Dapatkan Aplikasinya
DOWNLOAD SEKARANG
QR Code App Watsons
  • google-play.png
  • app-store.png
Temukan Toko Kami Blog
Layanan Watsons
0
TAS SAYA
Share

Paracetamol memang sering jadi penyelamat dalam situasi kesehatan sehari-hari, kan? Obat ini dikenal dengan keunggulannya yang multifungsi, bisa untuk meredakan demam, mengurangi nyeri ringan hingga sedang, serta mengatasi gejala flu dan pilek. Tapi, sebelum kamu langsung minum obat paracetamol, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan agar penggunaannya efektif dan aman, nih. Yuk, simak detailnya di artikel ini!


Apa Itu Paracetamol?

Paracetamol, dikenal juga sebagai acetaminophen, adalah obat serbaguna yang biasa digunakan untuk meredakan sementara nyeri ringan hingga sedang, seperti sakit kepala, sakit gigi, nyeri otot, dan kram haid. Selain itu, paracetamol juga terbukti efektif dalam menurunkan demam yang menyertai penyakit umum seperti flu atau pilek. Mudah dibeli dan terbukti aman dikonsumsi, paracetamol menjadi salah satu obat yang paling dikenal dan digunakan di seluruh dunia untuk mengatasi gejala-gejala tersebut. 


Khasiat

Paracetamol punya beragam khasiat yang menjadikannya salah satu obat paling sering digunakan. Salah satu manfaat utama paracetamol adalah sebagai analgesik atau penghilang rasa sakit. Obat ini efektif dalam meredakan berbagai jenis nyeri, termasuk sakit kepala, migrain, nyeri punggung, dan artritis. Cara kerjanya adalah dengan menghambat aktivitas zat-zat kimia dalam tubuh yang berperan dalam persepsi rasa sakit.

Selain itu, paracetamol juga punya khasiat sebagai antipiretik. Artinya, obat ini efektif dalam menurunkan suhu tubuh yang tinggi yang terkait dengan demam. Meskipun tidak mengobati penyebab demam itu sendiri, namun ia memberikan bantuan sementara dengan menurunkan titik set suhu tubuh dalam otak. Dengan demikian, paracetamol membantu tubuh untuk mengatasi demam yang biasanya menyertai berbagai penyakit tanpa mengobati penyebabnya.


Efek Samping

Parasetamol biasanya aman dikonsumsi, tapi pemakaian berlebihan bisa menyebabkan efek samping. Contoh, risiko kerusakan hati, terutama pada pengguna yang minum alkohol atau punya masalah hati. Beberapa orang mungkin alergi dengan gejala kulit gatal, bengkak, atau sesak napas. 

Pemakaian berlebihan juga bisa mengiritasi lambung, menyebabkan mual, muntah, atau nyeri perut, lho. Ada pula risiko gangguan darah seperti penurunan platelet atau sel darah putih. Jika ada gejala tak biasa, segera konsultasi medis penting. Pastikan kamu mematuhi dosis dan konsultasikan dokter jika punya kondisi kesehatan yang mendasari atau kekhawatiran lainnya.


Tips Minum Obat Paracetamol

Pastikan kamu baca petunjuk pada kemasan atau anjuran dokter sebelum mengonsumsi obat ini. Jangan melebihi dosis yang direkomendasikan, terutama bagi anak-anak, sehingga menghindari risiko overdosis. Kamu bisa mengonsumsi Parasetamol bersama makanan atau air. Ingat, Parasetamol tidak boleh dicampur dengan alkohol karena bisa menyebabkan kerusakan hati. 

Selain itu, obat ini aman untuk dikonsumsi oleh berbagai golongan usia, termasuk anak-anak, dewasa, ibu hamil, dan lansia, asalkan sesuai dengan dosis yang sesuai untuk setiap kelompok. Jika kamu memiliki kondisi medis atau sedang mengonsumsi obat lain, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau apoteker sebelum mengonsumsi Parasetamol untuk memastikan tidak ada interaksi obat yang berpotensi berbahaya.


Rekomendasi Obat Paracetamol

Berikut beberapa rekomendasi obat Parasetamol yang terbukti ampuh dalam meredakan berbagai jenis nyeri dan demam:

1. Panadol Paracetamol

Panadol Paracetamol dan Panadol Paracetamol Extra biasanya digunakan untuk meredakan berbagai jenis nyeri, seperti sakit kepala, sakit gigi, serta demam. Porudk-produk tersebut bekerja dengan meningkatkan ambang rasa sakit dalam tubuh. Varian Extra mengandung Paracetamol dan Kafein. Berperan sebagai analgetik yang meningkatkan ambang rasa sakit, sementara Kafein menghambat reseptor adenosin untuk mengurangi rasa nyeri. Obat ini efektif untuk meredakan sakit kepala dan sakit gigi.

Harga sebelum diskon. 
Klik produk untuk diskon & voucher
Harga sebelum diskon. 
Klik produk untuk diskon & voucher

2. Paramex SK

Paramex SK adalah kaplet obat yang mengandung formula dengan Kafein sebagai pelengkap. Ini merupakan obat yang efektif untuk meredakan sakit kepala dan sakit gigi. Dosis yang tepat bisa disesuaikan berdasarkan usia.

Harga sebelum diskon. 
Klik produk untuk diskon & voucher

3. Saridon Extra

Saridon Extra dapat digunakan sebagai analgesik dan antipiretik. Kandungannya berfungsi untuk meredakan sakit kepala serta gigi nyeri. Sebagai informasi,  penggunaan obat ini pada penderita yang mengonsumsi alkohol bisa meningkatkan risiko kerusakan fungsi hati.

4. Biogesic Paracetamol

Biogesic Paracetamol mengandung Paracetamol 500 mg. Obat ini efektif meredakan berbagai jenis nyeri seperti sakit kepala, sakit gigi, nyeri otot, dan demam yang menyertai flu atau setelah vaksinasi.

Harga sebelum diskon. 
Klik produk untuk diskon & voucher

Setiap produk obat punya kegunaan dan dosis yang berbeda, jadi pastikan untuk membaca petunjuk pada kemasan atau berkonsultasi dengan dokter atau apoteker sebelum mengonsumsinya. Obat Parasetamol umumnya aman digunakan oleh berbagai kelompok usia, termasuk dewasa dan anak-anak, asalkan dosis yang sesuai diikuti. Yuk, dapatkan di Watsons Indonesia maupun aplikasi Watsons ID (iOS dan Android OS) di smartphone! !

Previous

5 Makanan Bergizi Sumber Kalsium untuk Ibu Hamil

Next

8 Sumber Makanan yang Mengandung Zinc Kadar Tinggi #JumatSehat

Related Topics
Share