Dapatkan Aplikasinya
DOWNLOAD SEKARANG
QR Code App Watsons
  • google-play.png
  • app-store.png
Temukan Toko Kami Blog
Layanan Watsons
0
TAS SAYA
Share

Serat merupakan salah satu nutrisi penting yang paling dibutuhkan oleh tubuh. Pasalnya, kekurangan serat bisa membawa berbagai masalah kesehatan. Mulai dari yang paling sederhana, contohnya konstipasi. Namun, pada orang yang memiliki riwayat diabetes, kekurangan serat bisa berbahaya karena akan memengaruhi kadar gula darah. Maka dari itu, kamu perlu mencukupi konsumsinya untuk mendapatkan berbagai manfaat serat untuk kesehatan. Apa saja contohnya? Yuk, simak di sini!


Manfaat Serat untuk Tubuh

Manfaat serat untuk kesehatan tubuh sangatlah banyak, dan kebanyakan berkaitan erat dengan proses detoks tubuh secara alami. Kamu bisa mempelajari penjelasan selengkapnya di sini:

Melancarkan saluran pencernaan

Salah satu manfaat serat yang paling utama untuk tubuh adalah mencegah konstipasi

Salah satu manfaat serat yang paling utama untuk tubuh adalah mencegah konstipasi dengan melancarkan saluran pencernaan. Sebab, serat akan mempermudah proses pencernaan.

Selain itu, serat juga bermanfaat meningkatkan performa bakteri baik yang berfungsi mengurai makanan agar lebih mudah dikeluarkan dalam bentuk feses. Di satu sisi, sembelit dari kekurangan serat bisa menimbulkan wasir yang sangat tidak nyaman. Jadi, untuk mendukung proses detoks, serat merupakan salah satu zat yang paling dibutuhkan.

Menurunkan tingkat kolesterol

mencakup kemampuan untuk mengikat LDL (low-density lipoprotein) atau kolesterol jahat agar tidak terserap oleh tubuh

Tingkat kolesterol jahat yang terlalu tinggi bisa memicu berbagai masalah kesehatan yang fatal, beberapa di antaranya serangan jantung dan stroke.

Untuk mengendalikan kadar kolesterol jahat pada tubuh, kamu perlu mengonsumsi serat. Alasannya, manfaat serat juga mencakup kemampuan untuk mengikat LDL (low-density lipoprotein) atau kolesterol jahat agar tidak terserap oleh tubuh. Sebagai gantinya, tubuh dapat membuang zat tersebut melalui feses.

Menjaga kadar gula darah

risikomu mengidap penyakit diabetes juga akan menurun secara drastis,

Serat yang mudah larut oleh air bisa menurunkan kecepatan lambung untuk mengosongkan isinya, begitu juga dengan kemampuan tubuh untuk menyerap gula dari makanan. Hasilnya, kadar gula pada tubuh pun akan lebih terkendali.

Selain itu, kamu juga tidak akan mudah mengidam makanan yang tidak sehat karena perutmu akan terisi dalam waktu yang cukup lama.

Efek ini tentunya tidak hanya akan berguna bagi pemilik riwayat diabetes, tapi juga kamu yang masih sehat. Sebab, risikomu mengidap penyakit tersebut juga akan menurun secara drastis, dan kamu juga lebih gampang menjaga berat badan ideal.

Memperkuat sistem imun tubuh

Tahukah kamu kalau manfaat serat juga berlaku bagi daya tahan tubuh?

Tahukah kamu kalau manfaat serat juga berlaku bagi daya tahan tubuh? Alasannya, nutrisi satu ini bisa mendorong pertumbuhan dan kinerja bakteri baik di dalam usus.

Nah, dengan banyaknya bakteri baik dalam organ pencernaan, tubuh dapat menyerap gizi dari makanan dengan lebih mudah. Hasilnya, sel-sel darah merah dapat mendistribusikan nutrisi yang diperlukan oleh sistem imun tubuh. Jadi, tubuhmu akan lebih bisa melawan infeksi bakteri jahat agar kamu tidak gampang jatuh sakit, terutama di musim pancaroba.

Merawat kesehatan kulit

dari serat, lapisan pelindung di bagian terluar kulit kita juga akan lebih siap menangkal infeksi kuman jahat dan radikal bebas

Masih berkaitan dengan manfaat serat untuk performa sistem imun tubuh, cara kerjanya juga berlaku untuk kesehatan kulit wajah dan tubuh.

Sebab, ketika pertahanan tubuh sudah bertambah kuat dengan gizi yang mencukupi dari serat, lapisan pelindung di bagian terluar kulit kita juga akan lebih siap menangkal infeksi kuman jahat dan radikal bebas. Ya, termasuk kuman penyebab jerawat dan zat-zat polutan yang bisa menimbulkan penuaan dini. Dengan kata lain, konsumsi serat secara rutin akan semakin mendekatkanmu dengan kulit yang sehat dan halus.


Bagaimana Cara Mendapatkan Serat?

Untuk mendapatkan semua manfaat serat yang sudah disebutkan, kamu sebagai orang dewasa di bawah usia 50 tahun perlu mengonsumsi setidaknya 25-38 gram serat per hari. Namun, lansia di atas 50 tahun memerlukan lebih sedikit serat karena kondisi tubuh di usia tersebut, tepatnya sekitar 21-30 gram/hari. Lalu, apa saja yang perlu kamu konsumsi untuk mencukupi kebutuhan serat?

Mudahnya, kamu bisa memperoleh asupan serat dari buah-buahan dan sayur-mayur seperti alpukat, pisang, apel, brokoli, bayam, kubis, wortel, dan masih banyak lagi.

Selain itu, kamu juga bisa mengonsumsi suplemen serat khusus, contohnya FibreFirst dan Lifefun Fibrmax! Kedua suplemen ini kaya akan serat yang mudah diserap oleh tubuh untuk melancarkan pencernaan, sehingga cocok untuk berbagai kalangan usia.

Harga sebelum diskon. 
Klik produk untuk diskon & voucher

Sudah paham apa saja manfaat serat bagi tubuh? Zat satu ini memang sangat berguna untuk proses detoks alami karena khasiatnya bisa menunjang kondisi organ pencernaan, sistem imun, dan bahkan kulit! Jadi, pastikan kamu mencukupi asupan harian sesuai dosis yang sudah disebutkan dengan sumber makanan yang tepat. Nah, supaya kamu lebih mudah mengonsumsi serat secara rutin, kamu juga bisa membeli suplemen yang direkomendasikan sebelumnya di website maupun aplikasi Watsons ID (iOS dan Android OS) melalui smartphone!

Previous

Rekomendasi 8 Serum Vit C Terbaik

Next

Cara Pilih Makeup Remover dan Rekomendasi Produknya

Related Topics
Share