Dapatkan Aplikasinya
DOWNLOAD SEKARANG
QR Code App Watsons
  • google-play.png
  • app-store.png
Temukan Toko Kami Blog
Layanan Watsons
0
TAS SAYA
Share

Banyak di antara masyarakat Indonesia yang memiliki permasalahan dengan asam lambung mereka. Naiknya asam lambung merupakan salah satu masalah pencernaan yang paling sering terjadi. Maka tak heran kalau masih ada banyak orang yang mengabaikan gejala naiknya asam lambung. Asam lambung sendiri sebenarnya adalah cairan yang berfungsi untuk membantu proses pencernaan makanan. Namun ketika kadar asam lambung berlebih, sistem pencernaan pun mengalami masalah. Lalu, apa saja tanda asam lambung naik dan bagaimana cara mengatasinya? 


5 Tanda asam lambung naik

Ketika asam lambung naik, tentu ada tanda-tanda yang menjadi alarm peringatan. Jika tanda-tanda tersebut sudah muncul, sebaiknya kamu segera bersiap menanganinya agar tidak timbul gejala yang lebih parah. Berikut ini adalah lima tanda asam lambung naik yang harus kamu ketahui.

1. Mulut terasa asam

Pertama, ketika asam lambung naik, mulut akan terasa asam. Hal ini terjadi karena masuknya asam lambung ke area esofagus. Keadaan ini biasanya diiringi juga dengan produksi air liur yang berlebih. Satu cara yang paling efektif untuk menghentikannya adalah dengan meminum obat pereda asam lambung. 

Kamu juga bisa mencoba cara alami dengan minum teh bunga chamomile atau air jahe hangat. Keduanya memiliki kandungan yang dapat membantu menetralkan asam lambung sekaligus meredakan rasa mual. 

2. Terlalu sering bersendawa

Selanjutnya, masih berhubungan dengan naiknya asam lambung ke area esofagus, kerongkongan pun terasa selalu ingin bersendawa. Ketika bersendawa, mungkin rasanya jadi lebih ringan. Namun hal itu hanya bersifat sementara. Dengan sendawa, memang gas-gas yang ada dalam lambung bisa dikeluarkan. Namun jika tidak, perut akan menjadi kembung dengan disertai rasa nyeri seperti sedang ditusuk-tusuk.

3. Keringat dingin

Berkeringat dingin tanpa disertai dengan sebab yang jelas bisa menjadi tanda-tanda naiknya asam lambung. Ada obat-obatan tertentu yang bisa memproduksi keringat sekaligus meningkatkan asam lambung. Contohnya adalah obat antidepresan dan analgesik. Hindarilah mengonsumsi kedua obat tersebut tanpa resep dari dokter, terutama kalau kamu punya kecenderungan untuk mudah mengalami asam lambung naik.

4. Dada terasa panas

Kemudian, naiknya asam lambung juga bisa menyebabkan rasa panas yang menjalar di dada. Langkah yang bisa dilakukan ketika merasakan panasnya dada adalah dengan memberinya obat pereda asam lambung. Selain itu, untuk mencegah hal ini terjadi lagi, jangan langsung berbaring setelah makan, jangan makan terlalu malam, serta jangan mengonsumsi makanan dan minuman secara berlebihan.

5. Mual hingga ingin muntah

Terakhir, ketika asam lambung naik, muncul perasaan mual yang mengganggu. Mual ini terjadi karena cincin otot di bagian bawah kerongkongan tidak bisa berfungsi dengan baik. Dalam kondisi normal, otot tersebut akan menutup ketika makanan sudah masuk ke lambung. 

Untuk mencegah hal ini terjadi, sebaiknya hindarilah makanan pedas, berlemak, atau asam, terutama jika perut masih dalam kondisi kosong.


Cara mengatasi asam lambung naik 

Ketika asam lambung naik, dan gejala-gejalanya sudah kamu rasakan, tidak perlu khawatir atau panik dulu. Kamu bisa mencoba mengatasinya sendiri atau dengan meminta bantuan teman di sekitar. Kondisi naiknya asam lambung pada umumnya tergolong ringan dan bisa ditangani secara mandiri.

Untuk mengobatinya pun cukup mudah, ada bahan-bahan alami yang bisa kamu dapatkan di pasaran seperti jahe, akar manis, atau teh bunga chamomile

Selain bahan-bahan alami tersebut, banyak juga produk obat-obatan yang dijual dan aman untuk dikonsumsi meskipun tanpa resep dokter. Seperti obat untuk meredakan asam lambung, yaitu POLYCROL Forte Gel. Obat dengan kandungan Activated methylpolysiloxane ini mampu meredakan rasa mual yang timbul akibat naiknya asam lambung.

Harga sebelum diskon member Watsons Club. 
Klik produk untuk diskon & voucher

Coba juga rekomendasi berikut ini:

Harga sebelum diskon member Watsons Club. 
Klik produk untuk diskon & voucher

Ada baiknya juga untuk menghindari makanan yang bisa memicu naiknya asam lambung seperti makanan pedas, asam, dan berlemak. Makanan dan minuman berkafein seperti kopi, teh, serta coklat juga sebaiknya dibatasi karena bisa memicu gangguan pada lambung.


Nah, itu dia beberapa tanda asam lambung naik serta cara-cara untuk mengobatinya. Kamu bisa membeli obat asam lambung yang aman dan lolos uji BPOM di Watsons. Atau, bisa juga dengan mengakses aplikasi Watsons ID (iOS dan Android OS) untuk mendapatkan pereda masalah asam lambung yang kamu butuhkan. Selain itu, tentu masih ada produk lain yang dijual di Watsons, mulai dari suplemen kesehatan hingga makeup. Yuk, belanja!

Previous

Rekomendasi Obat Nyeri Otot

Next

AHA Body Lotion, Pentingkah Kandungan AHA?

Related Topics
Share