Dapatkan Aplikasinya
DOWNLOAD SEKARANG
QR Code App Watsons
  • google-play.png
  • app-store.png
Temukan Toko Kami Blog
Layanan Watsons
0
TAS SAYA
Share

Sudah tahu kalau ada produk yang namanya menstrual cup? Produk ini adalah inovasi buat para wanita yang sedang menstruasi, tapi tetap ingin mencintai bumi dengan mengurangi sampah pembalut. Sebenarnya, produk apakah itu dan bagaimana cara menggunakan serta melepasnya? Simak penjelasannya di bawah ini, yuk!


Apa Itu Menstrual Cup?

Menstrual cup, atau cangkir menstruasi, adalah alat pengumpul darah menstruasi yang terbuat dari silikon dan karet lateks yang aman digunakan. Berbeda dengan pembalut atau tampon, cangkir menstruasi dapat digunakan berulang kali dengan memperhatikan kebersihan dan perawatan yang tepat. Praktisnya, produk ini juga tersedia dalam berbagai ukuran yang disesuaikan dengan kebutuhan dan anatomi tubuh penggunanya.


3 Fakta yang Kamu Perlu Tahu

Mungkin saja kamu masih asing dengan menstrual cup dan penggunaannya. Ini dia beberapa fakta yang perlu kamu ketahui biar tidak salah kaprah.

1. Terbuat dari bahan silikon dan karet lateks

Material dasar menstrual cup adalah silikon atau karet lateks berbentuk cawan yang aman digunakan untuk tubuh. Kedua bahan ini juga membuat cangkir menstruasi lebih fleksibel dan nyaman digunakan selama periode menstruasi.

2. Bisa menampung darah menstruasi hingga 3-4 jam

Menstrual cup bisa menampung darah menstruasi selama 3 sampai 4 jam, bergantung dari volume darah yang keluar. Jadi, kamu bisa memeriksanya setiap beberapa jam sekali dan mengosongkannya kalau sudah penuh.

3. Aman dan ketahanannya bagus 

Selama kamu memasang menstrual cup dengan cara yang benar, kamu tidak perlu khawatir darah menstruasi akan bocor karena cawannya bisa menampung semua darah. Namun, perlu diketahui kalau cangkir menstruasi tersedia dalam berbagai ukuran. Jadi, pastikan kamu menyesuaikannya dengan ukuran vagina dan banyak atau sedikitnya darah yang keluar.

Selain itu, menstrual cup juga memiliki ketahanan yang sangat bagus. Bergantung dari jenis dan perawatannya, cangkir menstruasi bisa awet selama 6 bulan hingga 10 tahun. Inilah alasan cangkir menstruasi menjadi pilihan yang lebih ramah lingkungan daripada pembalut atau tampon.


Cara Memasang dan Melepas

Untuk memasangnya, pastikan kamu sudah cuci tangan dulu agar terhindar dari kuman. Kemudian, oleskan air ke seluruh sisinya supaya bisa masuk ke vagina dengan lebih mudah, dan lipat cawannya menjadi dua dengan salah satu tangan. Setelah itu, masukkan menstrual cup ke dalam vagina dengan arah agak miring menuju punggung. Pada tahap ini, gunakan jari telunjuk dan jari tengah untuk menahan ujung bawah menstrual cup dan dorong ke dalam vagina dengan lembut.

Setelah masuk, pegang ujungnya dan putar untuk membuka cawan yang sempat dilipat. Pastikan bahwa cangkir menstruasi sudah terbuka sempurna dan menempel pada dinding vagina. Patokannya, kamu tidak akan merasa ada yang mengganjal, sehingga kamu tetap nyaman.

Terus, bagaimana cara melepasnya? Setelah cuci tangan, tarik ujung bawah menstrual cup perlahan-lahan sampai terlepas dari vagina. Lalu, kosongkan isi darah dengan membuangnya ke toilet atau wastafel. Terakhir, cuci dengan air dan sabun tanpa pewangi, dan jangan lupa keringkan sebelum digunakan kembali.

Perlu diingat bahwa setiap wanita memiliki anatomi tubuh yang berbeda, sehingga mungkin kamu harus berkali-kali mencoba untuk menemukan cara pemasangan dan pelepasan cangkir menstruasi yang tepat. Pastikan kamu selalu membaca panduan penggunaan yang pada pada kemasannya, dan jangan ragu-ragu berkonsultasi dengan dokter kalau ada kesulitan atau masalah saat menggunakan cangkir menstruasi.


Menstrual cup merupakan alternatif yang ramah lingkungan dan lebih ekonomis daripada penggunaan pembalut sekali pakai. Dengan produk ini, kamu turut serta dalam menjaga kebersihan lingkungan serta menghemat biaya pengeluaran selama menstruasi. Selain itu, penggunaannya juga dapat memberikan kenyamanan dan kebebasan saat melakukan aktivitas sehari-hari.

Penggunaan menstrual cup yang tepat pada siklus haid memang penting, begitu juga dengan kesehatan tubuhmu. Soalnya, menstruasi bisa menyebabkan nyeri di beberapa bagian tubuh, terutama perut. Kamu bisa mengatasinya dengan berbagai produk, seperti plester kompres Q-LIFE Menstrual Care yang cukup ditempelkan pada perut. Cara lain untuk meredakan nyeri menstruasi adalah dengan mengonsumsi minuman herbal maupun tablet yang dapat mengurangi nyeri haid.

Harga sebelum diskon member Watsons Club. 
Klik produk untuk diskon & voucher
Harga sebelum diskon member Watsons Club. 
Klik produk untuk diskon & voucher

Jika masih belum yakin untuk menggunakan menstrual cup, kamu tak perlu merasa gengsi ataupun memaksakan diri, ya. Kamu bisa memilih apapun perlengkapan menstruasi yang dirasa paling nyaman untuk kamu sendiri. Apalagi saat ini juga sudah sangat banyak pilihan pembalut berkualitas tinggi untuk kamu yang masih nyaman dengan pembalut.

Harga sebelum diskon member Watsons Club. 
Klik produk untuk diskon & voucher

Untuk mendapatkan aneka produk di atas, kamu bisa langsung mengunjungi toko offline Watsons di dekat rumahmu, atau beli langsung di website Watsons Indonesia dan aplikasi Watsons ID (iOS dan Android OS) biar lebih gampang. 

Previous

Rekomendasi 6 Lip Tint Tahan Lama dan Ringan di Bibir

Next

Semangat Tengah Tahun berkat Harga Diskon! Watsons 6.6 Mid-Year Sale

Related Topics
Share