Dapatkan Aplikasinya
DOWNLOAD SEKARANG
QR Code App Watsons
  • google-play.png
  • app-store.png
Temukan Toko Kami Blog
Layanan Watsons
0
TAS SAYA
Share

Siapa yang tidak merasa senang setelah menemukan produk skincare yang klaim dan hero ingredients-nya pas dengan permasalahan kulit? Tapi, setelah lama dipakai secara teratur, mungkin kamu pernah merasa produk tersebut tidak memberikan hasil sesuai yang diharapkan. Karena itu, kamu jadi bertanya-tanya apakah itu tanda skincare tidak cocok dengan kulit wajahmu atau tidak.


Skincare yang Tak Cocok

Supaya kamu tidak bingung lagi, ini dia beberapa tanda skincare tidak cocok dengan kulitmu, sehingga kamu harus menghentikan penggunaannya:

Kulit jadi semakin kering atau berminyak

Kandungan skincare yang kurang cocok dengan kondisi wajah akan mengganggu kondisi skin barrier atau lapisan terluar pelindung kulit. Akibatnya, kondisi wajahmu akan berubah drastis. Misalnya, kalau kamu selama ini punya tipe kulit oily, tapi tiba-tiba kulitmu malah bertambah berminyak atau justru kering sampai mengelupas, itu salah satu tanda skincare tidak cocok dengan wajahmu.

Kulit terasa terbakar atau kencang

Pernah merasa kulitmu terasa ketarik setelah menggunakan makeup remover atau facial wash? Soalnya, terkadang bisa saja produk sedemikian rupa mengandung pH yang terlalu basa, alkohol yang terlalu tinggi, atau surfaktan yang keras di kulit. Jadi, minyak alami di wajah akan menghilang. Selain itu, munculnya rasa menyengat seolah terbakar pada wajah juga menandakan bahwa produk tersebut terlalu keras untuk kulitmu.

Rasa gatal dan ruam kemerahan pada kulit

Sama seperti rasa terbakar pada kulit, kamu juga perlu segera menghentikan penggunaan produk tertentu kalau kamu merasa gatal dan/atau menemukan ruam merah di wajah. Soalnya, gejala alergi tersebut sudah termasuk tanda skincare tidak cocok dengan kulit hingga merusak skin barrier-mu. 

Skincare sama sekali tidak berefek pada wajah

Produk skincare memang membutuhkan waktu untuk memberikan efek maksimal pada wajah, umumnya selama beberapa minggu atau 1-2 bulan. Tapi, kalau kamu merasa tidak ada perubahan apapun setelah menggunakannya selama lebih dari dua bulan atau bahkan hampir bertahun-tahun sesuai anjuran, besar kemungkinan itu merupakan tanda skincare tidak cocok.


Skincare yang Tidak Cocok Sebaiknya Diapakan?

Kalau kamu sudah terlanjur membeli produk skincare yang tidak cocok dengan kulit setelah beberapa kali pemakaian, sebaiknya jangan dibuang! Soalnya, kamu sudah menghabiskan uang untuk barang tersebut, dan bekas kemasannya hanya akan menambah volume sampah yang bisa membahayakan lingkungan. 

Tapi, tenang dulu karena kamu bisa menggunakan kembali skincare yang tidak cocok sampai habis. Begini solusi alternatifnya:

Gunakan moisturizer sebagai hand cream

Bingung dengan moisturizer yang membuat kulit wajah semakin bermasalah? Harus menggunakannya seperti apa?

Bingung dengan moisturizer yang membuat kulit wajah semakin bermasalah? Harus menggunakannya seperti apa? Tenang, kamu bisa melembabkan tanganmu dengan produk tersebut! 

kulit tangan umumnya juga lebih bisa mentolerir produk skincare dengan lebih baik

Kebanyakan moisturizer sudah lengkap dengan kandungan humektan dan brightening yang ampuh untuk mencegah kulit kering sekaligus hiperpigmentasi dari paparan sinar UV. Apalagi, kulit tangan umumnya juga lebih bisa mentolerir produk skincare dengan lebih baik karena strukturnya lebih tebal daripada kulit wajah.

Tentunya, kamu masih perlu melembabkan wajah dengan moisturizer. Berikut rekomendasi moisturizer yang aman bahkan untuk kulit sensitif:

Harga sebelum diskon. 
Klik produk untuk diskon & voucher

Face oil untuk pelembab bibir, siku, dan kutikula kuku

Merasa kulit wajahmu malah semakin berminyak setelah menggunakan face oil?

Kalau kamu merasa kulit wajahmu malah semakin berminyak setelah menggunakan face oil, jangan khawatir! Kamu tetap dapat mencampurkan produk tersebut dengan lip mask atau body lotion untuk kelembaban ekstra.

Kamu tetap dapat mencampurkan produk tersebut dengan lip mask atau body lotion untuk kelembaban ekstra.

Soalnya, bibir, siku, dan kutikula kuku tidak memiliki kelenjar minyak sebagai pelembab alami sebagaimana kulit wajah. Kamu bisa mencegah kulit pecah-pecah pada bagian tersebut dengan mengoleskan face oil.

Berikut rekomendasi face oil yang aman bahkan untuk kulit sensitif:

Harga sebelum diskon. 
Klik produk untuk diskon & voucher

Facial wash untuk membersihkan alat makeup

facial wash, oil cleanser, atau micellar water yang tidak cocok

Lalu, apa yang bisa kamu lakukan dengan facial wash, oil cleanser, atau micellar water yang tidak cocok dengan kulitmu?

kandungannya juga ampuh untuk mengangkat kotoran pada kuas makeup, puff bedak, dan beauty blender

Psst, kandungannya juga ampuh untuk mengangkat kotoran pada kuas makeup, puff bedak, dan beauty blender! Dengan kata lain, kamu dapat menggunakannya sebagai pengganti sabun khusus pembersih alat makeup.

Berikut rekomendasi pembersih wajah yang aman bahkan untuk kulit sensitif:

Harga sebelum diskon. 
Klik produk untuk diskon & voucher

Gunakan exfoliator untuk anggota tubuh lain

kulit wajah kita akan bereaksi terhadap kandungan chemical exfoliator.

Terkadang, kita tidak bisa menebak bagaimana kulit wajah kita akan bereaksi terhadap kandungan chemical exfoliator. Tapi, kamu tetap bisa mencerahkan anggota tubuh lain seperti ketiak, kulit kepala, dan kaki dengan produk tersebut.

Jika tidak cocok: Untuk kulit kepala, cukup gunakan exfoliator sebelum keramas dengan shampoo

Untuk kulit kepala, cukup gunakan exfoliator sebelum keramas dengan shampoo, diamkan selama 10-20 menit, dan lanjutkan rutinitas hair care kamu seperti biasa.

Harga sebelum diskon. 
Klik produk untuk diskon & voucher

Untuk mengetahui kecocokan produk skin care sebelum membelinya, kamu bisa melakukan patch test dengan mengaplikasikan sedikit produk tersebut di belakang telinga atau bawah rahang. Lalu, perhatikan apakah ada tanda skincare tidak cocok sesuai daftar di atas.

Supaya lebih gampang, kamu bisa swatching sampel produknya dulu di toko fisik, contohnya dengan mengunjungi toko cabang Watsons terdekat di lokasimu! Kalau kamu sudah menemukan yang paling cocok, barulah kamu bisa belanja produk skincare dengan berbagai promo menarik di website dan aplikasi Watsons ID biar lebih hemat.

Previous

Malam Tahun Baru: Extrovert vs Introvert

Next

Inspirasi 5 Gaya Butterfly Haircut yang Keren

Related Topics
Share