Dapatkan Aplikasinya
DOWNLOAD SEKARANG
QR Code App Watsons
  • google-play.png
  • app-store.png
Temukan Toko Kami Blog
Layanan Watsons
0
TAS SAYA
Share

Tubuh kita memerlukan banyak zat antioksidan supaya tetap sehat dan terlindungi dari radikal bebas. Salah satunya adalah coenzyme Q10 (Q10) yang diproduksi secara alami oleh tubuh. Bahkan, bisa dibilang Q10 merupakan salah satu enzim yang memegang peranan paling penting dalam fungsi organ tubuh karena manfaatnya untuk kesehatan sangat berlimpah. Sehingga, penting untuk mencukupi dosisnya.


Manfaat Q10 untuk Tubuh

Memangnya, bagaimanakah coenzyme Q10 menunjang kesehatan kita? Untuk menemukan jawabannya, kamu bisa menyimak daftar ini!

1. Menjaga kesehatan jantung

coenzyme Q10 juga bisa menurunkan risiko penyakit kardiovaskuler

Manfaat coenzyme Q10 yang pertama adalah menjaga tekanan darah agar tidak terlalu tinggi maupun rendah serta meningkatkan kinerja organ jantung. Hal ini penting untuk memastikan bahwa aliran sel darah merah di seluruh tubuh tetap lancar agar bisa mengantarkan nutrisi yang diperlukan organ. 

Maka dari itu, coenzyme Q10 juga bisa menurunkan risiko penyakit kardiovaskuler dan bahkan mengobatinya kalau disertai konsumsi vitamin lainnya dalam jangka panjang.

2. Merawat kondisi kulit

enzim alami ini mampu memperlambat dan mengurangi kerusakan yang diakibatkan paparan radikal bebas

Lapisan terluar sistem perlindungan kulit atau skin barrier bisa semakin melemah seiring dengan bertambahnya usia. Apalagi, kalau diiringi faktor lain seperti perubahan hormon, polusi udara, dan bahkan indeks sinar UV matahari yang tinggi di negara tropis seperti Indonesia. Tapi, coenzyme Q10 bisa membantu menjaga kondisi kulit agar tetap sehat dengan manfaat antioksidannya.

Rahasianya, enzim alami ini mampu memperlambat dan mengurangi kerusakan yang diakibatkan paparan radikal bebas. Jadi, kulitmu bakal lebih terjaga dari risiko iritasi maupun kanker kulit.

3. Melindungi tubuh dari paparan radikal bebas

Manfaat coenzyme Q10 yang pertama adalah menjaga tekanan darah agar tidak terlalu tinggi maupun rendah serta meningkatkan kinerja organ jantung. Hal ini penting untuk memastikan bahwa aliran sel darah merah di seluruh tubuh tetap lancar agar bisa mengantarkan nutrisi yang diperlukan organ.

Tak hanya menimbulkan flek hitam dan kerutan halus pada kulit, polusi udara berlebih bisa memicu efek samping pada organ tubuh lainnya! Contohnya, risiko penyakit stroke dan pernapasan yang lebih tinggi. Bagaimanakah hal ini berkaitan dengan manfaat coenzyme Q10

Sama seperti cara kerjanya untuk merawat kesehatan kulit, enzim antioksidan satu ini mampu menetralisir radikal bebas yang masuk ke tubuh. Hasilnya, saluran organ tubuh pun tidak gampang tersumbat karena penumpukan zat-zat berbahaya.

4. Menjaga kadar gula darah

enzim tersebut dapat meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin agar kadar gula darah tetap seimbang.

Riset pada tahun 2018 sudah menunjukkan bahwa coenzyme Q10 bisa membantu penderita diabetes. Bahkan, sekaligus menurunkan risiko mengidap diabetes untuk orang yang tidak memiliki riwayat penyakit tersebut. Apa alasannya? 

Dari penelitian tersebut, para ahli menemukan enzim tersebut dapat meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin agar kadar gula darah tetap seimbang. Jadi, kamu tidak akan gampang merasa lemas, lapar, dan haus.

5. Merawat fungsi otak

Q10 bisa memperlambat kerusakan yang ditimbulkan oleh oksidasi pada otak. Dengan demikian, fungsi kognitif kamu akan tetap terjaga, bahkan hingga usia lanjut.

Seiring dengan berjalannya waktu, penumpukan zat-zat berbahaya dari radikal bebas bisa merusak sel-sel tubuh. Ya, termasuk yang ada di otak. Kerusakan inilah yang meningkatkan risiko mengidap penyakit syaraf seperti Alzheimer, demensia, Parkinson, dan lainnya. Tapi, manfaat coenzyme Q10 bisa membantu pencegahan penyakit tersebut.

Alasannya, Q10 bisa memperlambat kerusakan yang ditimbulkan oleh oksidasi pada otak. Dengan demikian, fungsi kognitif kamu akan tetap terjaga, bahkan hingga usia lanjut.


Rekomendasi Suplemen Coenzyme Q10

Meskipun tubuh bisa memproduksi coenzyme Q10 secara alami, jumlah yang dihasilkan akan semakin menurun di saat kamu semakin mendekati usia lanjut. 

Untuk jaga kesehatan, kamu perlu dosis sebanyak 30-200 mg per harinya dengan mengonsumsi hati, daging merah, ikan, bayam, jeruk, dan kacang-kacangan. Selain itu, kamu dapat mencukupi kebutuhan Q10 melalui suplemen berikut:

1. Vitabiotics Ultra Co-Q10 Suplemen 100mg

Pertama, ada suplemen Vitabiotics Ultra Co-Q10 yang memiliki dosis Q10 sebesar 100 mg per tabletnya. Dengan dosis tersebut, kamu bisa memenuhi kebutuhan harian yang diperlukan untuk mencegah kerusakan pada jantung, sistem syaraf, dan organ tubuh lainnya akibat paparan radikal bebas. Bahkan, kamu cukup mengonsumsi suplemen ini satu kali sehari. 

Harga sebelum diskon. 
Klik produk untuk diskon & voucher

2. Blackmores CoQ10 75mg

Sama seperti Vitabiotics, Blackmores juga menyediakan suplemen yang kaya akan coenzyme Q10, yaitu Blackmores CoQ10. Namun, bedanya, dosis yang tersedia di setiap tabletnya sebesar 75 mg. Meski demikian, manfaat yang ditawarkan oleh suplemen ini juga sudah mencukupi untuk melindungi tubuh dari radikal bebas dengan konsumsi harian secara rutin.

Harga sebelum diskon. 
Klik produk untuk diskon & voucher

Itulah serba-serbi coenzyme Q10 yang memiliki peranan penting untuk kesehatan. Apalagi, di tengah tingginya tingkat polusi udara yang melingkupi banyak wilayah Indonesia. Untuk memulai gaya hidup sehatmu, kamu tidak perlu kesulitan mencari suplemen Q10, kok! Soalnya, kamu bisa menemukannya di website Watsons Indonesia dan aplikasi Watsons ID untuk smartphone Android maupun iOS. Yuk, belanja sekarang dan sayangi kesehatanmu!

Previous

5 Inspirasi Gaya Warna Rambut Biru Gelap

Next

Rekomendasi 5 Sunscreen Stick yang Praktis

Related Topics
Share