Dapatkan Aplikasinya
DOWNLOAD SEKARANG
QR Code App Watsons
  • google-play.png
  • app-store.png
Temukan Toko Kami Blog
Layanan Watsons
0
TAS SAYA
Share

Uban merupakan tanda-tanda penuaan dini yang normalnya akan muncul ketika seseorang berusia 30 sampai 40 tahun. Hal ini disebabkan oleh produksi melanin yang berfungsi untuk menjaga pigmen rambut semakin berkurang. Meski begitu, ada juga, lho, anak muda umur 20-an yang sudah mulai tumbuh ubannya. Lalu, kalau begini, apa yang menyebabkan pertumbuhan uban di usia muda? Kita bahas bersama-sama termasuk cara pencegahannya lewat artikel berikut, yuk!


5 Penyebab Uban di Usia Muda

Tumbuhnya uban di usia muda sebenarnya bisa terjadi pada usia yang berbeda-beda, misalnya orang Asia biasanya akan mengalaminya sebelum 25 tahun plus dipicu oleh penyebab berikut.

1. Faktor keturunan

Kalau ubanmu sudah mulai tampak di usia 20-an, kemungkinan besar orang tua atau kakek nenekmu juga

Faktor keturunan atau genetik memang mempunyai peran besar dalam pertumbuhan uban di usia muda. Kalau ubanmu sudah mulai tampak di usia 20-an, kemungkinan besar orang tua atau kakek nenekmu juga mengalami hal serupa ketika muda.

2. Tingkat stres berlebih

uban: kemungkinan penyebab berikutnya adalah tingkat stres yang berlebih

Kalau kamu tidak melihat adanya genetik beruban di usia muda, kemungkinan penyebab berikutnya adalah tingkat stres yang berlebih. Saat seseorang punya stres berlebih, hal ini akan memicu penipisan sel folikel pada kulit kepala yang berfungsi untuk memproduksi melanin sebagai pengendali pigmen rambut manusia.

3. Kurangnya asupan vitamin

Kekurangan asupan vitamin B12 juga bisa menjadi faktor penyebab munculnya uban di usia muda. Sebab, vitamin B12 ini sangat erat kaitannya dengan produksi pigmen sebagai pemberi warna rambut. Asupan vitamin yang jauh dari batas normal juga dapat menyebabkan penyakit anemia pernisiosa yang kemudian membuat tubuh tidak bisa menyerap vitamin B12 secara optimal.

4. Produk perawatan rambut yang keras

Styling rambut yang berlebihan memang bisa merusak akar hingga batang rambut seseorang. Bahkan, perawatan rambut dengan bahan kimia yang keras juga berisiko membuat uban lebih cepat muncul daripada kebanyakan orang lainnya. Makanya, cobalah memilih produk yang kandungannya cenderung terdiri dari bahan-bahan alami dan kurangi frekuensi styling rambut.

5. Kondisi kesehatan tertentu

Bukan hanya dipicu oleh faktor genetik, uban yang muncul di usia muda juga bisa disebabkan oleh kondisi kesehatan tertentu. Beberapa orang yang menderita kanker, gangguan tiroid, autoimun, dan menggunakan obat-obatan untuk malaria juga berisiko memiliki uban di usia muda.


Cara Pencegahan

Setelah mengetahui penyebab munculnya uban di usia muda, sekarang saatnya tahu beberapa cara untuk mencegah munculnya rambut putih yang lebih cepat dari kebanyakan orang.

1. Perbanyak konsumsi vitamin B12

Seperti yang disebutkan sebelumnya, vitamin B12 memang berpengaruh terhadap sel induk folikel yang berhubungan dengan pemberi warna rambut. Makanya, cobalah untuk mencukupi kebutuhan vitamin ini dengan mengonsumsi telur, kerang, jeroan ayam dan sapi yang mengandung vitamin B12 alami.

Kalau kamu tidak sempat mengonsumsi beberapa makanan tersebut, tenang saja. Sekarang sudah ada Neurobion Forte yang lengkap dengan kandungan vitamin B1, B6, dan B12. Dengan begitu, kadar sel darah merahmu bisa terpenuhi dan kamu pun terhindar dari kemungkinan tumbuh uban di usia muda.

Harga sebelum diskon. 
Klik produk untuk diskon & voucher

2. Kendalikan stres

Karena stres juga memicu pertumbuhan uban yang lebih dini, kamu harus mengendalikan stres sebisa mungkin supaya ini tidak membuat sel induk pada folikel rambut memproduksi sedikit melanin. Cara mengendalikan stres yang paling umum kita jumpai adalah dengan membuat skala prioritas sehingga tugas-tugas yang penting bisa diselesaikan lebih dulu dan cepat. Dengan begitu, kamu bisa fokus pada tugas berikutnya yang kurang penting.

Alternatifnya, kamu bisa coba minyak aromaterapi untuk mengurangi kadar stres di keseharian.

Harga sebelum diskon. 
Klik produk untuk diskon & voucher

3. Gunakan produk perawatan rambut yang aman

Styling rambut mungkin tidak bisa dihindari oleh beberapa orang. Kalau begitu, penting untuk memilih produk perawatan rambut yang aman seperti Lavojoy Hold Me Tight Shampoo Lazy Sunday. Produk sampo ini tidak hanya berfungsi untuk membersihkan kulit kepala dan helai rambutmu, tapi juga memberikan perawatan penuh pada rambut sehingga bisa tampak lebih berkilau dan mengurangi kerontokan. Kemudian, lengkapi perawatan rambut dengan Naturals by Watsons Coffe Hair & Scalp Tonic untuk menjaga keremajaan rambut.

Harga sebelum diskon. 
Klik produk untuk diskon & voucher
Harga sebelum diskon. 
Klik produk untuk diskon & voucher

Tumbuhnya uban meski usia belum tua bisa diidentifikasi ketika kamu sudah mulai berumur 25 tahun. Kalau di usia tersebut sudah mulai tumbuh uban, kemungkinan kamu punya faktor keturunan, stres berlebihan, kurang vitamin B12, salah memilih produk perawatan rambut, atau memiliki kondisi kesehatan tertentu. Supaya kamu sentiasa membeli produk perawatan rambut yang aman, cobalah mengunjungi website Watsons atau dengan mengunduh aplikasi Watsons ID (iOS dan Android OS).

Previous

Cara Pilih Makeup Remover dan Rekomendasi Produknya

Next

Suplemen Tinggi Serat Bantu Kontrol Berat Badan

Related Topics
Share