Dapatkan Aplikasinya
DOWNLOAD SEKARANG
QR Code App Watsons
  • google-play.png
  • app-store.png
Temukan Toko Kami Blog
Layanan Watsons
0
TAS SAYA
Share

Trend parfum, khususnya Eau de Parfum (EDP), terus berkembang seiring waktu karena dipengaruhi oleh perubahan selera konsumen, inovasi industri, dan tren gaya hidup global. Di Indonesia sendiri, industri parfum tumbuh subur seiring waktu, sehingga aneka brand berlomba menghadirkan inovasi dalam bentuk konsep dan jenis bahan wewangian yang diharapkan bisa menjadi trend, setidaknya sampai di tahun 2023 ini. Lalu bagaimana dengan trend parfum EDP di tahun mendatang? Simak prediksi wangi EDP yang akan menjadi trend 2024 berikut ini, yuk!


Ragam Konsep Eau de Parfum 2024

Melansir dari Statista, pasar wewangian di Indonesia diperkirakan akan tumbuh sebesar 2,65% antara tahun 2023 dan 2028. Kemudian pasar ini diperkirakan akan mencapai 490 juta US Dollar pada tahun 2028. Fantastis, bukan?

Untuk bisa terus menarik minat pencinta parfum dan masyarakat pada umumnya, tentu diperlukan beragam strategi. Salah satunya adalah melalui peluncuran konsep wangi Eau de Parfum yang kekinian. Berikut adalah beberapa di antaranya, sebagaimana dilansir dari Cosmopolitan dan Mintel:

Parfum Berkelanjutan dan Green Fragrances

Pelestarian lingkungan semakin menjadi perhatian utama, dan itu juga tercermin dalam industri parfum. Trend parfum EDP berkelanjutan (sustainable) dan ramah lingkungan akan terus berkembang. Penggunaan bahan-bahan alami, daur ulang kemasan, dan metode produksi yang berkelanjutan akan menjadi fokus utama. Green fragrances yang terinspirasi oleh alam dengan bahan organik dan ekstrak tumbuhan diperkirakan akan jadi lebih populer di tahun 2024.

Personalisasi dan Kustomisasi

Konsep EDP yang dipersonalisasi akan terus berkembang. Teknologi yang semakin canggih dapat memungkinkan kamu untuk membuat parfum sendiri atau mengadaptasi formulasi parfum yang ada sesuai dengan preferensi pribadi. Hal ini menciptakan pengalaman yang unik dan pribadi untuk setiap individu.

Inovasi Digital

Perkembangan teknologi digital dapat memainkan peran penting dalam dunia parfum. Penggunaan teknologi seperti kecerdasan buatan dan augmented reality dapat digunakan untuk memperkaya pengalaman pelanggan. Misalnya, kamu dapat mengikuti kuis secara virtual dan mendapatkan rekomendasi eau de parfum berdasarkan preferensimu melalui aplikasi mobile. Hal ini sejenis dengan fitur seperti Sunscreen Finder di aplikasi Watsons ID dari ranah perawatan kulit, juga fitur Foundation Finder dan ColourMe dari ranah makeup.

Penggabungan Budaya dan Komposisi Bahan Eksotis

Pengaruh budaya dari berbagai belahan dunia akan terus memengaruhi trend parfum. Penggunaan bahan-bahan eksotis dan unik dari berbagai negara dapat menciptakan formulasi yang menarik dan berbeda. Konsep EDP ini mencerminkan globalisasi dan keinginan untuk menggabungkan elemen-elemen budaya dalam pengalaman parfum pribadi. Di pasar dalam negeri pun, kombinasi harmonis antara aroma-aroma khas berbagai daerah Indonesia bisa menjadi konsep yang menjanjikan.

Wewangian Unisex

Trend konsep EDP tanpa batasan gender akan terus berkembang. Semakin banyak merek parfum yang akan merilis koleksi yang dirancang untuk menjadi bersifat unisex, untuk memperluas target pasar mereka dan memberikan kamu lebih banyak pilihan tanpa batasan gender.

Nostalgia dan Retro

Kesenjangan zaman, dengan merujuk pada aroma klasik dan retro, diprediksi akan menjadi salah satu konsep yang populer di tahun 2024. Parfum yang mengingatkan pada aroma zaman dulu dapat menyentuh sisi emosional dan menarik perhatianmu melalui aroma yang akrab dan bernuansa nostalgia.

Kesehatan dan Aromaterapi

Perhatian terhadap kesehatan dan kesejahteraan terus meningkat, dan ini tercermin dalam trend konsep parfum. EDP dengan komponen aromaterapi atau bahan yang dikaitkan dengan kesehatan dan relaksasi diperkirakan akan menjadi favorit masyarakat di tahun 2024.


Jenis Bahan Wewangian EDP 2024

Setelah mengetahui konsep-konsep parfum yang diperkirakan akan menjadi trend 2024, tentu kita jadi bertanya-tanya, seperti apa tepatnya jenis wewangian tersebut berdasarkan bahan yang digunakan? Karena itu, mari kenali apa saja EDP yang diprediksi akan meroket popularitasnya di tahun mendatang, berdasarkan pengelompokan jenis bahan yang digunakan!

Wangi Botani

Lavender, eucalyptus, dan chamomile yang sering kita temukan pada aromaterapi, diperkirakan akan menjadi wewangian niche di tahun 2024. Kelompok wewangian ini selaras dengan konsep kesehatan dan juga green fragrances.

Berikut ini parfum dengan harum sejenis:

Harga sebelum diskon. 
Klik produk untuk diskon & voucher

Buah Segar

Wangi buah-buahan ranum nan juicy seperti cherry, persik, dan aprikot dipercaya melambangkan jiwa yang bebas dan semangat kebahagiaan di tahun mendatang. Tidak menutup kemungkinan bahwa campuran aroma buah-buahan asli Indonesia juga bisa menjadi trend.

Berikut ini parfum dengan harum sejenis:

Harga sebelum diskon. 
Klik produk untuk diskon & voucher

Di Luar Nalar

Mohon maaf untuk EDP mawar dan lily di sekitar, karena wewangian di luar nalar yang anehnya bisa kamu nikmati mungkin akan menjadi gebrakan trend, yang menggeser wewangian konvensional! Parfum dengan unsur wewangian buttery croissants sampai aroma lipstik jadul yang khas bisa jadi akan menguasai pasar dalam waktu dekat. Menarik, bukan?

Berikut ini parfum dengan harum sejenis:

Kesegaran Mineral Laut

EDP yang menghadirkan nuansa akuatik dengan paduan aroma citrus, floral, musk, dan marine notes menawarkan kesegaran baru untuk tahun 2024. Variasi bahan yang bisa dipilih: bergamot, lemon, jeruk nipis, jeruk mandarin, freesia, mawar, melati, cedar, patchouli, dan moss.

Berikut ini parfum dengan harum sejenis:

Harga sebelum diskon. 
Klik produk untuk diskon & voucher

Kosmik yang Unik

Trend yang satu ini bisa membuat orang di sekitar bertanya-tanya, apakah sensasi ini disebabkan oleh bulan purnama, ataukah karena parfum yang kamu pakai. EDP jenis ini menggambarkan getaran dunia lain, dengan aroma yang segar dan bersih bagaikan udara saat purnama, tetapi juga sedikit misterius berkat aroma kayu smoky dan kayu cendana. Sedikit unsur vanilla dan rempah bisa menambah variasi. Jika dilengkapi dengan kemasan yang aesthetic, tentu keunikan parfum bernuansa kosmik ini akan makin meningkat!

Berikut ini parfum dengan harum sejenis:

Harga sebelum diskon. 
Klik produk untuk diskon & voucher

Tumbuhan Hijau dan Kayu Aromatik

Satu lagi jenis wewangian yang berkaitan dengan konsep green fragrances, yaitu kelompok tumbuhan hijau dan kayu aromatik. Jenis ini cocok untuk kamu yang mencari koneksi dengan alam dan juga mencari nuansa ketenangan. Aroma rumput, daun, moss, basil, dan kayu hutan seperti vetiver dan cedar adalah komponen utamanya. Dengan keanekaragaman hayati yang dimiliki Indonesia, ini adalah lahan eksplorasi yang menarik untuk produk-produk EDP lokal!

Berikut ini parfum dengan harum sejenis:

Harga sebelum diskon. 
Klik produk untuk diskon & voucher

Tentu saja, seluruh prediksi trend di atas bersifat spekulatif dan dapat berubah seiring waktu. Industri parfum terus berevolusi, dan inovasi baru dapat memengaruhi bagaimana konsumen berinteraksi dengan parfum serta menilai parfum. Seiring dengan itu, perusahaan parfum akan terus mencari cara untuk berinovasi dan memenuhi tuntutan pasar yang terus berubah.

Bagi kamu sendiri, manakah di antara prediksi trend EDP 2024 yang dirasa paling menarik? Apapun favoritmu, kamu bisa belanja aneka jenis wewangian seperti EDP, EDT, cologne, dan body mist dengan mudah di Watsons Indonesia dan juga aplikasi Watsons ID (iOS dan Android OS), lho!

Previous

Tips Makeup Natural untuk Tampil Awet Muda

Next

Flashback 3 Gaya Makeup Viral 2023

Related Topics
Share