Dapatkan Aplikasinya
DOWNLOAD SEKARANG
QR Code App Watsons
  • google-play.png
  • app-store.png
Temukan Toko Kami Blog
Layanan Watsons
0
TAS SAYA
Share

Tubuh kita pasti pernah punya luka, entah itu karena jatuh atau sesederhana tersayat pisau saat memasak. Semua jenis luka tersebut sebaiknya harus cepat mendapatkan perawatan sehingga lekas kering dan sembuh. Meski begitu, bukan berarti bahwa luka itu harus diangin-anginkan dan dibiarkan terbuka begitu saja, lho! Luka yang tetap dijaga kelembapan kulitnya akan membuat sel fibroblas lebih cepat memproduksi jaringan baru. Jangan lupa juga untuk menutup bagian luka sehingga tetap terlindung dari bakteri dan polutan lainnya. Kamu bisa menutupnya dengan plester setelah mengoleskan obat luka cepat kering alami berikut.


Luka Cepat Kering secara Alami

Nah, buat kamu yang senang mengobati luka dengan bahan-bahan natural, berikut empat obat luka cepat kering alami yang bisa kamu peroleh dengan mudah.

1. Kunyit

Kunyit merupakan salah satu obat luka cepat kering alami yang bisa kamu peroleh dengan mudah di lingkungan sekitar. Ternyata, kunyit ini punya dampak cukup penting yang dapat membuat kulitmu lebih cepat sembuh, lho! Hal itu karena kandungan curcumin yang sifatnya anti-inflamasi dan anti-bakteri. Meski begitu, penggunaan kunyit sebagai obat alami yang membuat luka cepat kering perlu dikaji lebih dalam. Sebab, konsumsi minuman kunyit justru dapat membuat perdarahan pada tubuh.

2. Bawang putih

Kamu mungkin sudah pernah dengar kalau petroleum jelly itu bisa menjadi penyembuh luka yang ampuh. Sebab, dengan mengoleskan gel ini, kulitmu bisa terjaga kelembapannya. Sehingga, sel fibroblas dalam tubuh bisa memproduksi jaringan baru dengan lebih cepat.

Namun, ternyata fungsi petroleum jelly juga bisa digantikan oleh bawang putih, lho! Hal itu karena bawang putih punya kandungan antiseptik dan antimikroba yang baik untuk proses penyembuhan luka. Oleskan saja dengan campuran madu sehingga kulit bisa pulih secara optimal.

3. Gel lidah buaya

Kita semua sudah tahu bahwa lidah buaya itu punya khasiat melembapkan yang sangat ampuh bagi kulit. Tak hanya bagus untuk kesehatan kulit kepala dan wajah, gel lidah buaya juga bersifat anti-radang dan anti-bakteri. Artinya, komponen ini cocok untuk ruam, luka bakar, dan bekas jerawat. Sensasi dingin dari lidah buaya juga membuat permukaan kulitmu yang terluka terasa lebih nyaman.

4. Minyak kelapa

Minyak kelapa pun bisa jadi obat luka cepat kering alami, lho! Hal ini karena luka bisa jadi cepat kering akibat kandungan asam lemak monolaurin yang bersifat sebagai anti-bakteri di dalamnya. Dengan mengoleskan minyak kelapa secara rutin ke permukaan kulit, kamu bisa meminimalkan risiko infeksi dan penularan luka ke area lain.


Rekomendasi Obat Luka – Medis

Nah, kalau kamu merasa bahwa obat luka alami itu perlu di-boost dengan obat luka medis, berikut rekomendasi produk terbaiknya yang sudah kami rangkum!

1. Hansaplast Spray Antiseptik

Hansaplast Spray Antiseptik merupakan salah satu contoh obat yang biasa digunakan untuk menyembuhkan luka. Fungsinya adalah sebagai pembersih antiseptik yang disemprotkan sekitar 10 cm ke kulit terinfeksi maupun yang belum terinfeksi. Setelah itu, keringkan permukaan kulitmu dengan lembut untuk metode pengobatan selanjutnya.

Harga sebelum diskon. 
Klik produk untuk diskon & voucher

2. Shen Nong Shi Die Da Yao Jing

Buat kamu yang sedang mencari obat-obatan Cina, ada Shen Nong Shi Die Da Yao Jing atau yang biasa disebut betadine Cina. Produk ini bisa digunakan pada luka yang berdarah, memar, atau keseleo sekalipun. Cara penggunaannya juga cukup mudah, yakni bisa dioles langsung ke permukaan yang terluka atau diusapkan melalui kapas atau cotton bud.

Harga sebelum diskon. 
Klik produk untuk diskon & voucher

3. Betadine Solution

Kalau kamu cenderung mencari obat-obatan yang sudah banyak dipakai di pasaran, ada Betadine Solution dengan kandungan 10% Povidone Iodine. Dengan kandungan tersebut, obat ini bisa membuat kulit jadi lebih cepat sembuh karena kuman-kuman penyebab infeksi dibasmi tuntas. Cara pemakaiannya pun sama seperti ketika kamu mengoleskan betadine Cina.

Harga sebelum diskon. 
Klik produk untuk diskon & voucher

Itulah sederet obat luka cepat kering yang bisa kamu peroleh dengan mudah di lingkungan sekitar. Kalau kamu juga ingin mempercepat proses penyembuhan dengan obat-obatan, dapatkan ketiga produk tersebut di website Watsons atau dengan mengunduh aplikasi Watsons ID (iOS dan Android OS)! Semoga lukamu cepat sembuh, ya!

Previous

Rekomendasi 5 Sunscreen Stick yang Praktis

Next

3 Alasan Tidur Sore Tidak Disarankan

Related Topics
Share