Dapatkan Aplikasinya
DOWNLOAD SEKARANG
QR Code App Watsons
  • google-play.png
  • app-store.png
Temukan Toko Kami Blog
Layanan Watsons
0
TAS SAYA
Share

Beli makanan matang di luar memang praktis. Tapi, masak sendiri di rumah tentunya bisa lebih sehat karena kamu bisa mengontrol alat dan bahan masakan yang kamu gunakan. Kebiasaan memasak ini juga dapat mendukung diet sehatmu, lho! Soalnya, kamu jadi tahu menu apa yang cocok untuk jenis diet sekaligus pengaturan kalorinya.

Sebelum menentukan menu diet, perhatikan Total Daily Energy Expenditure (TDEE). TDEE bergantung pada berbagai faktor, seperti berat badan, tinggi badan, usia, dan tingkat aktivitas fisik. Sebaiknya, kurangi 500 kalori per hari dari TDEE untuk menurunkan berat badan sekitar 450 gram per minggu. Tapi, ingat, kebutuhan setiap orang bisa berbeda.

Nah, supaya kamu bisa melaksanakan diet sehat dengan defisit kalori, simak inspirasi menu diet selama satu minggu di bawah ini, yuk!


Menu diet untuk hari Senin

Menu diet untuk hari Senin
Foto: Feel Good Foodie

Makanan sehat yang pas buat hari Senin adalah sarapan dengan telur dan roti bakar, sehingga bisa memberikan protein dan karbohidrat yang seimbang. Kamu juga bisa menambahkan avocado slice dalam menu sarapanmu itu. Alpukat adalah sumber lemak baik yang bisa menambah rasa kenyang. 

Untuk siangnya, masak sayur bayam dan ayam bakar sebagai sumber protein dan zat besi yang baik.
Foto: Recipe Girl

Untuk siangnya, masak sayur bayam dan ayam bakar sebagai sumber protein dan zat besi yang baik. Alternatif lainnya, kamu bisa membuat oseng buncis dan wortel yang kaya kandungan vitamin dan mineral. Malamnya, sajikan ikan kod dengan omega-3 yang baik untuk kesehatan jantung.

Menu diet untuk hari Selasa

Menu diet untuk hari Selasa. Memulai hari dengan mengkonsumsi roti gandum dan mentega.
Foto: Healthline

Memulai hari dengan mengkonsumsi roti gandum dan mentega almond memang terasa nikmat. Selain enak di mulut, perpaduan keduanya juga sangat kaya serat dan protein. Kamu bisa menambahkan telur rebus untuk memberikan protein tanpa lemak tambahan pada menu kali ini.

Dada ayam sebagai sumber protein rendah lemak dan brokoli yang menjadi sumber vitamin C dan K.
Foto: A Pinch of Healthy

Lanjutkan makan siangmu dengan daging sapi yang dapat memberikan protein dan zat besi, sekaligus susu tanpa lemak yang kaya akan kalsium. Malamnya, kamu bisa menyantap dada ayam sebagai sumber protein rendah lemak dan brokoli yang menjadi sumber vitamin C dan K.

Menu diet untuk hari Rabu

Oatmeal di pagi hari adalah sumber serat yang baik.
Foto: Haute & Healthy Living

Oatmeal di pagi hari adalah sumber serat yang baik. Kamu bisa menyeduhnya dengan susu almond hangat sebagai tambahan kalsium tanpa lemak untuk tubuh.

Siangnya, siapkan tortila gandum dengan alpukat yang dapat memberikan serat dan lemak sehat.
Foto: Plantbaes

Siangnya, siapkan tortila gandum dengan alpukat yang dapat memberikan serat dan lemak sehat. Sementara itu, buat makan malamnya, kamu bisa mengolah ayam giling dengan sumber protein rendah lemak yang baik dan kacang hitam sebagai sumber serat dan protein nabati.

Menu diet untuk hari Kamis

Menu diet untuk hari Kamis. Telur saat sarapan. Padukan dengan roti gandum.
Foto: For the Love of Cooking

Menu diet hari Kamis bisa kamu awali dengan mengkonsumsi telur saat sarapan. Padukan dengan roti gandum sehingga kebutuhan protein dan karbohidrat kompleksmu terpenuhi.

 sushi roll bisa menjadi ide praktis yang bisa dibawa ke mana-mana, tapi tetap kaya akan karbohidrat dan protein ikan yang baik.
Foto: Getfish Australia

Untuk menu makan siangnya, sushi roll bisa menjadi ide praktis yang bisa dibawa ke mana-mana, tapi tetap kaya akan karbohidrat dan protein ikan yang baik. Terakhir, kamu bisa memanfaatkan ubi jalar dan salmon untuk memenuhi kebutuhan protein dan omega-3 harianmu.

Menu diet untuk hari Jumat

Menu diet untuk hari Jumat, oatmeal dan kenari
Foto: Cait’s Plate

Oatmeal dan kenari memang bisa dibilang sebagai sumber serat dan protein yang baik. Makanya, jadikan itu menu diet sehat dan jangan lupa padukan dengan susu tanpa lemak sebagai sumber kalsium.

 salad bayam, juga udang
Foto: Clean Eating Magazine

Supaya bervariasi, siapkan salad bayam untuk makan siang karena kaya akan vitamin A, C, dan zat besi. Tutup diet sehatmu pada malam hari dengan mengonsumsi udang yang tinggi protein, tapi rendah kalori.

Menu diet untuk hari Sabtu

Menu diet untuk hari Sabtu, smoothie dari kacang polong, frozen berry, santan, dan selai kacang mete.
Foto: Delish

Menu diet untuk hari Sabtu bisa kamu mulai dengan smoothie dari kacang polong, frozen berry, santan, dan selai kacang mete.

salad segar plus ikan tuna
Foto: Taste

Lanjutkan dengan salad segar plus ikan tuna atau ayam bakar sebagai menu makan siangnya. Malamnya, kamu bisa pilih antara sup ayam rempah atau salad buah yang ditutup dengan semangkuk plain yoghurt.

Menu diet untuk hari Minggu

oatmeal, lengkap dengan granola, buah-buahan, dan susu almond
Foto: Peas and Crayons

Hari Minggu enaknya dibuka dengan menu sarapan oatmeal, lengkap dengan granola, buah-buahan, dan susu almond sebagai pemberi rasa dan tekstur.

salmon grill atau mackerel
Foto: The Spruce Eats

Makan siangnya, kamu bisa buat sandwich roti gandum dengan alpukat, tomat, selada, dan dada kalkun. Biar nafsu makanmu tetap oke, coba buat salmon grill atau mackerel dan sajikan dengan salad hijau.


Itulah tujuh inspirasi menu diet untuk seminggu yang bisa kamu ikuti. Selama menjalankan diet sehat, pahami bahwa kebutuhan akan serat itu penting banget. Untuk memenuhinya, kamu bisa konsumsi Life Fun Fibrmax yang kaya akan probiotik, serat dengan kinerja 5x lebih baik, dan 100% spirulina alami untuk menjaga kelancaran pencernaan. Produknya sudah tersedia di website Watsons atau aplikasi Watsons ID, lho!

Harga sebelum diskon member Watsons Club.

Klik produk untuk diskon & voucher

Lengkapi dengan ragam suplemen untuk jaga kondisi tubuh tetap prima!

Harga sebelum diskon member Watsons Club.

Klik produk untuk diskon & voucher

Jangan lupa juga untuk daftar jadi member Watsons Club, supaya kamu bisa nikmati diskon ekstra dan beragam keuntungan lainnya 🙂

Previous

4 Cara Mengatasi Jerawat untuk Pengguna Kacamata

Next

7 Persiapan Quality Time Spa di Rumah dengan Keluarga

Related Topics
Share