Dapatkan Aplikasinya
DOWNLOAD SEKARANG
QR Code App Watsons
  • google-play.png
  • app-store.png
Temukan Toko Kami Blog
Layanan Watsons
0
TAS SAYA
Share

Rambut adalah bagian tubuh yang sangat penting untuk diperhatikan dan dijaga penampilannya. Namun, permasalahan pada rambut juga kerap terjadi dan bisa sangat mengganggu penampilan, salah satunya adalah rambut lepek. Memangnya, apa yang menjadi penyebab rambut lepek dan bagaimana cara mengatasinya?


5 Penyebab rambut lepek

Ada beberapa hal yang menyebabkan rambutmu menjadi lepek. Berikut ada lima faktor penyebab yang harus kamu tahu:

1| Tidak rutin keramas

Salah satu yang faktor penyebab adalah minyak yang menumpuk. Minyak ini bisa menumpuk karena seseorang tidak rutin keramas. Padahal, dengan keramas, selain kebersihan rambut yang terjaga, juga bisa memberikan nutrisi, mencegah ketombe, dan tentu mengatasi rambut lepek.

2| Faktor genetik

Genetik ternyata mempengaruhi rambut lepek. Setiap orang mempunyai kulit kepala dengan produksi sebum yang berbeda-beda setiap harinya. Jika kamu memiliki rambut yang mudah berminyak, coba perhatikan rambut orang tua atau keluargamu. Jika mereka memiliki rambut yang sama denganmu, kemungkinan rambut lepek dan berminyak disebabkan oleh faktor genetik atau keturunan.

3| Salah pilih produk

Keramas memang sangat penting untuk menjaga kebersihan rambut. Tapi, yang perlu diperhatikan adalah produk sampo yang kamu pilih. Jangan sampai kamu salah memilih sampo dan malah tidak cocok. Alih-alih membuat rambut sehat, salah memilih produk justru bisa menimbulkan berbagai permasalahan rambutmu, seperti timbul ketombe, rontok, dan lepek.

4| Penggunaan kondisioner yang salah

Satu kesalahan yang sering dilakukan adalah menggunakan kondisioner di kulit kepala. Padahal, kondisioner dibuat untuk menjaga kesehatan batang rambut. Penggunaan kondisioner di kulit kepala justru bisa membuat rambut lebih mudah lepek dan berminyak.

5| Tidak mengeringkan rambut dengan benar

Hal lain yang menyebabkan lepak adalah jika kamu tidak mengeringkan rambut dengan benar. Misalnya, membiarkan rambut basah ditutupi hijab sepanjang hari atau rambut basah yang dibawa tidur. Hal itu justru akan merusak rambut. Rambut pun bisa dengan mudah menjadi lepek meskipun sudah rutin keramas.


Cara atasi rambut lepek

Setelah mengetahui beberapa penyebab rambut lepek, kini atasi permasalahan rambutmu dengan melakukan beberapa hal berikut!

  • Keringkan rambut secara alami

Jenis rambut yang berminyak biasanya lebih rapuh daripada rambut normal. Jadi, sebaiknya hindari pengeringan rambut dengan menggunakan hair dryer. Setiap habis keramas, keringkanlah rambut secara alami. Hal ini bisa membuat rambutmu tidak mudah lepek. Kalaupun terpaksa harus menggunakan hair dryer, pastikan menggunakannya dengan suhu panas yang rendah.

  • Pakai kondisioner hanya pada rambut

Agar rambutmu tidak lepek, pemakaian kondisioner juga penting untuk diperhatikan. Kondisioner memang menjadi salah satu solusi. Namun, kamu harus menghindari pemakaian kondisioner di kulit kepala. Hal itu justru akan membuat rambut kamu terlihat berminyak dalam waktu beberapa jam saja. Sebaliknya, pemakaian kondisioner sebaiknya dilakukan pada rambut, terutama dari pertengahan sampai ujung rambut setiap kali habis keramas.

(harga tertera adalah sebelum diskon)
  • Hindari produk yang mengandung silikon

Untuk menghindari permasalahan pada kulit kepala, kamu harus cermat dalam memilih sampo. Salah satu sampo yang harus dihindari adalah yang mengandung silikon. Silikon memang berfungsi untuk melembutkan rambut serta membuatnya lebih berkilau. Namun hal tersebut tidak bisa membantu pada jenis rambut yang mudah lepek. Silikon justru membuat terjadinya penumpukan minyak pada kulit kepala, sehingga rambut pun terlihat berminyak, kotor, dan terasa berat.

Berikut ini rekomendasi sampo tanpa silikon:

(harga tertera adalah sebelum diskon)
  • Jangan biasakan menyentuh rambut

Menyentuh atau menggaruk rambut ternyata menjadi salah satu pemicu rambut jadi berminyak. Sebaiknya, jangan terlalu sering menyentuh rambut karena hal itu akan meningkatkan kandungan minyak pada rambut. Semakin sering menyentuh dan menyisir, rambutmu akan semakin mudah lepek.

  • Pilih sampo yang cocok

Terakhir, pilihlah sampo yang cocok untuk keramas. Sering kali kita tidak menyadari bahwa ternyata tidak cocok dengan sampo yang dipakai. Hal ini bisa membuat rambutmu lebih cepat lepek, bahkan rusak. Jadi sebaiknya perhatikan dan pilih sampo yang cocok untuk dipakai.

(harga tertera adalah sebelum diskon)

Itulah penyebab dan cara-cara mengatasi rambut lepek. Ingatlah untuk selalu membeli sampo yang tepat agar rambutnya terhindar dari permasalahan. Watsons menyediakan berbagai pilihan produk sampo yang bisa kamu gunakan. Selain itu, kamu juga bisa melengkapi ritual perawatan rambutmu dengan produk-produk lain yang bisa didapatkan di Watsons. Salah satunya, dengan NR Hair Reactive Tonic yang diformulasikan untuk kulit kepala berminyak. Selamat mencoba!

(harga tertera adalah sebelum diskon)
Previous

6 Manfaat Sabun Pepaya yang Wajib Kamu Tahu

Next

4 Hal yang Bisa Atasi Masalah Remaja Jompo

Related Topics
Share