian sufor sebanyak 8-10 kali sehari dengan jumlah sekitar 60-90 ml untuk sekali minum.

Bersihkan tangan dan botol susu terlebih dahulu

Sebelum menyediakan susu formula, pastikan tanganmu bersih dan sudah mencuci botol susu dengan sabun dan air hangat selama kurang lebih 20 detik. Bersihkan juga peralatan lainnya dengan air sabun panas dan bilas menggunakan air bersih. Hal ini penting supaya kuman dan bakteri yang terdapat di botol susu maupun peralatan membuatnya bisa hilang dengan sempurna.

Pastikan susu formula belum kadaluarsa

Periksa tanggal kadaluarsa pada kemasan sufor sebelum digunakan. Jangan pernah memberikan sufor yang sudah melewati tanggal kadaluarsa. Sebab, kemungkinan kandungan dan nutrisi yang terdapat di dalamnya sudah rusak atau kurang baik untuk dikonsumsi. Memberikan sufor yang telah kedaluwarsa juga dapat membahayakan kondisi bayi.

Gunakan air panas untuk menyeduh susu

Ikuti petunjuk pada kemasan sufor. Biasanya kamu akan disarankan untuk menyeduhnya dengan air panas yang telah didinginkan hingga mencapai suhu tertentu. Pastikan air yang kamu pakai itu bersih dan aman untuk dikonsumsi, ya! Misalnya, gunakan air matang yang sudah didiamkan selama 30 menit agar mencapai suhu sekitar 70-80 derajat Celsius sebelum menyeduh sufor bagi bayi.

Berikut ini rekomendasi sufor terbaik:

Harga sebelum diskon member Watsons Club. 
Klik produk untuk diskon & voucher

Jangan meninggalkan susu formula terlalu lama

Setelah diseduh, sufor sebaiknya dikonsumsi oleh bayi dalam waktu satu jam. Jangan biarkan susu berada di ruangan terlalu lama karena dapat menyebabkan pertumbuhan bakteri berbahaya. Contohnya, jika bayimu tidak menghabiskan seluruh botol sufor dalam satu jam, buang sisa susu tersebut dan jangan menyimpannya untuk pemberian pada periode berikutnya.

Segera hentikan pemberian susu formula pada gejala tertentu

Setiap bayi dapat memiliki respons yang berbeda terhadap susu formula. Jika bayimu menunjukkan gejala, seperti ruam kulit, diare persisten, muntah berlebihan, atau reaksi alergi lainnya, setelah mengonsumsi sufor tertentu, segera hentikan pemberiannya dan konsultasikan dengan dokter. Nanti dokter akan membantu mengevaluasi kondisi bayi dan merekomendasikan jenis susu yang lebih cocok untuknya.


Susu formula dapat menjadi alternatif yang aman kalau kamu ingin memenuhi kebutuhan nutrisi si kecil di situasi tertentu. Meski begitu, tetap penting untuk memilih sufor yang tepat, mengikuti petunjuk penggunaan dengan cermat, dan mengamati respon bayi terhadap susu tersebut. Buat kamu yang sedang mencari produk sufor untuk bayi berusia 1 tahun, ada Morinaga Chil Kid yang bisa kamu beli di website Watsons Indonesia maupun aplikasi Watsons ID (iOS dan Android OS).

Harga sebelum diskon member Watsons Club. 
Klik produk untuk diskon & voucher

Yuk, prioritaskan kebutuhan nutrisi dan kesehatan si kecil dengan memilih susu formula yang sesuai!

Previous

Rekomendasi Moisturizer Wardah untuk 6 Tipe Kulit

Next

Kenalan dengan Aneka Facial Wash Skintific, yuk!

Related Topics
Share