Dapatkan Aplikasinya
DOWNLOAD SEKARANG
QR Code App Watsons
  • google-play.png
  • app-store.png
Temukan Toko Kami Blog
Layanan Watsons
0
TAS SAYA
Share

Gejala tidak nyaman yang sering dialami oleh penderita maag termasuk rasa nyeri atau terbakar di bagian atas perut (dispepsia), rasa begah, kembung, perut terasa penuh, dan sering muncul rasa mual. Kadang-kadang, gejala maag juga bisa disertai dengan muntah, bersendawa, atau perasaan tidak nyaman setelah makan. Nah, pentingnya memilih jenis obat maag yang tepat menjadi krusial, terutama dengan banyaknya varian obat yang beredar di pasaran. Biar tak bingung, yuk, simak 4 jenis obat maag dan rekomendasinya di artikel ini!


Jenis-jenis Obat Maag

Berikut jenis-jenis obat maag yang umum di pasaran:

1. Antasida

Antasida digunakan untuk mengurangi rasa terbakar dan kembung akibat kelebihan asam lambung. Obat ini bekerja dengan mengimbangi kelebihan asam lambung dengan zat basa sehingga menetralisir kelebihan asam. Antasida umumnya mengandung senyawa seperti magnesium hidroksida, aluminium hidroksida, atau kalsium karbonat yang cepat meredakan gejala maag, tapi efeknya bersifat sementara. Antasida juga bisa digunakan sebagai obat penahan sakit perut.

2. Antibiotik

Antibiotik digunakan dalam pengobatan maag saat penyebabnya adalah infeksi bakteri Helicobacter pylori. Bakteri ini bisa menyebabkan tukak lambung dan gejala maag yang lebih serius. Biasanya, antibiotik diberikan bersama dengan obat lain seperti penghambat pompa proton atau H2 blocker untuk mengurangi produksi asam lambung.

3. H2 blocker

H2 blocker adalah obat yang bekerja dengan menghambat reseptor histamin H2 dalam lambung. Obat ini mengurangi produksi asam lambung dan membantu mengurangi gejala maag seperti nyeri ulu hati, kembung, dan mual. Contoh obat H2 blocker termasuk ranitidine dan famotidine. Obat-obat ini umumnya digunakan untuk mengatasi gejala maag ringan hingga sedang.

4. Proton Pump Inhibitor (PPI)

PPI adalah obat yang bekerja dengan menghambat pompa proton dalam sel-sel lambung. Obat ini sangat efektif untuk mengurangi produksi asam lambung dan digunakan dalam kasus-kasus maag yang lebih serius atau jika gejala tidak merespons obat lain. Contoh obat PPI termasuk omeprazole, lansoprazole, dan esomeprazole. PPI bisa membantu mengatasi gejala tukak lambung, GERD (refluks asam gastroesofageal), dan maag lainnya yang disebabkan oleh produksi asam lambung berlebih.


Rekomendasi Produk

Berikut rekomendasi obat maag yang mudah didapat:

1. Mylanta Tablet

Mylanta tablet adalah obat yang sering digunakan untuk mengatasi gejala maag. Obat ini mengandung aluminium hydroxide gel kering, magnesium hydroxide, dan simethicone. Fungsi utama Mylanta adalah menurunkan asam lambung dan mengurangi gejala-gejala yang berkaitan dengan lambung. Mylanta tersedia dalam bentuk tablet yang bisa dikunyah dengan cepat dan memberikan bantuan dalam meredakan ketidaknyamanan maag.

Harga sebelum diskon. 
Klik produk untuk diskon & voucher

2. Sido Muncul Esemag

Sido Muncul Esemag adalah obat yang mengandung zat aktif curcuminoid dari kunyit, licorice, dan meniran. Obat ini dikenal karena kemampuannya meringankan gangguan lambung, termasuk gejala seperti mual, muntah, serta rasa perih atau tidak enak di ulu hati. Curcuminoid dari kunyit memiliki sifat antiinflamasi dan bisa membantu meredakan peradangan pada dinding lambung. 

Harga sebelum diskon. 
Klik produk untuk diskon & voucher

3. Polysilane Tablet

Polysilane efektif dalam mengatasi berbagai kondisi yang disebabkan oleh tingginya asam lambung. Cairan lambung secara alami bersifat asam untuk membantu proses pencernaan dan melawan infeksi, tapi saat asam lambung berlebihan, berbagai masalah seperti maag, gastritis, kembung, refluks asam lambung, hingga tukak lambung bisa muncul. Polysilane bekerja dengan mengurangi keasaman lambung dan mengatasi gejala seperti mual, nyeri lambung, nyeri ulu hati, serta perasaan penuh pada lambung.

Harga sebelum diskon. 
Klik produk untuk diskon & voucher

4. Promag Tablet

Promag adalah salah satu obat maag yang umum digunakan dan dirancang khusus untuk mengatasi gejala maag seperti mual, nyeri lambung, nyeri ulu hati, kembung, atau perasaan penuh di lambung. Promag bekerja dengan menetralkan kadar asam lambung yang berlebihan. 

Harga sebelum diskon. 
Klik produk untuk diskon & voucher

5. Polycrol Forte

Polycrol Forte membantu mengurangi gejala asam lambung, tukak usus dua belas jari, tukak lambung, dan gastritis. Gejala-gejala yang dapat diatasi oleh Polycrol Forte meliputi mual, nyeri lambung, nyeri ulu hati, dan perasaan penuh pada lambung. Obat ini membantu mengurangi asam lambung dan memberikan bantuan dalam meredakan ketidaknyamanan yang sering kali dialami oleh penderita maag.

Harga sebelum diskon. 
Klik produk untuk diskon & voucher

Memilih obat maag yang sudah lama terbukti dan mengonsumsinya dengan tepat merupakan langkah bijak untuk mengatasi gejala maag. Pastikan juga kamu selalu patuhi petunjuk dosis dan aturan penggunaan yang tertera pada kemasan obat. Dengan penggunaan yang bijak, obat maag yang terjangkau bisa membantumu mengatasi gejala maag dengan efektif dan nyaman. Selalu sedia obat maag yang disebutkan tadi, dengan cara belanja di Watsons Indonesia maupun aplikasi Watsons ID (iOS dan Android OS)!

Previous

7 Cara Menghaluskan Kulit Wajah yang Ampuh

Next

Cara Memilih Botol Bayi dengan Tepat

Related Topics
Share