Dapatkan Aplikasinya
DOWNLOAD SEKARANG
QR Code App Watsons
  • google-play.png
  • app-store.png
Temukan Toko Kami Blog
Layanan Watsons
0
TAS SAYA
Share

Saat sedang mengunjung beauty store atau online shopping untuk mencari parfum, kemungkinan kamu menemukan banyak jenis fragrance yang beredar di pasaran. Salah satu yang sedang trending belakangan ini adalah extrait de parfum. Sebenarnya, apa yang membedakan jenis parfum ini dari yang lain? Biar kamu tidak penasaran lagi, yuk, kita cari tahu ulasan selengkapnya di bawah ini!


Apakah Itu?

Dalan industri wewangian, extrait de parfum bisa dibilang sebagai parfum dengan tingkatan paling tinggi. Hal ini tidak terlepas dari tingkat konsentrasi minyak wangi atau essential oil yang terkandung di dalamnya, yakni antara 20% hingga 40%. 

Alhasil, parfum jenis ini pun memiliki ketahanan aroma yang paling lama walaupun dengan sedikit pemakaian, bahkan beberapa produk bisa tahan lama hingga seharian. Plus, banyak varian aroma yang cukup unik karena beberapa produk diformulasikan menggunakan bahan-bahan alami yang cenderung langka.

Menariknya lagi, kandungan alkoholnya juga lebih sedikit jika dibandingkan dengan jenis parfum lain. Oleh sebab itu, biasanya jenis wewangian satu ini direkomendasikan bagi para pemilik kulit sensitif karena minim risiko iritasi dan tidak menyebabkan kulit kering.


Bedanya dengan Eau de Parfum

Sulit rasanya untuk tidak membandingkan extrait de parfum dengan eau de parfum mengingat mereka memiliki nama yang mirip. Meski begitu, terdapat perbedaan di antara keduanya apabila dilihat dari segi daya tahan, tingkat konsentrasi dan kompleksitas aroma, kandungan bahan, hingga persentase alkohol.

Tingkat konsentrasi aroma

Kalau di tingkat teratas wewangian ada extrait de parfum, maka satu tingkat di bawahnya adalah eau de parfum. Otomatis, tingkat konsentrasi essential oil-nya pun juga lebih rendah. Umumnya, tingkat konsentrasi essential oil pada eau de parfum adalah sekitar 15% sampai 20%. Persentase ini masih cukup tinggi jika dibandingkan dengan jenis fragrance lain di samping parfum extrait.

Daya tahan

Karena mengandung lebih sedikit konsentrasi essential oil, ketahanan aroma eau de parfum masih berada di bawah parfum extrait. Idealnya, aroma extrait de parfum dapat bertahan sekitar delapan jam hingga seharian penuh, sedangkan kebanyakan eau de parfum memiliki aroma yang tahan selama kurang-lebih 4-5 jam.

Kandungan bahan 

Pada dasarnya, bahan-bahan yang digunakan dalam formulasi parfum extrait juga bisa kamu temukan dalam eau de parfum. Beberapa contohnya seperti vanila, aneka floral, citrus, musk, dan oud. Namun, ada beberapa extrait de parfum yang mengandung bahan-bahan natural langka sehingga formulasinya lebih kompleks. Hal ini juga biasanya berpengaruh terhadap harga produk yang jadi lebih tinggi.

Persentase alkohol

Seperti yang telah disebutkan, mayoritas parfum extrait mengandung kadar alkohol yang rendah, bahkan paling rendah jika dibandingkan dengan jenis fragrance lain, yaitu sekitar 60% sampai 80%. Artinya, eau de parfum memiliki kadar alkohol yang lebih tinggi daripada parfum extrait, yakni bisa mencapai hingga 88%.

Kompleksitas aroma

Dengan perbedaan tingkat konsentrasi essential oil, kandungan bahan, hingga kadar alkohol, parfum extrait dan eau de parfum pun menyimpan kompleksitas aroma yang berbeda pula. Karena konsentrasi minyak wanginya cukup besar, extrait de parfum memiliki intensitas aroma yang cukup kuat hingga aroma tersebut bisa menempel pada orang terdekat kamu. 

Misalnya, kalau kamu memakai parfum jenis ini dan setelah itu memeluk seseorang, aromanya bakal ikut menempel pada orang yang kamu peluk tersebut. Sementara itu, eau de parfum umumnya memiliki aroma yang cenderung warm dan lebih mendalam. Itulah kenapa parfum jenis ini dinilai lebih pas dipakai saat malam hari, musim hujan, atau ketika cuaca dingin.


Rekomendasi Produk Lokal yang Wanginya Enak 

Lantas, di mana kamu bisa mendapatkan produk extrait de parfum? Apakah harus pergi ke luar negeri dulu? Tentu tidak! Kamu bisa mencoba parfum extrait dari brand lokal, Saff & Co., yang menyediakan banyak varian aroma untuk kamu pilih sesuai preferensi. 

Salah satu yang wajib kamu punya adalah Saff & Co. Troupe dengan kandungan floral, fruity, dan musky patchouli. Kombinasi tersebut menghasilkan aroma fresh dengan sedikit hint manis yang elegan.

Harga sebelum diskon member Watsons Club. 
Klik produk untuk diskon & voucher

Tapi kalau kamu lebih menyukai aroma vanila musk, Saff & Co. S.O.T.B merupakan pilihan tepat. Dipadukan dengan notes mandarin dan sweet floral, aroma wanginya bakal mengingatkan kamu dengan musim panas yang fun!

Harga sebelum diskon member Watsons Club. 
Klik produk untuk diskon & voucher

Sekarang kamu sudah tidak lagi bingung, kan? Jenis fragrance satu ini memiliki konsentrasi minyak wangi yang paling besar sehingga aromanya paling tahan lama, bahkan lebih awet daripada eau de parfum. Buat yang penasaran, yuk, langsung beli produknya di store Watsons terdekat, online store Watsons, atau melalui aplikasi Watsons ID (iOS dan Android OS)!

Previous

8 Makanan Mengandung Kolagen untuk Asupan Harianmu

Next

Rekomendasi Produk Skincare yang Aman untuk Lingkungan

Related Topics
Share