Dapatkan Aplikasinya
DOWNLOAD SEKARANG
QR Code App Watsons
  • google-play.png
  • app-store.png
Temukan Toko Kami Blog
Layanan Watsons
0
TAS SAYA
Share

Agar bisa berfungsi dengan baik dan menjaga kelancaran kegiatan sehari-hari, tubuh kita perlu berbagai vitamin dalam jumlah yang mencukupi. Nah, salah satu vitamin penting untuk fungsi organ tubuh kita adalah vitamin D3 atau calciferol, salah satu bagian dari kumpulan vitamin D yang mudah larut dalam lemak. Tapi, kenapa vitamin satu ini dibutuhkan banget? Yuk, kita simak berbagai manfaat vitamin D3 di sini!


Lima Manfaat Vitamin D3 untuk Tubuh

Ternyata, manfaat vitamin D3 sangat banyak, dan semuanya bisa menjaga kita dari berbagai penyakit serius. Apa saja penyakit tersebut? Ini dia jawabannya:

Mencegah penyakit tulang

vitamin D3 juga tidak kalah penting untuk kekuatan dan kesehatan tulang

Selain kalsium, vitamin D juga tidak kalah penting untuk kekuatan dan kesehatan tulang. Makanya, kekurangan vitamin ini bisa menyebabkan penyakit seperti rakitis, osteoporosis, dan osteomalacia. Di sisi lain, vitamin D3 bisa membuat usus kecil kita menyerap kalsium dengan lebih gampang, jadi tulang dan otot kita tetap sehat.

Merawat fungsi ginjal

dalam kasus penderita gagal ginjal kronis, vitamin ini bisa mencegah komplikasi lebih lanjut

Tak hanya penting untuk tulang, manfaat vitamin D3 juga berguna banget buat kesehatan ginjal kita. Soalnya, bisa dibilang, ginjal adalah pabrik vitamin D terbesar di dalam tubuh. Jadi, ketika fungsi organ ini terganggu, tubuh kita jadi kesulitan menjaga kestabilan tekanan darah. Untuk mencegahnya, asupan vitamin D3 yang mencukupi bisa memelihara ginjal kita. Lalu, dalam kasus penderita gagal ginjal kronis, vitamin ini bisa mencegah komplikasi lebih lanjut.

Melindungi paru-paru dari penyakit pernapasan

vitamin ini dapat meringankan gejala asma agar kamu lebih lega

Tahukah kamu kalau manfaat vitamin D3 bisa untuk menjaga kesehatan organ pernapasan kita? Ya, karena vitamin ini bisa meningkatkan produksi peptida anti-bakteri untuk melindungi paru-paru dari berbagai macam infeksi bakteri. Jadi, kita tidak mudah terserang oleh penyakit seperti pneumonia, TBC, dan flu. Selain itu, untuk kamu yang sering bermasalah dengan asma, asupan vitamin ini dapat meringankan gejalanya agar kamu lebih lega.

Bantu menstabilkan mood

salah satu manfaat vitamin D3 adalah menjaga kinerja di semua bagian otak, termasuk area yang mengatur mood kita

Sekarang, sudah ada cukup banyak riset yang menunjukkan hubungan antara kekurangan vitamin D3 dengan masalah pada kesehatan mental. Soalnya, salah satu manfaat vitamin D3 adalah menjaga kinerja di semua bagian otak, termasuk area yang mengatur mood kita. Dengan kata lain, semakin mencukupi asupan vitamin D3 harian kamu, kamu bisa semakin mengurangi risiko timbulnya gejala depresi dan kecemasan.

Meningkatkan daya tahan tubuh

vitamin D3 bisa memicu sinyal dari otak untuk mengerahkan pertahanan garis depan melawan bakteri dan virus yang masuk ke tubuh

Vitamin yang ampuh untuk sistem imun kita bukan hanya vitamin C, lho! Justru, vitamin D3 bisa memicu sinyal dari otak untuk mengerahkan pertahanan garis depan melawan bakteri dan virus yang masuk ke tubuh. Efeknya, kinerja sistem daya tahan tubuh kita juga makin kuat dan cepat tanggap untuk mencegah timbulnya penyakit. Jadi, kita pun tidak gampang jatuh sakit, apalagi pada musim pancaroba.


Cara Menambah Asupan Vitamin D3 Harian

Untuk mendapatkan semua manfaat vitamin D3 di atas, kamu sebagai orang dewasa perlu mengonsumsi 600 hingga 800 IU per hari. Bagaimana cara mencukupi angka tersebut? Coba berbagai sumber di bawah ini!

Sumber makanan

Umumnya, kamu bisa menemukan vitamin D3 di produk-produk hewani seperti ikan tuna, susu sapi fortifikasi, ikan salmon, mentega, keju, hati sapi, dan telur. Tapi, kamu yang menjalani diet vegetarian atau vegan tetap bisa mencukupi kebutuhan vitamin D3 harian, kok! Caranya, melalui susu plant-based yang sudah difortifikasi dengan vitamin D3 dan jamur yang terpapar sinar UV.

Paparan sinar matahari

Selain memenuhi kebutuhan vitamin D3 dari makanan, kamu juga bisa mendapatkan vitamin tersebut dengan berjemur di bawah matahari. Tapi, pada saat bersamaan, paparan sinar UV bisa meningkatkan risiko kanker kulit. Jadi, adakah waktu yang tepat untuk memperoleh manfaat vitamin D3 tanpa mengorbankan kesehatan kulit? Ya, kamu bisa berjemur pada pukul 8.00 sampai 9.00 selama 15-30 menit sebanyak 2 kali seminggu.

Suplemen vitamin D3

Bagaimana kalau kamu kesulitan mendapatkan asupan vitamin D3 dari dua sumber di atas? Tenang, kamu dapat mempertimbangkan suplemen yang kaya akan vitamin D3, biasanya dalam bentuk tablet atau kapsul, seperti Watsons Calcium 360 + Vitamin D3. Selain mengandung banyak vitamin D3, kandungan suplemen ini juga mudah diserap oleh tubuh dalam waktu yang lebih singkat. Jadi, manfaatnya akan lebih cepat terasa.

Harga sebelum diskon member Watsons Club.

Klik produk untuk diskon & voucher


Manfaat vitamin D3 itu sangat penting untuk kesehatan kita secara keseluruhan, karena vitamin satu ini dapat menjaga berbagai fungsi organ. Jadi, pastikan kamu memperoleh asupan yang cukup setiap harinya dengan cara yang sudah disebutkan di atas. Untuk menghemat waktu belanja, kamu bisa beli suplemen D3 yang dibutuhkan di store Watsons terdekat atau cukup dengan mengakses website resmi dan aplikasi Watsons ID (iOS dan Android OS) di smartphone!

Previous

5 Manfaat dan Cara Membuat Lulur Kunyit

Next

Rekomendasi Hadiah Terbaik untuk Si MBTI ISTP

Related Topics
Share