Dapatkan Aplikasinya
DOWNLOAD SEKARANG
QR Code App Watsons
  • google-play.png
  • app-store.png
Temukan Toko Kami Blog
Layanan Watsons
0
TAS SAYA
Share

Pernah mencoba tips makeup viral di media sosial, tapi hasil akhirnya malah kurang proporsional? Salah satu alasannya, bisa jadi makeup tersebut tidak terlalu cocok untuk bentuk wajah kamu! Pasalnya, setiap bentuk wajah memerlukan penempatan contour, blush on, dan highlighter yang berbeda supaya hasilnya bisa menonjolkan kecantikan alami kamu. Bagaimana cara menggunakannya? Yuk, simak tipsnya di artikel ini!


Bagaimana Cara Mengetahui Bentuk Wajah?

Untuk mengetahui bentuk wajah, kamu perlu pita ukur.

  • Pertama, berdirilah di depan cermin dan ukur panjang dahi dari ujung alis kiri sampai ke alis kanan.
  • Kemudian, ukur lebar pipimu dari bagian dekat tonjolan tajam yang ada di bawah sudut terluar mata kiri sampai kanan. 
  • Lalu, ukur seberapa tegas garis rahangmu di titik yang paling lebar, tepatnya sekitar 2-3 cm dari bawah telinga.
  • Terakhir, kamu bisa mengukur panjang keseluruhan wajah dengan menarik pita ukur dari ujung garis rambut sampai dagu untuk mencocokkannya dengan ciri berikut:

Wajah bulat

Tulang pipi dan panjang wajahmu hampir setara, tapi lebih lebar dari panjang dahi dan garis rahang;

Wajah oval

Panjang wajahmu melebihi lebar tulang pipi, sedangkan dahimu lebih lebar dari garis rahang;

Wajah persegi

Semua angka pengukuranmu hampir setara, dan kamu punya garis rahang yang sangat tegas;

Wajah segitiga

Garis rahangmu lebih besar dibandingkan dengan tulang pipi dan dahi;

Wajah hati

Lebar dahimu paling besar daripada yang lain, dan kamu punya dagu yang lancip;

Wajah panjang

Panjang wajahmu dua kali lipat lebih besar daripada bagian wajahmu yang lainnya.


Tips Makeup

Sudah tahu ciri khas bentuk wajah kamu apa? Sekarang, ini dia tips makeup untuk menonjolkan kelebihanmu:

Wajah bulat

supaya bentuk wajah bulat terlihat tirus

Supaya wajahmu terlihat lebih tirus, gunakan highlighter pada batang hidung, dahi, puncak tulang pipi, di bawah tulang alis, bagian atas bibir, dan dagu. Kemudian, lengkapi dengan contour pada seluruh sisi luar wajah dan di bawah tulang pipi. Untuk blush on, aplikasikan pada tonjolan pipi sampai ke telinga sejauh mungkin dari hidung.

Wajah oval

menonjolkan wajah seimbang dengan trik contouring standar

Proporsi wajahmu sudah cukup seimbang, dan kamu bisa menonjolkannya dengan trik contouring standar. Caranya, aplikasikan bronzer atau contour pada pangkal pelipis sampai ke bagian wajah. Lalu, gunakan blush on tipis-tipis pada pelipis sampai tulang pipi untuk menciptakan finish yang flawless. Bagaimana dengan highlighter? Cara pengaplikasiannya tidak berbeda jauh dengan wajah bulat, tapi kamu tidak perlu menggunakannya pada dahi.

Wajah persegi

 kamu dapat memperhalus keseluruhan tampilan persegi dengan tips contouring simpel

Untuk pemilik bentuk wajah persegi, kamu dapat memperhalus keseluruhan tampilan wajahmu dengan tips contouring simpel ini: sapukan di area rahang dan pelipis dengan kuas yang mengembang, lalu sapukan ke arah atas agar hasilnya natural. Kemudian, isi bagian kosong pada pipimu dengan blush on dan bronzer. Terakhir, baru deh, kamu bisa menyapukan highlighter dengan gerakan bentuk huruf C di tulang pipi dan pelipis pakai fan brush.

Wajah segitiga

menyeimbangkan bentuk wajah segitiga ada di penggunaan highlighter

Kunci untuk menyeimbangkan bentuk wajah segitiga ada di penggunaan highlighter. Ya, kamu hanya perlu menggunakan sedikit contour pada garis rahang dan di bawah tulang pipi karena fitur wajah alamimu sudah cukup tegas. Jadi, cukup sapukan highlighter dengan fan brush pada tulang pipi dan batang hidung. Kemudian, ciptakan keseimbangan dengan shade eyeshadow yang terang pada kelopak mata.

Wajah hati

hati, kamu bisa menciptakan ilusi wajah yang proporsional dengan mengaplikasikan contour pada bagian puncak dahi

Untuk pemilik wajah hati, kamu bisa menciptakan ilusi wajah yang proporsional dengan mengaplikasikan contour pada bagian puncak dahi dan membaurkannya sampai ke pelipis dan bagian bawah tulang pipi. Terus, lengkapi dengan highlighter pada posisi yang sama seperti wajah oval. Penempatan blush on yang ideal untuk bentuk wajah ini pun juga sama dengan pemilik wajah bulat.

Wajah panjang

buat tampilan yang natural sekaligus seimbang dengan menyapukan highlighter

Kamu dapat membuat tampilan wajah yang natural sekaligus seimbang dengan menyapukan highlighter di puncak tulang pipi, tulang alis, pucuk hidung, dan bagian atas bibir. Jadi, kamu tidak perlu meng-highlight dahi dan dagu karena wajahmu sudah cukup panjang. Untuk contour dan blush on, kamu bisa menerapkan tips yang sama dengan wajah bulat.


Pada dasarnya, rahasia dari makeup yang sesuai dengan bentuk wajah ada di posisi blush on, contour, dan highlight. Kalau kamu ingin berlatih dengan lebih mudah, sebaiknya kamu menggunakan face palette yang sudah menyediakan ketiganya dalam satu produk, contohnya Make Over Professional Highlight & Contour Palette! 

Harga sebelum diskon. 
Klik produk untuk diskon & voucher

Face palette satu ini punya banyak opsi shade blush on dan contour yang cocok untuk berbagai warna kulit wanita Indonesia, serta highlighter yang universal. Praktis, kan? Bahkan, kamu bisa menemukannya dengan mudah melalui website Watsons atau aplikasi Watsons ID (iOS dan Android OS). Apalagi saat ini sedang berlangsung Watsons 10.1 New Way For Your Health & Beauty, dengan Megaday di tanggal 10-12 Januari 2024. Jangan sampai ketinggalan promo diskon makeup dan berbagai penawaran menarik lainnya, ya!

Harga sebelum diskon. 
Klik produk untuk diskon & voucher
Previous

Januari Cuan! Cantik Sehat Hemat ala Aplikasi Belanja Online Watsons ID

Next

Rekomendasi 8 Serum Vit C Terbaik

Related Topics
Share